Berikut Tantangan Yang Sering Di Hadapi UMKM Serta Solusi Menghadapinya

  • Whatsapp
Berikut Tantangan Yang Sering Di Hadapi UMKM Serta Solusi Menghadapinya

Sepanjang wabah Covid-19, aktor usaha micro kecil dan menengah (UMKM) menjadi satu diantara pahlawan perbaikan perekonomian nasional.

Meskipun begitu, kesuksesan itu tidak seutuhnya dirasa oleh semua aktor UMKM. Implementasi peraturan Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) membuat UMKM tidak sanggup bertahan, bahkan juga gulung alas.

Read More

Selainnya saat keadaan wabah Covid-19, aktor UMKM sering tidak berhasil di tengah-tengah jalan. Umumnya, ini disebabkan karena ketidakberhasilan dalam hadapi beragam rintangan yang ada. Berikut sejumlah argumen yang biasanya mengakibatkan UMKM gulung alas.

– Susah memperoleh modal

Persoalan khusus yang biasa ditemui aktor UMKM ialah kurangnya modal usaha. Modal yang sedikit bisa menyebabkan aktivitas produksi terhalang. Disamping itu, modal usaha diperlukan untuk tingkatkan kreasi yang bisa hasilkan pengembangan produk.

Ajukan utang dari bank juga menjadi satu diantara jalan keluar yang biasa dilaksanakan aktor usaha untuk memperoleh modal. Meskipun begitu, persyaratan bank yang ketat membuat aktor UMKM kesusahan menambahkan modal usaha.

Jalan keluarnya, aktor UMKM bisa ikuti beberapa program pemerintahan, seperti Credit Usaha Rakyat (KUR) atau Kontribusi Langsung Tunai (BLT). Pemilik usaha bisa juga ikuti mekanisme bagiangan dana atau crowdfunding yang diselenggarakan oleh perusahaan fintech (financial technology).

– Taktik pemasarankurang tepatTak bisa dipungkuri, umumnya pebisnis konsentrasi pada pengembangan dan perubahan produksi hingga lupakan taktik marketing. Walau sebenarnya, taktik pemasaran yang pas akan menolong mereka tingkatkan keuntungan.Sekarang, aktor UMKM bisa pasarkan produknya dengan manfaatkan tehnologi digital. Dengan marketing produk lewat cara online, aktor usaha bisa mencapai customer lebih luas.Meskipun begitu, aktor UMKM perlu memperlengkapi diri dengan pengetahuan dan taktik pemasaran digital agar ikuti perubahan trend. Misalkan, dengan ikuti beragam seminar-online atau komune usaha.
– Pisah uang usaha dan uang individu

Aktor UMKM sering terjerat dengan pembukuan usaha yang tidak pas karena menambah uang usaha dan individu. Walau juga terdaftar, susah untuk membandingkan uang individu dengan uang keuntungan atau modal usaha bila ada pada sebuah rekening.

Oleh karena itu, lebih bagus pebisnis buka rekening khusus untuk simpan uang usaha. Ditambah, bila pebisnis berperanan sebagai karyawan yang penting menggaji diri kita.

Dengan pisahkan keuangan, aktor UMKM bisa belanjakan keperluan individu memakai rekening yang lain dengan keperluan usaha.

Disamping itu, permasalahan pembukuan yang pas diperlukan oleh aktor UMKM. Untuk menghindar kekeliruan memasukkan jumlah transaksi bisnis atau kehilangan data pemasaran, seharusnya pakai pembukuan automatis atau pembayaran online yang telah terpadu.Salah satunya mekanisme pembayaran online yang dapat dipakai aktor UMKM ialah OY! Payment Link dari OY! Indonesia. Aktor UMKM bisa memakai feature ini sebagai alat pembayaran yang gampang dan instant hingga bisa mencapai marketing lebih luas.Sebagai info, OY! Payment Link ialah satu link yang terpadu dengan dompet electronic, virtual akun, Quick Response Kode Indonesian Standar (QRIS), dan kartu credit atau debet.Langkah pemakaian feature itu lumayan gampang. Pemakai bisa membuat link pembayaran dari dashboard lalu mengirim keinginan langsung ke konsumen setia. Adapun link perlu dibikin 1x untuk penggunaan selama-lamanya.

Sesudah konsumen setia membayar, pemakai akan terima pemberitahuan transaksi bisnis secara real time. Pemakai dapat cairkan dana secara real time hingga aliran kas selalu terlindungi.Untuk aktor UMKM yang ingin lakukan transaksi bisnis lebih gampang bisa tergabung dan manfaatkan promosi #WujudkanBersama OY! Usaha dengan hadiah keseluruhan beberapa ratus juta untuk memberikan dukungan gerakan usaha Anda.

Mewujudkan mimpi bersama OY Usaha. Pemakai bisa masukkan code referal “WUJUDKANBERSAMA” sepanjang masa registrasi, yakni 17 Mei-17 Juni 2022, untuk ikuti giveaway. Seterusnya, pemakai harus kumpulkan minimal tiga transaksi bisnis atau sebanyak-banyaknya sepanjang masa 17 Mei-10 Juli 2022.

Paling akhir, untuk memenangi hadiah, pemakai diharuskan untuk mengupload gambar aktivitas usaha yang digerakkan dan gambar tipe mimpi yang ingin direalisasikan berkaitan usaha di Instagram atau TikTok.

Untuk upload di Instagram, pemakai harus menulis caption yang bercerita mengenai mimpi usahanya dengan tagar #WUJUDKANBERSAMA lalu masukkan account OY! Usaha peserta dan mention account @oyindonesia.

Sementara pada basis TikTok, pemakai bisa mempublikasikan video berkenaan usaha dan mimpi yang ingin diwujudkan oleh team OY! Indonesia. Masukkan account OY! Usaha peserta dan tag account tiktok @oyindonesia dan tagar #WUJUDKANBERSAMA di kolom deskripsi TikTok.

Juara program #WujudkanBersama OY! Indonesia akan dipublikasikan pada Minggu awal bulan Agustus 2022. Hadiah sebesar keseluruhan Rp 100 juta yang berbentuk peralatan, sewa, dan hal-lainnya sesuai keperluan usahanya menunggu untuk seseorang juara khusus.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments