Cara Mudah Buka Toko Di Shopee Bagi Pemula

  • Whatsapp
Cara Mudah Buka Toko Di Shopee Bagi Pemula

Pada bukan Januari 2018, Snapcart melakukan survey untuk melihat apa eCommerce yang paling populer di Indonesia dengan melibatkan 6.123 responden. Hasilnya, 37% responden menjawab paling sering menggunakan Shopee untuk berbelanja online di Indonesia kemudian disusul Tokopedia (25%) dan Lazada (20%).

Jika Anda adalah seorang pengusaha, sudah seharusnya Anda mencoba memasarkan produk Anda di Shopee guna menjangkau para konsumen dan meningkatkan penjualan. Karena kita tahu bahwa Shopee hingga saat ini merupakan destinasi belanja online terbesar di Indonesia yang sangat diminati masyarakat khususnya generasi milenial.

Tentukan Ingin Menjual Produk Sendiri, Jadi Reseller, atau Dropship?

Ada baiknya sebelum membuka toko, kamu harus menentukan dulu jenis barang yang akan dijual. Apakah kamu akan menjual produk sendiri, menjadi reseller dari supplier besar, atau justru memutuskan untuk jadi dropshipper? Masing-masing kategori itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak penuturannya di bawah ini sebelum mengetahui cara berjualan di shopee tanpa modal.

1. Menjual produk sendiri

Bila memiliki produk sendiri, tentunya kamu sudah tahu kelebihan barang jualan sendiri dibanding produk pesaing atau yang membedakannya dengan produk mereka. Tentunya sudah memiliki bagian produksi bisa beroperasi dan siap diandalkan. Mungkin sebelumnya kamu pernah berjualan secara offline atau malah langsung berjualan dengan sistem online.

Berbagai kelebihan dari menjual produk sendiri yakni stok barang mudah dikelola, kualitas produksi bisa dikendalikan, dan bisa menjaring reseller dan dropshipper untuk membantu penjualan.

Hanya saja kekurangannya, butuh tenaga dan modal untuk meracik produk, meriset pasar, menguatkan brand lewat kegiatan pemasaran, sampai resiko kerugian bila barang yang dijual tidak balik modal

2. Menjadi reseller

Reseller bisa diartikan sebagai menjual produk milik orang lain. Misalnya, produk dari supplier besar yang sudah punya pasar dan reputasi baik di mata pelanggan. Tugas kamu tinggal menjual produk kembali dengan syarat membeli terlebih dahulu produk mereka sejumlah minimum order.

Nantinya kamu akan mendapatkan potongan harga reseller lalu menjualnya dengan mark-up tertentu, sesuai kesepakatan dengan supplier. Kelebihannya, kamu tidak perlu membangun brand dari nol, stok mudah dikelola, mark-up harga biasanya lebih besar. Kekurangannya, modal yang dikeluarkan untuk membeli produk minimum order cukup besar.

3. Jadi dropshipper

Ingin mencoba cara jualan di shopee tanpa stok barang? Kamu bisa mencoba dropshipper alias menjual produk supplier tanpa harus stok terlebih dulu. Kamu tinggal mencari pelanggan yang siap order, lalu mengirim data pesanan ke supplier. Selanjutnya, kamu bisa dapat komisi penjual di Shopee dengan cara ini.

Kelebihannya, kamu bisa jualan di Shopee tanpa stok barang dan tanpa modal dengan cara ini. Cukup dengan memasarkan secara giat. Kekurangannya, kamu tidak bisa mengelola stok sendiri, kualitas gambar produk bergantung pada supplier, dan keuntungannya tidak sebesar reseller.

Bila sudah mengetahui jenis barang yang akan dijual, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kondisi modal dan karakter kamu. Selanjutnya, bisa lanjut ke cara buka toko di Shopee lewat HP.

Cara Mudah buka toko di Shopee

Dirangkum dari laman Shopee, berikut cara buka toko di Shopee:

  • Akses situs Shopee atau unduh aplikasi Shopee di Play Store atawa App Store
  • Klik “Daftar”
  • Masukkan nomor telepon, kode captcha, dan kode verifikasi lalu klik “Daftar”.
  • Anda harus menambahkan serta melakukan verifikasi nomor handphone dan e-mail.

Lengkapi profil toko

Melengkapi profil toko bisa Anda lakukan melalui aplikasi maupun Seller Centre. Berikut cara melengkapi profil melalui aplikasi:

  • Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda.
  • Pilih “Saya” lalu “Toko Saya”.
  • Kemudian, pilih “Asisten Penjual” > “Profil Toko” > kemudian lengkapi “Nama Toko” > “Deskripsi Gambar” > “Deskripsi”.
  • Setelah itu klik icon “Centang” di pojok kanan atas menu.

 

Berikut cara melengkapi profil melalui Seller Centre:

  • Pergi ke Seller Centre, pilih “Profil Toko” > kemudian lengkapi “Nama Toko” > “Deskripsi Gambar” > “Deskripsi” setelah itu klik “Simpan”.
  • Pilih nama toko. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.
  • Masukkan deskripsi gambar.  Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko Anda identitas brand yang kuat.
  • Buat deskripsi toko.  Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik Pembeli mengunjungi toko Anda. Anda dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat.

Berikut cara berjualan di Shopee untuk pemula:

  • Akses tokomu di Seller Center (seller.shopee.co.id) atau klik Saya > Mulai Jual di Aplikasi Shopee
  • Klik ‘Tambah Produk Baru
  • Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai, serta Informasi Pengiriman mengenai jasa kirim yang akan digunakan.
  • Klik “Simpan & Tampilkan” untuk menampilkan produk anda di toko

Tips mendapat pembeli dengan cepat

Dirangkum dari laman Shopee, berikut beberapa tips mudah dari Shopee untuk bisa mendapatkan pembeli pertama dengan cepat:

  1. Berikan harga yang kompetitif. Sebelum berjualan, pastikan harga produk yang Anda tawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya.
  2. Perbanyak variasi produk. Perbanyak variasi produk berupa ukuran yang lengkap dan tawarkan berbagai macam warna. Semakin banyak variasi produk, maka akan lebih banyak kesempatan bagi para Pembeli untuk membeli produk di toko Anda.
  3. Naikkan Produk. Selalu gunakan fitur Naikkan Produk di Shopee. Fitur ini bisa diaktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali.  Semakin sering menggunakan fitur ini, produk Anda semakin sering dilihat oleh Pembeli. Produk Anda juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas. Namun, fitur ini tidak dapat digunakan apabila jumlah produk yang dinaikkan sudah mencapai batas maksimal atau apabila produk masih dalam proses pemeriksaan oleh Shopee.
  4. Buat Voucher Toko. Berikan promosi menarik untuk meningkatkan keinginan pembeli belanja produk di toko Anda melalui fitur Voucher Toko Saya di Seller Centre bagian Promosi Saya. Setelah Buat Voucher Baru, pilih jenis voucher, dan isi semua informasi di kolom Informasi Voucher, klik Simpan.
  5. Sebarkan di media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui messaging apps seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang Anda jual, seperti bahan, ukuran, harga, dan nilai tersendiri dari produk tersebut.
  6. Daftar Gratis Ongkir di Shopee. Daftarkan toko Anda di program Gratis Ongkir melalui aplikasi atau situs Shopee pada halaman Gratis Ongkir. Proses pendaftaran Gratis Ongkir Shopee memerlukan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional).

Sekian pembahasan tentang cara membuka toko di Shopee dengan mudah dan cepat. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments