Apa Itu Bisnis Properti dan Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti

  • Whatsapp
Apa Itu Bisnis Properti dan Bagaimana Cara Memulai Bisni Properti

Bisnis properti adalah semua bisnis yang terkait dengan kegiatan jual beli tanah dan sebagainya, maka termasuk dalam aspek bisnis properti. Adapun aspek-aspek lain yang berkaitan dengan peluang usaha ini adalah jual beli bangunan, sewa properti hingga sewa sarana-prasarana di pasaran.

Anda bisa menjumpai banyak produk properti yang dijual. Adapun jenis properti paling populer adalah tempat tinggal seperti perumahan, rumah susun, hingga apartemen. Ada beberapa istilah penting yang harus diketahui dalam bisnis properti. Mulai dari agen properti atau broker, capital gain, break even point, booking fee, developer dan lainnya.

Manfaat Menjalankan Bisnis Properti

1. Harga Properti Terus Meningkat

Setelah tahu apa itu bisnis properti, Anda juga perlu mengetahui tentang manfaat yang didapatkan ketika menjalankan bisnis properti dengan tekun. Dari riset yang dilakukan terhadap pelaku bisnis ini, maka didapat beberapa manfaat dari segi harga jualnya.

Setiap tahunnya di Indonesia harga jual properti terus meningkat tajam. Hal inilah yang menjadi manfaat atau keuntungan pertama bagi yang menjalankannya. Para pelaku bisnis properti dibuat ketagihan dan keuntungan ini jugalah yang melatarbelakangi banyaknya agen properti di Indonesia.

2. Tidak Terkena Efek Inflasi

Selain harganya yang semakin meningkat setiap tahun, ada manfaat lain yang bisa didapat para pelaku usaha ini. Apabila pada suatu negara terjadi inflasi, maka efek tersebut tidak dapat menggerus bisnis properti. Kita tahu bahwa nilai mata uang suatu negara bisa dipengaruhi oleh inflasi.

Untungnya, bisnis yang Anda jalankan tidak akan dipengaruhi oleh peristiwa tersebut. Namun, sebelum menjalankan usaha ini, Anda perlu belajar kiat atau ilmu sukses jadi pengusaha properti. Setelah sukses membangun bisnis ini, bukan hanya saingan yang bisa diatasi, tetapi inflasi saja tidak bisa menggerus usaha Anda.

3. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang itulah yang dikatakan para pelaku bisnis properti. Dalam waktu 3-5 tahun atau lebih baru hasil dari yang ditanam pada usaha ini bisa dinikmati. Jadi, bukan saat itu juga Anda mendapatkan keuntungan dari modal yang telah dikeluarkan.

Meski waktu menikmatinya terasa panjang, namun bisnis ini dianggap paling menguntungkan. Bagaimana tidak, bertambahnya nilai properti pada tahun-tahun mendatang akan sebanding dengan modal yang dulu dikeluarkan. Jadi kesimpulannya, Anda wajib tahu apa itu bisnis properti dan belajar menjalaninya mulai dari sekarang!

Jenis Bisnis Properti Berdasarkan Produknya

1. Residential Real Estate

Apa saja bisnis properti yang bisa dijalani pemula? Pertanyaan tersebut adalah yang paling sering ditanyakan dalam dunia bisnis ini. Residential Real Estate merupakan produk properti pertama dari macam-macam bisnis properti. Bisnis jenis ini lebih dikhususkan kepada memenuhi kebutuhan semua orang akan tempat tinggal.

Bisnis properti ini berusaha melengkapi kebutuhan papan berupa rumah. Jadi, penekanan bisnis ini menargetkan masyarakat yang butuh akan hunian. Dengan demikian kebutuhan akan tempat tinggal bagi masyarakat bisa terpenuhi.

2. Industrial Property

Apa itu bisnis properti jenis industrial Property? Kalangan perindustrian atau perusahaan merupakan sasaran utama dari jenis usaha ini. Adapun properti yang disewakan meliputi manufaktur ringan dan berat seperti gudang pendistribusian dan penyimpanan hasil produksi.

Jadi Industrial Property membutuhkan pihak lain untuk bekerja sama karena terkait dengan perusahaan penyewa yang menjalankan proses produksi. Antara penyewa dan pemilik ada tanggung jawab terhadap properti yang dikelola.

3. Commercial Real Estate

Properti ritel dan dunia perkantoran merupakan sasaran dari usaha jenis ini. Menyewakan ruangan atau tempat kepada perusahaan maupun perorangan termasuk dalam usaha Commercial Real Estate.

Adapun ruang atau tempat yang biasa disewakan mulai dari restoran, toko, dan pusat perbelanjaan atau mall. Penyewa yang dibidik dari usaha ini adalah konsumen tunggal atau lebih kepada orang yang menggunakan properti sendiri.

4. Special Purpose Property

Konsumen Special Purpose Property lebih tertarget. Sarana dan prasarana kepentingan umum merupakan kebutuhan yang disediakan jenis usaha ini. Misalnya, motel, teater, hotel, resort, rumah sakit, tempat ibadah dan sekolah.

Agar bisnis properti tidak berhenti di tengah jalan, pelaku bisnis memang perlu kemampuan khusus untuk mengembangkan bisnisnya. Anda bisa menjalankan bisnis jenis ini dengan baik karena prospek masa depannya sangat bagus. Inilah pentingnya mengenal apa itu bisnis investasi properti bersama dengan macam-macam produknya.

Cara Memulai Bisnis Properti

Mungkin Anda tidak yakin harus mulai dari mana ketika harus menjalankan bisnis ini. Berikut beberapa saran cara memulai bisnis properti Anda.

1) Pastikan anda memahami pasar.

Cara memulai bisnis properti yang pertama yaitu memulai dengan melakukan riset pasar. Riset pasar sangat penting untuk memastikan bahwa Anda membeli aset dengan harga yang wajar. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil sebuah properti untuk dijual kembali, lakukan perbandingan harga terlebih dahulu.

Selain itu, hindari melakukan pembelian properti yang terburu-buru sebelum mempelajari semua informasi, seperti harga, lokasi, fasilitas, infrastruktur, kebutuhan bisnis, dan faktor eksternal. Iklim, daerah rawan banjir, lokasi dekat jalan raya, dan lain-lain adalah beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi nilai properti.

2) Buat jaringan hubungan seluas mungkin

Nama Anda akan menjadi lebih terkenal sebagai hasil dari jaringan koneksi yang besar dan beragam. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan detail properti dan lebih banyak kesempatan untuk berkolaborasi.

3) Raih Kesempatan Emas

Anda harus sangat berhati-hati dan tidak terburu-buru membeli properti untuk dijual kembali. Namun, Anda dapat bertindak cepat jika menemukan properti yang sesuai di tempat yang tepat. Semakin cepat Anda mengambil risiko, semakin dekat Anda untuk mendapatkan keuntungan.

4) Jujur

Kejujuran adalah landasan setiap bisnis karena kejujuranlah yang menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Ketika pelanggan mempercayai Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan hati mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli properti Anda. Lebih jauh lagi, bersikap jujur akan meningkatkan kredibilitas Anda dengan pelanggan, memungkinkan bisnis Anda berjalan lancar di masa depan.

Tentu setiap bisnis memiliki keunggulan dan resiko masing-masing termasuk dalam dunia bisnis properti, Namun bisnis properti adalah bisnis yang memiliki prospek sangat menjanjikan.

 

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments