Bisnis Paling Cocok Untuk Pemula Dengan Modal Minim

  • Whatsapp
Bisnis Paling Cocok Untuk Pemula Dengan Modal Minim

Modal yang kecil seringkali menjadi penghalang bagi pebisnis pemula untuk memulai bisnisnya. Dalam berbisnis, modal memang menjadi aset penting yang wajib dimiliki oleh para pebisnis. Tidak jarang pula pebisnis pemula memutuskan untuk ‘mundur’ lebih awal karena kurangnya modal yang dimiliki. Padahal di zaman sekarang ini, modal sudah bukan sesuatu yang mengkhawatirkan. Perkembangan zaman berhasil membawa banyak inovasi dalam bidang bisnis, salah satunya dengan terciptanya bisnis modal kecil yang patut dicoba oleh pemula.

Belakangan ini banyak orang yang gencar mendirikan usaha atau bisnis modal kecil. Mulai dari bisnis jasa hingga bisnis barang-barang import. Berikut deretan bisnis dengan modal kecil yang bisa dicoba oleh para pebisnis pemula

1. Laundry kiloan

Usaha laundry kiloan merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Apalagi jika Anda membuka laundry kiloan di daerah yang dekat dengan kampus maupun perkantoran, nanti akan banyak peminat. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu besar. Anda hanya perlu mempersiapkan mesin cuci, perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

2. Online dropshipper

Apabila Anda tidak memiliki modal usaha yang cukup besar, online dropshipper menjadi alternatif terbaik yang bisa dicoba. Ini adalah sistem penjualan produk secara online yang bisa dilakukan dengan meneruskan produk dari pemilik produk atau supplier, untuk dikirimkan langsung ke pelanggan dengan identitas Anda sebagai pengirimnya.

3. Fotokopi dan alat-alat tulis

Bisnis fotokopi dan alat-alat tulis sangat cocok bagi Anda yang tinggal di dekat gedung sekolah, kampus, maupun area perkantoran. Meski membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya, tetapi usaha fotokopi dan alat-alat tulis ini punya potensi pelanggan yang terbilang besar juga.

4. Cuci motor atau mobil

Bisnis cuci motor atau mobil tidak pernah sepi. Modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini juga relatif terjangkau. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki untuk mendukung operasional bisnis ini juga cukup sederhana. Anda perlu memiliki pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

5. Petshop

Apakah Anda termasuk orang yang senang merawat hewan peliharaan? Ini tentu menjadi peluang bisnis untuk pemula yang menyenangkan. Selain menjual makanan, mainan, dan aksesoris, Anda juga bisa menyediakan layanan titip atau grooming untuk hewan-hewan peliharaan tertentu seperti anjing atau kucing.

6. Jualan pulsa elektrik

Menjual pulsa elektrik adalah bisnis yang minim modal. Anda bisa menjadikan keluarga, teman kantor, ataupun teman kost sebagai target pasar.

7. Daycare

Peluang bisnis untuk pemula yang satu ini terbilang cukup baru, sehingga masih jarang orang yang memikirkannya. Daycare atau jasa penitipan anak ini bisa menguntungkan terutama untuk Anda yang terbiasa sabar dan telaten mengurus balita hingga anak-anak. Mulailah dengan membuka daycare ini untuk tetangga-tetangga yang tinggal di dekat Anda.

8. Membuat kue

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kue, Anda bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai usaha sampingan. Jika Anda sering membuat kue sendiri di rumah, tentunya Anda sudah mempunyai alat-alatnya. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan yang diperlukan jika Anda yang memesan kue.

9. Berjualan katering

Sama seperti berjualan kue, untuk memulai usaha ini Anda perlu memiliki keterampilan memasak. Target pasarnya bisa merupakan anak sekolah atau pekerja kantoran. Modal untuk usaha ini diperlukan untuk membeli bahan-bahan dan biaya pengantaran katering.

Cara Mengatur Bisnis Bagi Pemula agar Tetap Untung

Dalam menjalankan suatu bisnis, seorang pebisnis pemula pastinya akan melewati berbagai macam proses naik turun. Untuk itu, Anda harus memiliki cara agar bisnis yang Anda jalankan tetap untung dan tidak mengalami kebangkrutan.

  • Ciptakan strategi pemasaran yang sistematis

Salah satu faktor yang membuat bisnis bangkrut adalah strategi pemasaran yang tidak sesuai. Karena itu buatlah strategi pemasaran yang sistematis dan tepat sasaran. Fokuskan pemasaran kepada segmen konsumen yang paling membutuhkan produk atau jasa Anda.

  • Ketahui detail produk atau jasa Anda

Anda harus menguasai produk yang Anda hasilkan atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan demikian, Anda dapat menjelaskan secara detail kepada konsumen karena hal tersebut berkaitan dengan kesuksesan pemasaran.

  • Hindari bergantung pada satu pelanggan utama

Bergantung pada satu pelanggan dapat menyebabkan arus kas berisiko. Semakin banyak Anda membuat sumber penghasilan yang beragam, akan semakin baik bagi Anda dalam melindungi diri dari kebangkrutan.

Demikianlah daftar bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Deretan bisnis diatas cocok untuk dijalankan oleh para pemula yang belum memiliki cukup modal untuk memulai bisnis.

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments