Berikut Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Dari Saham

  • Whatsapp
Berikut Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Dari Saham

Pensiun menjadi satu diantara topik yang ramai dibahas, terutamanya oleh angkatan milenial. Beberapa milenial ingin pensiun awal karena tidak ingin jika waktunya habis untuk bekerja saja.

Tidak bisa disangkal bila angkatan milenial jadi tipikal yang famili oriented. Apa lagi mendapatkan uang tidak hanya cukup dengan bekerja 24/7, tetapi dapat dari investasi saham.

Read More

Pertanyaannya, apa kemungkinan dana pensiun bisa terkumpul cuma dari investasi saham?

Kumpulkan Dana Pensiun dari Investasi Saham

Jawaban atas pertanyaan di atas ialah mungkin. Asumsinya, investasi saham itu seperti tabungan yang bila disisihkan dengan teratur bertambah banyaknya. Bedanya ialah return dari investasi saham lebih besar.

Bahkan juga bila langkah permainannya bagus, return dari investasi saham dapat semakin besar dari upah khusus lho! Tidaklah aneh bila milenial dengan suka hati menyisihkan beberapa upahnya untuk mengawali investasi. Modal untuk melakukan investasi juga cukup dapat dijangkau.

Nach, supaya dana pensiun terkumpul secara cepat, berikut beberapa tips yang angkatan milenial perlu kerjakan.

1. Gunakan konsep 50:30:20

Perhatikan mengelola keuangan Panduan pertama, gunakanlah konsep 50:30:20 dalam perhitungan %. Pembagiannya 50 % untuk penuhi keperluan setiap hari, 30 % untuk dana genting, perlindungan, dan angsuran. Tersisa 20 % pure dipakai untuk investasi.

Keseluruhan 20 % ini bisa dipisah ke beberapa instrument investasi. Selainnya saham, Anda dapat distribusikan ke deposito untuk mendapat keuntungan yang karakternya masih tetap tiap bulan.

20 % ialah nominal yang bagus karena bagaimana juga Anda perlu pikirkan ongkos setiap hari. Janganlah sampai karena pensiun awal, tuntutan hidup jadi tidak terurus dan pada akhirnya jatuh sakit.

2. Pilih saham sama sesuai macamnya 

Saat memilih untuk pensiun awal, penting juga tentukan tipe saham yang cocok. Dalam investasi saham, ada tiga pembagian saham yang cukup terkenal salah satunya :

– Saham blue chip

Sebagai istilah untuk emiten atau perusahaan yang mempunyai modal atau kapitalisasi pasar yang besar. Saham blue chip mempunyai performa yang bagus, hingga harga sahamnya condong naik dari hari ke hari.

Keuntungan melakukan investasi di blue chip ialah emiten itu tawarkan produk yang diperlukan oleh beberapa orang. Membuat emiten itu terus bekerja, hingga keadaan keuangannya masih tetap konstan.

– Saham nilai investing

Sebagai saham dari emiten yang termasuk mempunyai potensi. Namun, harga sahamnya masih tambah murah dari blue chip. Performa saham nilai investing lumayan bagus, jadi harga peluang bertambah di periode kedepan.

Saham ini pas dikoleksi oleh Anda yang ingin melakukan investasi dalam periode panjang. Dan tak lupa untuk sesuaikan dengan nilai intrinsiknya, jadi tidak salah tentukan nanti.

– Saham gorengan

Sebagai saham yang paling disukai trader, tetapi beberapa investor melirik saham tipe ini untuk mendapat keuntungan harian. Diberi nama saham gorengan karena harga condong naik-turun, umumnya karena dilakukan oleh bandar tertentu.

Saham ini dapat menjadi opsi untuk investasi periode panjang, tetapi tidak begitu dianjurkan. Anda sendiri perlu waspada pilih emiten untuk meminimalkan kekuatan rugi di periode kedepan.

3. Beli dengan bertahap 

Perhatikan membeli saham Menghilangkan anggapan membeli saham di saat bertepatan memberi keuntungan besar. Kadang, yang terjadi justru kebalikannya. Beli saham sekalian malah rugi, terlebih bila harga saham itu alami pengurangan.

Misalkan, rerata harga saham yang dibeli sejumlah Rp 1.300 per helai dengan keseluruhan 100 lot. Jika harga saham turun ke angka Rp 1.210 per helai, Anda automatis rugi Rp 900 ribu.

Dianjurkan untuk lakukan pembelian saham dengan bertahap, misalkan ini hari cicil 10 lot pada harga Rp 1.300 dan 15 lot pada harga Rp 1.270. Hitung-hitung jika harga sahamnya turun, minimal rerata harga saham Anda lebih kecil dari Rp 1.300 per helai.

4. Cut loss untuk meminimalkan rugi 

Bila Anda menyaksikan tren harga saham akan turun, tidak ada kelirunya untuk cut loss. Memang rugi, tetapi banyaknya belum berapa jika pengurangan harga bersambung.

Malah dengan cut loss, modal akan balik dan Anda dapat belikan saham yang serupa pada harga tambah murah. Rugi dari cut loss automatis terpindahkan jika harga saham itu naik.

Seharusnya tetapkan batas harga paling rendah optimal saat sebelum cut loss. Bila melalui batas itu, cut loss bisa dilaksanakan.

5. Menabung saham dengan teratur

Perhatikan menabung saham Ingat arah investasi saham untuk modal pada hari tua, karena itu menjadikan saham seperti tabungan. Pinggirkan beberapa pendapatan untuk dimasukkan pada rekening saham.

Bila teratur menyisihkan, karena itu keseluruhan saldo di rekening saham bertambah tiap bulan. Belum ditambah lagi keuntungan dan dividen yang teratur dibagi.

Ke-2 nya bisa diputar kembali untuk mengoptimalkan keuntungan, hingga keseluruhan dana pensiun yang terkumpul makin bertambah.

Yakinkan Sekuritasnya Syah

Saham bisa menjadi alternative untuk kumpulkan dana pensiun. Tetapi saat sebelum mengawali, sebaiknya untuk pilih sekuritas yang syah sebagai lapak atau basis untuk melakukan investasi. Baca ulasan dari pemakai, saksikan validitasnya di website OJK, dan kecepatan servis supaya Anda dapat melakukan investasi dengan aman.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments