Berikut Pengertian Modal Ventura Serta Cara Mendapatkan Suntikan Modal Usaha

  • Whatsapp
Berikut Pengertian Modal Ventura Serta Cara Mendapatkan Suntikan Modal Usaha

Modal bukan permasalahan khusus dalam mengawali dan membangun usaha. Asal usaha itu dipandang mempunyai kesempatan tumbuh besar di periode kedepan, pasti banyak investor yang tertarik menanam modalnya, satu salah satunya lewat modal ventura.

Di zaman digital sekarang ini, investasi modal ventura atau venture capital benar-benar diperlukan perusahaan startup berbasiskan tehnologi. Lantas, apa pemahaman modal ventura? Apa tipe dan contoh modal ventura? Apa faedah dan bagaimanakah cara menggandeng modal ventura?

Pengertian Modal Ventura

Modal ventura ialah permodalan yang berwujud pemberian kontribusi modal dalam rencana investasi ke perusahaan swasta. Arah modal ventura ialah menolong sebuah usaha berkembang di mana saat perusahaan itu raih keberhasilan, faksi investor akan mendapatkan keuntungan.

Secara umum, modal ventura ialah tipe permodalan yang kerap diberi untuk perusahaan rintisan (startup) di Indonesia. Banyak startup yang sukses tidak terlepas dari sumber dana modal ventura. Investasi yang diberi oleh pemberi modal berbentuk uang kontan, di mana faksi perusahaan akan memberi beberapa sisi saham ke mereka yang memberi permodalan.

Menurut Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 mengenai Instansi Pendanaan, perusahaan modal ventura ialah tubuh usaha yang lakukan aktivitas pendanaan berbentuk pelibatan modal ke satu perusahaan pasangan usaha (investee company) untuk periode waktu tertentu.

– Modal Ventura BUMN Terus-menerus Bidik Financial technology sampai Startup Game [/H3]

Diambil dari situs Kewenangan Jasa Keuangan, modal ventura ialah pelibatan modal ke satu perusahaan pasangan usaha. Pelibatan modal itu mempunyai tujuan untuk:

– Meningkatkan penemuan baru.
– Meningkatkan perusahaan yang pada tahapan awalnya usaha alami kesusahan dana.
– Menolong perusahaan yang ada pada tahapan peningkatan.
– Menolong perusahaan yang ada pada tahapan kemerosotan usaha.
– Meningkatkan project riset dan eksperimen.
– Meningkatkan beragam pemakaian tehnologi baru dan pindah tehnologi baik dari luar atau dalam negeri.
– Menolong peralihan kepemilikan perusahaan pelibatan modal dalam tiap perusahaan pasangan usaha memiliki sifat sementara dan jangan melewati periode waktu 10 tahun penarikan kembali pelibatan modal (divestasi) oleh perusahaan modal ventura dalam semua memiliki bentuk disampaikan ke Menteri Keuangan selambatnya 3 bulan sesudah dikerjakan (venture capital).

Pengertian Modal Ventura Menurut Pakar

Tony Lorenz. Pengertian modal ventura ialah investasi periode panjang berbentuk pemberian modal yang memiliki kandungan risiko di mana penyuplai dana (venture capitalis) khususnya menginginkan capital gain bukan penghasilan bunga atau deviden.

Clinton Ricardson. Pemahaman modal ventura ialah dana yang diinvestasikan pada perusahaan atau pribadi yang mempunyai resiko tinggi.

Robert White. Makna modal ventura ialah usaha pendanaan untuk memungkinkannya pembangunan dan peningkatan beberapa usaha baru di bagian tehnologi dan/atau nonteknologi.

Handowo Dipo. Modal ventura bisa disimpulkan dana usaha berbentuk saham atau utang yang bisa diarahkan jadi saham.

Irsyadi Zain dan Karunia Besar. Modal ventura ialah pendanaan lewat pelibatan modal atau pendanaan untuk periode waktu tertentu dalam rencana pembangunan usaha pasangan usaha.

– BNI Dirikan BNI Modal Ventura, Modal Awalannya Rp 500 Miliar [/H3]

Tipe Pendanaan Modal Ventura

Tipe pendanaan modal ventura terdiri ke tiga kelompok berdasar langkah dana diberi, pemilikan, dan langkah dana digabungkan.

Berdasar Langkah Dana Diberi

Tipe pendanaan modal ventura berdasar pemberian dana ialah bagaimana sumber dana modal ventura diberi oleh investor. Kelompok ini terdiri jadi dua tipe kontribusi.

Singgel tier approach

Singgel tier approach ke arah pada perusahaan sebagai faksi yang mengumpulkan dana. Pengendalian dana itu selanjutnya diinvestasikan berbentuk modal pada sebuah perusahaan.

Two tier approach

Tipe pendanaan ini ialah permodalan yang diatur oleh dua tubuh usaha. Satu perusahaan berperanan sebagai penghimpun dana (fund company) dan satu yang lain berperan untuk mengurus dana yang digabungkan (manajemen company).

Berdasar Pemilikan

Tipe pemilikan akan memberi dampak yang cukup berarti pada modal yang diberi. Berikut tipe pendanaan modal ventura berdasar pemilikan:

Privat Venture Capital Company

Privat ke arah beberapa perusahaan tertutup yang maknanya perusahaan ini tidak buka pemasaran sahamnya di pasar modal Indonesia.

Public Venture Capital Company

Kebalikannya, public venture capital company ialah perusahaan modal ventura yang menjadi sisi dari Bursa Dampak Indonesia. Saham mereka juga terbuka untuk khalayak.

Bank Afiliasi Venture Company

Bank Afiliasi Venture Company ialah tipe perusahaan yang diatur oleh beberapa faksi bank. Ini dikarenakan oleh ada surplus dana atau memiliki arah tertentu berkaitan modal ventura.

Conglomerate Venture Capital

Conglomerate Venture Capital ialah perusahaan modal ventura yang dibangun oleh beberapa macam perusahaan besar.

Berdasar Langkah Dana Digabungka

Berdasar langkah mengumpulkan dananya, ada dua tipe modal ventura ialah:

Leverage venture capita

Sumber dana modal ventura untuk tipe ini datang dari kelompok bentuk utang dari beragam faksi yang diatur oleh satu perusahaan modal ventura.

Equity venture capita

Sumber dana modal ventura equity venture capital datang dari perusahaan modal ventura yang mayoritas dananya datang dari modal individu.

– Profile Jesse Choi, Suami Maudy Ayunda yang Jadi Pejabat Modal Ventura

Faedah Modal Ventura

Faedah modal ventura diantaranya:

1. Tingkatkan Aktivitas dan Kekuatan Usaha

Perusahaan yang terima tambahan modal jadi investor bukan hanya dalam aktivitas bagiangan dana tapi sebagai partner. Investor menjadi partner usaha yang menolong perusaaan dengan gagasan, pengembangan, atau peningkatan beberapa hal yang membuat usaha makin besar. Maka dari itu, saat investor turut serta dalam peningkatan gagasan atau kegiatan usaha, kegiatan atau kekuatan usaha perusahaan biasanya akan bertambah.

2. Marketing Produk Lebih Efektif

Startup atau UMKM biasanya mempunyai taktik marketing yang kurang optimal karena kebatasan sumber daya. Penyediaan modal ventura makin tingkatkan integritas perusahaan dan memberi citra yang bagus untuk perusahaan hingga nanti bisa memengaruhi marketing produk dan jasa yang lebih bagus.

3. Likuiditas Bertambah

Modal permodalan yang ada tidak mengharuskan perusahaan untuk bayar cicilan bunga. Maka dari itu, permodalan ini akan tingkatkan likuiditas perusahaan.

4. Rentabilitas lebih baik

Perusahaan bukan hanya mendapatkan support secara keuangan, secara atau dari segi management. Maka dari itu, perusahaan bisa tingkatkan keuntunganabilitasnya dengan meminimalisir ongkos produk dan marketing.

4. Keyakinan Bank

Startup atau perusahaan rintisan akan susah memperoleh keyakinan bank karena belum ada pengendalian secara efisien dan konstan. Bank tidak dapat pinjamkan uang ke perusahaan karena tidak ingin ambil resiko tidak dapat mencicil karena peluang pailit.

Contoh Modal Ventura

Ada contoh beberapa perusahaan modal ventura yang telah menyalurkan dananya di Indonesia. Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) menulis sampai Juli 2018, ada 65 industri modal ventura yang tercatat dengan cara resmi selesai penuhi Ketentuan OJK Nomor 34/POJK.05/2015 berkaitan Hal pemberian izin Perusahaan Modal Ventura, pasal 9 berkenaan ketetapan jumlah modal saat pendirian usaha.

Penelitian Daily Social menulis, East Ventures jadi investor paling agresif yang memodali startup di Indonesia pada kwartal I 2022. Dalam laporan Startup Report 2021, East Ventures sudah lakukan 22 transaksi bisnis permodalan pada kwartal I 2022.

Beberapa perusahaan yang memperoleh permodalan dari East Venture diantaranya Tokopedia, Traveloka, dan Ruangguru. East Ventures terdaftar sudah memodali sekitaran 160 perusahaan rintisan di Indonesia

Selainnya East Venture, perusahaan yang aktif memodali perusahaan startup di Indonesia ialah Golden Gate Venture. Perusahaan ini berdiri semenjak 2011 dan sudah memodali beragam perusahaan yang bekerja di tujuh negara Asia. Beberapa startup yang sempat terima permodalan dari perusahaan ini ialah Alodokter, Carrousel, Gojek, dan Tanihub.

Contoh perusahaan modal ventura yang lain ialah AC Ventures, Sequoia Capital India, Y Combinator, Alpha JWC Ventures, Alto Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Langkah Memperoleh Investasi dari Modal Ventura

Berikut langkah mendapat investasi dari modal ventura:

Ajuka Business Rencana

Bikinlah business rencana yang bagus untuk disodorkan ke pemodal. Kalian dapat membuat business rencana yang berisi mengenai usaha yang dirintis. Pakai tata bahasa yang bagus dan simpel untuk menerangkan profile usaha. Beri data yang tepat dan komplet supaya pemodal dapat pahami usaha yang digerakkan sekalian menghindar salah paham.

Tiba ke Pameran Startup

Biasanya, dalam pameran startup atau UMKM akan didatangi oleh beberapa investor yang mencari startup untuk disuntikkan dana. Aktivitas pameran buka kesempatan mendapat permodalan sekalian membuat jaringan untuk tingkatkan perform perusahaan.

Due Diligence

Pada tahapan ini, perusahaan startup akan lakukan presentasi langsung dengan investor. Investor akan bertanya gagasan usaha dan peluang resiko persoalan yang hendak terjadi.

Pertanda Tangan Kesepakatan Kerja Sama

Investor dan perusahaan akan sama-sama membuat kesepakatan jika memang dalam tahapan tes kelaikan, perusahaan dipastikan bisa lolos. Ke-2 nya akan menuntaskan masalah administrasi dan document validitas yang dibutuhkan.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments