Berikut Cara Mengurus Izin Usaha Untuk Cafe Dan Restoran

  • Whatsapp
Berikut Cara Mengurus Izin Usaha Untuk Cafe Dan Restoran

Usaha cafe dan restaurant sekarang makin tumbuh subur karena jadi keperluan anak muda saat ini. Sebagai tempat mencicip kudapan, tempat berjumpa dan berkreatifitas.

Untuk mencoba usaha cafe, yang perlu Anda persiapkan dari sejak awalnya ialah permasalahan perizinannya.

Merilis dari indonesia.go.id, untuk tipe usaha cafe dan restaurant, ijin usaha dari pemerintahan berbentuk Pertanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang ditata dalam Permenpar Nomor 10 Tahun 2018.

Document yang perlu dipersiapkan

Untuk mengurusi TDUP, Anda harus mempersiapkan document berikut:

1. Akte pendirian dan SK Menteri

Akte pendirian dapat dibikin dengan kontribusi notaris. Dan pendirian tubuh hukum perusahaan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM. Tetapi akte ini cuman ditujukan untuk tubuh usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT), CV dan Firma.

Bila Anda buka usaha perorangan, karena itu document ini tidak dibutuhkan.

2. Kartu identitas pemilik usaha

Kartu identitas dapat berbentuk KTP dan bukti ketaatan pajak dan foto copy NPWP. Semua document dipotretkopi beberapa lembar karena akan diperlukan untuk lengkapi tambahan di beberapa arsip.

3. Surat ijin masalah

Surat Hinder Ordonnantie (HO) ialah surat agunan jika usaha yang disodorkan telah memperoleh kesepakatan masalah dari tetangga, warga, atau tempat permukiman disekitaran ruang usaha. Bila luas lokasi kurang dari atau sama dengan 100 mtr. persegi, karena itu pengurusan surat HO cukup dilaksanakan di kantor kelurahan.

Tetapi, bila luas tempat usaha lebih dari itu, karena itu pengurusan surat dilaksanakan di kantor kecamatan atau walikota.

4. Surat Info Domisili (SKD)

SKD didapat dari kelurahan atau kecamatan dan mengatakan jika lokasi usaha ialah betul dipunyai oleh orang yang ajukan. Dan mengatakan jika lokasi usaha tidak dalam perselisihan atau permasalahan.

5. Surat pengakuan

Surat pengakuan ini variasi bergantung keperluan dari kabupaten atau kota di mana lokasi usaha dibangun.

Pokoknya, surat ini berisikan pengakuan bermeterai yang mengatakan jika aktor usaha siap ikuti ketentuan dan etika yang berjalan, mematuhi undang-undang dan hukum, mengatakan semua document ialah asli, siap bayar pajak dan retribusi wilayah, dan jamin ketenteraman.

Proses yang perlu dituruti

Pada 2018 pemerintahan mengaplikasikan mekanisme Online Singgel Submission (OSS) untuk perusahaan atau perseorangan yang ingin mengurusi ijin usaha.

Untuk mengurusi ijin usaha, pemerintahan telah mempersiapkan akses di oss.go.id.

Simak juga: Langkah Menyembuhkan dan Menurunkan Demam dengan Air Kelapa, Baca Panduan Meraciknya

Simak juga: Usai 31 Maret 2022, Ini Langkah Melapor SPT Tahunan Online supaya Tidak Terkena Denda Rp100 Ribu

Dalam portal itu telah diperlengkapi dengan tutorial langkah isi permintaan pembikinan ijin usaha, lewat mekanisme yang telah terpadu dengan semua jaringan di Indonesia.

Sesudah memperoleh TDUP, Anda harus juga mengurusi Sertifikat Laik Sehat atau SLS. TDUP dan SLS ialah persyaratan untuk memperoleh Nomor Ijin Usaha (NIB).

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments