Bisnis Paling Rame Saat Pandemi, Bisa Jadi Ladang Uang Untuk Anda

  • Whatsapp
Bisnis Paling Rame Saat Pandemi, Bisa Jadi Ladang Uang Untuk Anda

Dahsyatnya dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 membuat perjalanan sektor bisnis sepanjang tahun 2020, cukup tertatih. Setidaknya ada 56% UMKM yang mengalami penurunan hasil omzet penjualan selama masa pandemi. Bahkan, 22% lainnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan/kredit. Lalu, sektor UMKM yang paling terkena imbasnya adalah usaha yang bergerak di bidang eksportir, diikuti oleh usaha di bidang kerajinan dan pendukung pariwisata. Ini yang kemudian mengharuskan kita lebih cermat dalam membaca pasar ketika ingin mulai berbisnis. Adaptasi adalah kunci utama agar bisa berhasil menjalankan bisnis di era pandemi. Berikut Investree punya 7 ide bisnis kebal COVID-19 bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis di tahun depan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah!

1. Bisnis Ritel Online

Bisnis ritel online ramai dilakukan masyarakat di era digital ini. Terlebih di tengah kondisi pandemi, ada banyak pusat perbelanjaan yang tutup. Peluang yang dapat dilakukan antara lain menjadi reseller atau dropshipper online.

Read More

Menurut laman Forbes, bisnis ritel online menjadi sektor yang bertahan cukup baik di tengah Pandemi Covid-19. Ada berbagai produk mulai dari kuliner, pakaian, dan aneka perabotan dapat menjadi pilihan konsumen.

2. Layanan Terkait Kesehatan dan Kebersihan

Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat sebisa mungkin menghindari rumah sakit atau klinik. Masyarakat mulai bergeser menggunakan layanan kesehatan online. Nah, kamu bisa membuat aplikasi terkait kesehatan untuk memudahkan mereka berobat tanpa harus keluar rumah.

Selain itu, jasa layanan kebersihan bakal dibutuhkan masyarakat. Usaha seperti ini diperkirakan semakin banyak dicari. Penyebaran virus Corona menyebabkan masyarakat lebih berhati-hati terhadap orang, tempat dan produk yang dihadapinya. Namun, jika membuka usaha ini, kamu juga harus mampu memberi jaminan tentang kebersihan dan kesehatan dari jasamu.

3. Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan salah satu ide bisnis di masa pandemi yang terus mengalami kemajuan. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki hobi memasak dapat mulai membuka jasa katering harian, makanan frozen, hingga makanan sehari-hari yang dijual di rumah.

Bisnis kuliner cukup banyak diminati lantaran tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Cara mempromosikan bisnis kuliner sekarang terbilang mudah. Cukup dengan mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan WhatsApp Status.

4. Keperluan Renovasi Rumah

Liputan6.com menyebut, selama pandemi Covid-19 ini, pencari cara reparasi dan renovasi di dunia maya meningkat 140 persen. Banyaknya waktu di rumah, tanpa sadar mendorong masyarakat untuk lebih peduli pada keindahan dan kebersihan rumah. Bukan cuma terkait fisik rumahnya, tapi juga perabotan.

Keinginan untuk bisa mereparasi perabotan rumah sendiri tanpa bantuan tukang pun muncul di situasi seperti itu. Kamu bisa nih memulai usaha yang menyediakan keperluan untuk renovasi rumah.

5. Menjadi Ahli Kebugaran

Di tengah pandemi Covid-19, kondisi kesehatan menjadi hal yang paling diperhatikan. Hal ini turut membuka peluang bagi mereka yang gemar berolahraga untuk membuka jasa seperti menjadi tutor fitness.

Terlebih lagi, fasilitas penunjang kesehatan seperti tempat gym dan kolam renang banyak yang tutup di tengah pandemi. Tak perlu keluar dari rumah, kamu bisa menjadi tutor fitness online, maupun konsultann kebugaran.

6. Produk Kecantikan

Boro-boro ke salon, masyarakat sebisa mungkin menghindari tempat ramai seperti rumah sakit. Hal ini menyebabkan sebagian orang melakukan perawatan kecantikan dari rumah. Misalkan ketika mengecat rambut.

Fakta ini bisa menjadi inspirasimu untuk menjual produk salon yang mudah dipakai. Kamu bisa cek di internet apa saja sih produk kecantikan yang sedang hits.

7. Bisnis Budidaya Tanaman dan Ikan Hias

Berada di rumah saat pandemi membuat tak sedikit orang merasa bosan. Tak heran bila ada banyak orang mencari kesibukan termasuk dengan melakukan hobinya.

Masyarakat kini cenderung hobi menananm tanaman hias dan memelihara ikan cupang. Kesempatan ini dapat dijadikan peluang bisnis berjualan tanaman dan ikan hias.

8. Jasa Titip

Lagi-lagi karena pembatasan aktivitas di luar rumah, orang-orang enggan pergi ke pusat keramaian seperti mal. Padahal, pada momen tertentu, tenan mal memberikan diskon besar-besaran.

Sebagian orang bakal membutuhkan jasa titip yang gesit mendapatkan barang diskonan.

Itu tadi delapan ide bisnis yang bisa Anda implementasikan di masa pandemi ini. Ketika pemasukan mulai berkurang, tidak ada salahnya untuk mencari sumber pemasukan baru dengan memulai sebuah bisnis. Jadikan hal tersebut sebagai resolusi di tahun depan. Yang penting, pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda agar lebih mudah saat memulainya pertama kali.

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments