5 Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

  • Whatsapp

Pernahkah Anda mendengar istilah interpersonal skill? Sebelum mengenal lebih dalam tentang interpersonal skill, mari kenali dulu definisi dari interpersonal skill. Jadi, interpersonal skill adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja. Contohnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas, dan mampu bekerja sama dalam satu tim.

Skill atau kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Setiap orang memiliki skill yang berbeda-beda, dan tentu saja skill tidak hadir begitu saja, namun diperlukan waktu dan latihan untuk memunculkannya. 

Sama halnya dengan skill lainnya, interpersonal skill juga tidak bisa muncul begitu saja. Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, kemampuan interpersonal harus banyak diasah karena akan berpengaruh pada kesuksesan individu dan bisnis Anda. 

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian interpersonal skill dan kaitannya dalam aspek kehidupan sehari-hari dari pengetahuan.

Pengertian Interpersonal Skill

Dikutip dari Indeed, interpersonal skill adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. 

Pakar lain mengatakan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan atau keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. Kemampuan atau keterampilan tersebut berupa berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa pengertian interpersonal skill adalah keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak, perasaan, sikap, motivasi, serta keinginan orang lain. Di dalamnya terdapat seni bagaimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon orang lain. 

Interpersonal skill mencakup teori-teori yang berhubungan dengan teori hubungan biologis. Apa yang dimaksud dengan teori hubungan biologis? Yaitu teori yang membahas tentang hubungan dan interaksi antar manusia menggunakan anggota badan.

Peran Interpersonal Skill bagi Kesuksesan Pengusaha

Dalam berhubungan sosial dengan orang lain, baik sebagai teman kerja, klien, maupun atasan kepada bawahan, peran interpersonal skill sangatlah penting. Salah satunya adalah menjaga keharmonisan hubungan sosial dalam pergaulan. 

Kemampuan interpersonal yang tinggi memungkinkan individu untuk menangani dan memecahkan permasalahan dalam organisasi tanpa harus panik dan bertanggung jawab atas kesalahannya. Selain untuk kegiatan berorganisasi, kemampuan interpersonal yang tinggi cenderung membuat orang tersebut menjadi individu yang dapat diandalkan dan dipercaya.

Individu yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik mampu memberi dan menerima feedback yang konstruktif tanpa merasa tersinggung. Tidak hanya itu, orang yang memiliki skill interpersonal yang baik mampu mempersuasi orang lain dalam mengikuti suatu kegiatan atau membeli suatu produk. Kualitas ini tentulah sangat penting di dalam dunia karir dan kehidupan berorganisasi.

Contoh Interpersonal Skill yang Wajib Dimiliki oleh Pengusaha

Bagaimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain? 

Berikut ini adalah berbagai jenis kemampuan interpersonal yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari:

Kemampuan Mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu bagian dari proses komunikasi. Pengertiannya tidak hanya sekedar mendengarkan percakapan melalui telinga. Lebih dari itu, mendengarkan adalah penerimaan pesan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan harapan. 

Jika seseorang tidak memiliki kemampuan mendengarkan maka akan sulit untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang diperoleh. 

Tentu saja perkara tak mau mendengarkan terjadi dalam macam-macam konteks lainnya. Dalam rapat kerja, relasi orangtua-anak, hubungan romantis, atau ranah pergaulan, ketiadaan niat untuk mendengarkan bisa jadi pemicu konflik besar di kemudian hari.

Memahami Informasi

Percaya atau tidak bahwa orang yang menguasai informasi ternyata memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses? Baik secara personal maupun profesional, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya. 

Kemampuan untuk memahami pesan, memahami perintah, dan memahami kebutuhan orang lain akan adalah bekal untuk berkomunikasi. Anda akan tertarik untuk menggali lebih banyak informasi sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik. 

Kemampuan seseorang untuk menganalisis informasi dibutuhkan agar bisa bertindak dengan tepat. Mendengarkan dan memahami informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yang diterima. Kelengkapan data dan kemampuan mengolah informasi, akan membentuk simpulan atau analisis terhadap suatu kondisi atau keadaan. 

Pengaruhnya kepada bisnis Anda tentu banyak sekali. Anda menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang sedang dibutuhkan pasar dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan klien.

Memelihara Hubungan dengan Orang Lain

Alasan untuk mendengarkan dan memahami pesan/informasi adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal.

Banyak survei membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengar dengan efektif memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya. Sebaliknya, mereka yang kurang mampu untuk mendengarkan justru akan memperburuk hubungan.

Hubungan baik dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Salah satu manfaatnya adalah memiliki jaringan pertemanan yang luas. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memasarkan produk atau jasa yang dijual. 

Memberikan Feedback

Feedback atau umpan balik adalah komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut tahu dampak perilakunya terhadap orang lain. Memberikan feedback bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. 

Sering dijumpai dalam beberapa rapat, ketika audience dimintai feedback justru lebih banyak yang diam. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal ini terjadi. Ada yang mungkin takut mengemukakan pendapatnya. Ada juga yang tidak bisa memberikan feedback karena tidak menyimak presentasi atau permasalahan yang dibahas. 

Memberikan feedback artinya Anda memahami apa yang disampaikan orang lain dan berusaha untuk peduli terhadap informasi yang disampaikan. Feedback sekecil apapun akan sangat berguna bagi lawan bicara Anda karena artinya Anda menguasai informasi dan berupaya menjaga hubungan komunikasi yang baik.

Keterampilan Membujuk

Persuading atau membujuk adalah komunikasi yang dilakukan seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang. 

Setiap orang dibekali kemampuan untuk dapat membujuk orang lain. Baik membujuk untuk hal-hal positif, maupun perihal negatif. Hanya saja kemampuan masing-masing individu tentunya berbeda-beda. 

Pemimpin yang baik tahu bahwa memperhatikan kebutuhan dan emosi orang lain adalah langkah pertama untuk mempengaruhi orang lain yaitu dengan cara mendengarkan. Saat seseorang didengarkan ia akan merasa dihargai.

Komunikasi dapat menjadi persuasif dan mempengaruhi jika pemimpin menggunakan cara dan sikap yang tepat. Komunikasi persuasif akan berhasil jika pemimpin mengkomunikasikannya dengan cara mudah dan sesuai dengan karakter pengikutnya.

Untuk memaksimalkan hubungan baik dengan orang lain, dibutuhkan juga skill dalam memahami teknologi pendukung usaha. Salah satunya adalah teknologi pengelolaan keuangan bisnis menggunakan software atau perangkat lunak. Pengelolaan keuangan perusahaan juga membutuhkan koordinasi antara semua divisi. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *