Cara Mudah Buka Toko Di Tokopedia

  • Whatsapp
Cara Mudah Buka Toko Di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace online lokal yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia sama untungnya. Bagi pembeli, belanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Sebaliknya, bagi penjual akan sangat terbantu karena fitur di tokopedia sangat lengkap mulai dari inventori hingga ke promosi.

Berjualan di online marketplace seperti tokopedia adalah salah satu peluang bisnis yang masih prospektif. Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace ini untuk menjangkau pelanggan seluas-luasnya. Selain itu, untuk berjualan di tokopedia kita tidak perlu membayar alias gratis (meski ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member). Fitur dasar yang ditawarkan juga sangat mempermudah kita mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk.

Nah, bagi anda yang belum berjualan di tokopedia, kenapa tidak segera mencoba membuka toko di toped (tokopedia -red). Untuk berjualan di tokopedia pun mudah kok, anda hanya perlu mendaftar akun tokopedia dan membuka toko. Kalau ingin lebih jelas, berikut ini step-by-step cara membuka toko di tokopedia.

Cara Jualan di Tokopedia

Persiapan

Untuk persiapan berjualan di tokopedia, hal yang pertama dibutuhkan adalah anda harus mempunyai akun tokopedia terlebih dahulu. Penjelasannya ada di bagian bawah artikel ini.

Untuk syarat membuka akun toped, anda perlu sebuah email yang masih aktif dan nomor ponsel. Jika sudah siap, mari melangkah ke step berikutnya.

Membuat Toko Baru via Aplikasi Tokopedia Android

  • Jalankan aplikasi Tokopedia di ponsel Anda, login dan tap ikon menu di sebelah kiri atas, lalu tap Buat Toko.
  • Berikutnya, unggah foto dan isi semua kolom sesuai dengan yang diminta. Apabila sudah lengkap, tap Lanjutkan.
  • Kemudian di jendela berikutnya, isikan pula lokasi toko, dan opsi ekspedisi yang ingin Anda tawarkan kepada pembeli. Setelah terisi dengan benar dan lengkap, tap tombol Simpan.
  • Selesai, toko pertama Anda sudah berhasil dibuat.

Menambah Produk yang Ingin Dijual

Setelah memiliki akun toko, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menambahkan produk yang ingin Anda jual di toko tersebut.

Hal ini penting dilakukan. Pasalnya, jika dalam 90 hari Anda tidak menambah atau meng-upload produk, toko akan dihapus secara permanen. Jika hal itu terjadi, Anda harus membuat toko dari awal lagi jika ingin membuka toko.

Bagaimana cara upload produk di Tokopedia?

  1. Buka halaman akun Toko Anda;
  2. Pilih Produk, lalu klik ‘Tambah Produk’;
  3. Isi data produk (nama, harga, berat, deskripsi, dan lainnya);
  4. Pastikan untuk memilih etalase;
  5. Tentukan Status Produk. Apabila produk siap dijual pilih Stok Tersedia, namun jika produk belum siap dijual kamu bisa memilih Stok Kosong;
  6. Klik ‘Simpan’ atau ‘Simpan & Tambah Baru’ apabila ingin memasukkan produk lainnya.

Sebagai catatan, Resolusi foto saat menambah dan mengedit produk yang dijual minimum beresolusi 300 x 300 pixel (untuk gambar optimal gunakan ukuran minimum 700 x 700 pixel) dan ukuran maksimalnya adalah 2 MB.

Selain itu, perlu diingat pula bahwa setiap produk yang Anda upload sudah sesuai dengan ketentuan upload produk yang telah ditetapkan oleh Tokopedia.

Terima Pesanan

Setelah meng-upload produk, kini Anda tinggal menunggu pesan masuk dari pembeli. Jika sudah ada pesanan yang masuk, berikut cara untuk memproses pesanan tersebut.

  1. Terima notifikasi pesanan baru;
  2. Tentukan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut;
  3. Apabila Anda ingin menolak pesanan, klik tombol ‘…’ lalu pilih Tolak Pesanan. Namun, apabila Anda ingin menerima pesanan tersebut, klik “Terima Pesanan’;
  4. Lakukan konfirmasi pengiriman pesanan dengan isi nomor resi pengiriman;
  5. Klik ‘Konfirmasi pesanan’;
  6. Pantau status pengiriman pesanan Anda;
  7. Setelah pembeli melakukan Konfirmasi Penerimaan, dana penjualan akan masuk ke Saldo Tokopedia Anda.

Sekadar informasi, untuk lebih memudahkan Anda mengatur atau mengelola toko online di Tokopedia, Anda bisa menggunakan aplikasi Tokopedia Seller yang bisa diunduh melalui Play Store.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments