Cara Memotivasi Karyawan Agar Bekerja Jauh Lebih Produktif

  • Whatsapp
Cara Memotivasi Karyawan Agar Bekerja Jauh Lebih Produktif

Kepemimpinan yang memotivasi adalah kepemimpinan yang membuat para karyawan merasa dibutuhkan kontribusinya. Seorang karyawan disebuah perusahaan membutuhkan motivasi agar karyawan semangat dalam bekerja dan membuat mereka merasa senang dalam bekerja, seorang atasan / leader memiliki peranan penting dalam memotivasi karyawan.

Motivasi karyawan tidak selalu mengenai materi, uang, prestis dan segala aspek dari karir seorang karyawan kecil artinya jika dia merasa tidak diperdulikan oleh atasannya. Banyak hal yang dapat dilakukan sebagai cara menumbuhkan motivasi kerja karyawan agar bekerja dengan giat. Berikut yang bisa dilakukan oleh para atasan agar karyawannya terus termotivasi

1. Pelihara Hubungan Sosial yang Baik

Salah satu yang bisa membuat hubungan sosial perusahaan dengan karyawan dengan baik adalah dengan komunikasi. Komunikasi sangat penting  dalam menciptakan kehangatan dalam suasana bekerja. Suasana kerja yang hangat dan kekeluargaan akan membuat karyawan merasa nyaman dan automatis produktivitas yang dihasilkan akan semakin baik.

Mengunjungi karyawan yang sakit atau menghadiri acara yang dilaksanakan oleh karyawan merupakan salah satu cara untuk bisa lebih dekat dengan karyawan. Jika karyawan merasa dekat dengan atasan atau perusahaan maka karyawan tersebut akan lebih loyal kepada pekerjaan dan perusahaan.

Memberikan nasihat atau sekadar mengobrol di sela-sela jam makan siang juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendekatkan diri dengan para karyawan.

2. Menjadi pendengar yang baik

Dalam hubungan antara atasan dan karyawan tentu diperlukan komunikasi. Komunikasi yang baik antara Anda dengan karyawan akan membuat mereka lebih termotivasi saat bekerja. Namun, bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan? Anda bisa mulai dengan menjadi pendengar yang baik.

Karyawan Anda sama dengan manusia lainnya, ingin didengarkan dan dihargai pendapatnya. Mereka tentu memiliki ide atau pendapat tersendiri terhadap perusahaan. Dengarkan ide-ide tersebut dan berikan apresiasi. Apabila memang dapat diterapkan di perusahaan, tidak ada salahnya ide tersebut dipakai. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai pemikirannya. Mereka pun lebih termotivasi untuk bekerja atau bahkan memberikan kontribusi yang maksimal kepada perusahaan.

3. Memberikan Jenjang Karier Kepada Karyawan

Karyawan biasanya memiliki keinginan untuk memiliki jenjang karier yang meningkat. Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap orang memiliki cita-cita dan keinginan yang akan terus meningkatkan eksistensinya dalam kehidupan. Meningkatnya karier seseorang bisa menjadi salah satu privillage bagi kehidupannya dan perusahaan.

Beri penilaian objektif pada kinerja karyawan tersebut, beri penghargaan, dan tawarkan jenjang karier di atasnya. Bahkan, tidak hanya meningkatkan kinerja, peningkatan karier juga menghindari karyawan merasa bosan dengan jabatannya saat ini, yang berimbas pada penurunan kinerja.

4. Menciptakan atmosfer kerja yang menyenangkan

Ada kalanya penyebab motivasi karyawan turun adalah justru karena atmosfer kerja yang tidak nyaman. Misalnya ruang kerja yang membatasi ruang gerak mereka atau bahkan rekan kerja yang kurang kooperatif sehingga menciptakan atmosfer yang kurang menyenangkan. Jika ini yang terjadi, maka Anda harus segera melakukan perubahan.

Jika memang ada keterbatasan ruang gerak di tempat kerja, Anda tidak harus langsung pindah ke kantor yang lebih luas. Sebagai alternatif, Anda dapat mengubah tata letak perabot di kantor. Mengganti perabot atau cat dinding juga bisa menciptakan nuansa baru yang memotivasi.

Untuk hubungan yang kurang baik di antara karyawan, Anda bisa mengajak berdiskusi tertutup. Dengarkan keluh kesah mereka dengan baik. Coba tawarkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan begitu, masalah di antara karyawan bisa terpecahkan dan atmosfer kerja pun kembali menyenangkan.

5. Menerapkan program reward

Tidak ada orang yang tidak suka diberi apresiasi, termasuk karyawan Anda. Apresiasi yang tepat juga bisa meningkatkan motivasi kerja mereka. Apa bentuk apresiasi yang tepat bagi karyawan Anda? Apresiasi sangat beragam bentuknya, mulai dari yang sederhana seperti pujian, hingga hadiah.

Terapkanlah program reward semacam ini di perusahaan Anda. Bagi karyawan terbaik setiap bulan, Anda bisa memberikan voucher atau gift card yang ditawarkan oleh Sodexo. Bentuk apresiasi seperti ini bukan hanya dapat memotivasi karyawan tetapi juga terasa istimewa. Ini karena voucher dari Sodexo dapat dipersonalisasi dengan logo perusahaan ataupun nominal khusus sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda.

6. Berikan perhatian

Tentunya setiap karyawan ingin mendapatkan perhatian dari atasannya. Tunjukkan apakah Anda bos yang mengurus karyawan. Bangkitkan perhatian Anda pada karyawan Anda, tetapi pertahankan dalam kisaran yang wajar. Memberikan hak cuti kepada karyawan yang mengalami bencana atau bencana mungkin merupakan bentuk perhatian Anda. Tunjukkan simpati Anda kepada atasan Anda, dia peduli dengan bawahannya.

7. Motivasi Karyawan dengan Membuat Acara Bersama Karyawan Kantor

Tidak hanya bonus atau apresiasi yang bisa anda berikan kepada karyawan, namun membuat acara bersama bisa menjadi alternatif selanjutnya. Membuat acara jalan-jalan atau bermain bersama karyawan dan keluarga dapat membangun rasa kekeluargaan diantara karyawan. Karyawan akan merasa bahwa perusahaan merupakan rumah bagi mereka. Dengan begitu mereka akan merasa peduli akan masa depan perusahaan.

Buat acara yang bermakna bagi mereka, tidak hanya acara jalan-jalan ke suatu tempat lalu pulang namun kamu bisa buat acara yang dapat membangun tali persaudaraan diantara karyawan. Bermain outbond, curhat bersama, mencurahkan isi hati, dan menanyakan harapan apa yang diinginkan oleh karyawan terhadap perusahaan.

Cara memotivasi karyawan memang sangat beragam. Ketujuh cara yang disebutkan di atas hanyalah sedikit contoh. Walau begitu, Anda bisa langsung menerapkannya atau memodifikasinya terlebih dulu agar sesuai dengan kultur kerja perusahaan.

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments