Cara Memanfaatkan Teknologi Menjadi Cuan

  • Whatsapp
Cara Memanfaatkan Teknologi Menjadi Cuan

Di zaman revolusi industri 4.0 ini, tiap orang terutamanya golongan muda dapat manfaatkan kehebatan tehnologi untuk meningkatkan hobynya.

Hoby yang disertai dengan pendayagunaan internet secara produktif, inovatif dan positif menjadi sumber penghasilan untuk siapa saja yang menekuninya.

Read More

Hal itu jadi pembicaraan dalam seminar-online bertopik “Hoby + Tehnologi = Rupiah” di Singkawang, Kalimantan Barat baru saja ini.

Datang sebagai pembicara ialah Dosen Pengetahuan Komunikasi Kampus Mulawarman Hairunnisa Husain; Dosen STMIK Primakara dan Koordinator sektor Riset dan Peningkatan SDM Sukarelawan TIK Propinsi Bali Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa; dan Program Manajer ECPAT Indonesia Andy Ardian.

 

Putar ulangi Video PENGATURAN Mati HD HQ SD LO Terlewat Iklan

Mengarah data terkini Federasi Pelaksana Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pemakai internet di Indonesia sekarang ini capai 210 juta atau 77 % dari komunitas warga.

Dalam kata lain, internet sudah jadi sisi penting dari kehidupan warga.

Hairunnisa Husain menjelaskan, kehebatan internet dapat digunakan sebagai fasilitas atau tempat untuk meningkatkan hoby, terutamanya untuk beberapa Gen Z.

“Mempunyai hoby penting untuk tiap orang. Selainnya menjadi peralihan saat depresi atau jemu, hoby bisa juga dijadikan kegiatan isi waktu senggang yang bahkan juga dapat latih kemampuan dan kreasi sampai menjadi satu diantara sumber penghasilan,” katanya.

Ia juga mengatakan beberapa referensi hoby untuk beberapa Gen Z yang bila ditelateni dapat menghasilkan beberapa pundi rupiah.

Dimulai dari hoby menceritakan atau bicara, hoby menonton film, hoby make-up, sampai hoby mengolah dan hoby jajan. Sebagai contoh hoby jajan bisa jadi kedengar negatif untuk sebagian orang karena berkonotasi pada sikap konsumtif.

Tetapi, hoby jajan rupanya dapat diteruskan jadi suatu hal yang positif, misalkan dengan membuat video ulasan makanan atau vlog jalanan sekalian memburu makanan.

“Dan ini dapat menghasilkan keuntungan bila pintar memprosesnya. Siapa yang tahu dengan content ulasan itu kalian sukses menarik banyak perhatian warganet dan membuat penjual lakukan endorsement berbayar tentu saja,” katanya serata menyebutkan salah satunya vlogger makanan yang populer yakni Jessica Jane.

Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa merinci enam faedah tehnologi dalam peningkatan hoby jadi suatu hal yang produktif, yakni untuk sumber ‘menemukan’ hoby, kenaikan kemampuan dan pengembangan pada hoby yang dipunyai.

“Tambahkanlah keyword atau kata kunci tertentu dalam mesin penelusuran untuk menambah detail pengembangan yang ingin dilaksanakan. Misalkan, kata kunci ‘cara membuat donat kentang yang empuk’” katanya.

Ia meneruskan, faedah yang lain dari tehnologi ialah untuk sumber ide dan penuntasan permasalahan, komersilisasi hoby, dan sumber share ide yang bisa diterapkan dalam hoby yang dipunyai.

“Selalu pakai internet khususnya sosial media sebagai salah satunya tempat untuk menebarkan kabar baik dan memberikan inspirasi, terhitung cerita sukses atau panduan dan tata langkah penuntasan sebuah permasalahan yang kemungkinan diketemukan di saat jalankan hoby hingga, menjadi sumber belajar untuk orang yang lain mendapati persoalan sama,” anjuran ia.

Andy Ardian memperjelas keutamaan pahami dan mengaplikasikan norma digital.

Masalahnya selainnya beberapa konten positif, internet banjir content negatif. Satu diantaranya yang berisi penebaran informasi berbohong atau hoax dan menyimpang hingga menyebabkan rugi. Bila merasakan content negatif, kerjakan analisis dan klarifikasi, dan tidak boleh turut menebarkan content negatif itu.

“Saat membuat content, kita harus juga memahami norma dan tanggung-jawab. Masalahnya tehnologi ini kemungkinan netral tetapi kerap disalahpergunakan oleh orang yang tidak bertanggung-jawab dan ini dapat berkonsekuensi dengan hukum saat content itu menyalahi peraturan,” pungkasnya.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments