6 Jenis Usaha Laundry Paling Diminati

  • Whatsapp

1. Laundry kiloan

Sesuai namanya, jenis laundry ini menitikberatkan pada berat pakaian yang dicuci oleh konsumen sehingga umumnya pakaian yang dicucikan bercampur menjadi satu.

Biasanya, konsumen memilih jenis laundry ini karena baju-baju yang dicuci tidak memerlukan perhatian khusus, contohnya seperti pakaian yang digunakan sehari-hari.

Selain itu, konsumen yang memilih jenis laundry ini juga biasanya mereka yang mencari opsi lebih murah. Maka dari itu, jenis laundry kiloan ini lebih cocok berada di kawasan kost atau kontrakan mahasiswa dan karyawan.

2. Laundry konvensional

Jenis laundry ini menyediakan layanan cuci yang lebih spesifik, dengan perlakuan yang berbeda untuk setiap pakaian yang dicucikan oleh pelanggan.

Mengingat cara penanganan yang lebih detail, tak heran jika jenis laundry ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada laundry kiloan. Selain itu, jenis laundry ini juga melayani dry clean. Jadi, modal yang diperlukan untuk membuat laundry ini sedikit lebih besar.

3. Laundry sepatu

Ini adalah tren baru yang berkembang seiring daya beli masyarakat yang lebih baik. Alasan lahirnya laundry sepatu tidak lain karena para pemilik sepatu premium membutuhkan layanan cuci yang terpercaya.

Kini, jenis usaha laundry sepatu bukan hanya menerima cuci saja, tetapi juga repaint sepatu. Layanan ini dapat membantu para pelanggan yang ingin sepatu kesayangannya tampak seperti baru lagi. 

4. Laundry bisnis

Jenis laundry ini tidak menyasar konsumen biasa, melainkan konsumen dari badan usaha. Biasanya, yang menjadi klien laundry ini adalah perusahaan yang mencucikan seragam karyawannya.

Untuk membuka jenis laundry ini tentu saja butuh modal yang lebih besar karena jumlah pakaian yang dicuci akan sangat banyak. Setiap perusahaan pun memiliki kebutuhannya masing-masing, sehingga Anda harus menyediakan beragam perlengkapan laundry tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

5. Laundry hotel

Laundry ini bekerja sama dengan pihak hotel untuk mencucikan seluruh perlengkapan kamar dan juga pakaian tamu. Jenis landry ini membutuhkan perhatian ekstra karena sensitivitas dari klien. Mengingat semua hotel berusaha memberikan pelayanan terbaik, maka Anda pun juga akan dituntut untuk memberikan layanan yang sama.

6. Laundry express

Jenis laundry satu ini memiliki flow kerja yang sedikit berbeda dengan laundry pada umumnya karena mengedepankan aspek kecepatan. Artinya, laundry express membutuhkan perlengkapan cuci yang lebih banyak daripada laundry konvensional. Jumlah pegawai yang ada pun harus lebih banyak untuk memastikan proses operasional berjalan harmonis tanpa kendala. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *