Cara Mudah Menemukan Peluang Usaha Yang Ada Di Sekitar Anda

  • Whatsapp
Cara Mudah Menemukan Peluang Usaha Yang Ada Di Sekitar Anda

Bagi sebagi orang menemukan peluang usaha itu sangat mudah. Namun bagi sebagian orang hampir tidak mungkin menemukan peluang usaha.

Kita banyak melihat pengusaha-pengusaha sukses di luar sana dengan ide bisnis mereka yang membuat kita berpikir, owh semudah itu menemukan peluang usaha. Usaha kreatif bermunculan terus dan kita yang ingin memulai usaha stuck karena belum mendapatkan peluang usaha yang berpontensi.

Read More

Menemukan peluang usaha memang susah-susah gampang, Banyak hal yang membuat kita susah menemukan ide usaha. Apalagi dijaman sekarang semua jenis usaha sudah ada, sehingga peluang usaha buat kita jalani semakin kecil.

Tapi tenang, walaupun sudah banyak usaha yang ada kamu tetap bisa kok menemukan peluang usaha yang bagus dan bernilai dengan menerapkan cara menemukan peluang usaha berikut ini.

1. LIHATLAH PELUANG DARI KEHIDUPAN SENDIRI

Kehidupan pribadi kita bisa merupakan sumber inspirasi terbaik, asalkan tau bagaimana menemukan sebuah potensi didalam diri kita sendiri. Dengan berbagai peluang yang ada pada diri kita bisa menjadi kunci sukses untuk berbisnis yang sangat bisa menguntungkan buat kita.

Potensi yang ada pada diri kita itu belum teuntu dimiliki oleh orang lain, sehingga dengan melihat potensi yang ada tentu potensi tersebut tidak akan mudah untuk ditiru oleh orang lain. Gali dan kembangkan saja potensi yang suduh ada pada diri kita , sekecil apapun potensi yang ada yakinlah jika pontensi tersebut bisa memberikan peluang bisnis dengan hasil maksimal.

2. Carilah Sesuatu Yang Sedang Trend Saat Ini

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh ide bisnis dan peluang usaha secara cepat yaitu dengan mencari sesuatu yang sedang trend saat ini.
Tentu saja Anda tidak dapat berdiam diri saja di dalam rumah untuk dapat mengetahui apa yang trend saat ini. Sebaiknya Anda keluar rumah dan jalan-jalan ke lingkungan yang menjadi kantong bisnis kemudian mengamati setiap peluang usaha yang ada.
Dengan terjun langsung di lapangan serta memperhatikan trend pasar maka dengan cepat Anda akan menemukan ide bisnis dan peluang usaha yang mungkin belum terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Dengan semakin banyak referensi trend yang kita peroleh maka semakin luas juga kemungkinan peluang usaha yang dapat dikembangkan.

3. Mencari  tahu kebutuhan masyarakat sekitar

Cara selanjutnya untuk  melihat peluang bisnis  adalah dengan cara ta mencari dan megamati kebutuhan masyarakat disekitar kita. Cara ini adalah cara paling mudah dan tapat utntuk melihat peluang bisnis disekitar kita.

Misalkan daerah yang anda empati merupakan daerah pesisir yang minoritas mata pencariannya sebagai petani tambak yang memperlukan berbagai kebutuhan seperti bibit ikan, plastik kolam, pompa air dan pakan ikan. Maka kebutuhan para petani ini dapat kita jadikan peluang bisnis dengan memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan membuat bisnis yang berdasrkan dengan kebutuhan lingkungan disekitar kita tentu anda akan lebih mudah dan tepat dalam menjalankan bsnis. Dikarnakankita sudah memiliki pasar dan konsumen yang tertargetkan.

4. Kenali usaha paling berpotensi

Anda bisa juga memulai usaha dengan melihat potensi pasar, biasanya potensi ini berbeda-beda tiap daerah. Adapun cara menemukan potensi usaha, Anda bisa melakukan riset di internet menggunakan google trend, atau menggunakan marketplace seperti Tokopedia dengan mencari barang paling laku.

Setelah dapat silakan kepasar terdekat dan datangi toko-toko yang perpotensi menjual produk tersebut, kemudian tanyakan produk tersebut tapi tidak harus membeli, serta tanyakan juga permintaan pasar mengenai produk tersebut.

5. Memulai dari hobi

Apabila kita masih dihadapkan dengan kebingunggan untuk mencari peluang bisnis yang tepat maka memulai dari hobi ,  dengan memenfaatkan hobi kita sebagai bisnis tentunya banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Selain kita menjalankan hobi kita juga mendapatkan penghasilan dari hobi kita tersebut.

Untuk memulainya kita dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu, misalkan kita sangat hobi bermain alat musik maka kita dapat membuat usaha seperti kursus alat musik ataupun berjualan berbagai alat musik. Intinya kita harus mencari kebutuhan masayrakat yang ada disekitar kita dan yang masih berhubungan dengan hobi kita.

6. Cobalah sesuatu yang baru dan jangan samapi meniru

Ini adalah cara bisnis yang bisa jalan secara konsisten dengan keutungan yang tepat pada watu yang lama, yaitu bisnis yang berbeda dan yang belum ada di lingkungan sekitar kita tetapi bisa menghasilkan keuntungan.

Dan pastikanlah jika bisnis bisnis yang dibutuhkan oleh orang-orang disekitarmu, tanpa kamu harus mengeluarkan modal yang besar-besaran, cukup mulai dengan bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.

7. Belajar dari kekurangan pesaing

Anda ingin membuka usaha dan mempunyai satu bidang usaha yang menurut Anda sangat berpontensi, tapi sayang usaha tersebut sudah ada beberapa di daerah Anda. Apakah usaha tersebut masih bisa saya buka?, tentu bisa, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan nilai lebih.

Anda bisa memberikan pelayanan yang maksimal, harga yang sedikit murah tapi bersaing, dan berikan kemudahan kepada calon customer, dengan cara menyediakan pemesanan via online. Jadi customer tidak harus ke toko jika ingin membeli produk atau jasa Anda.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menemukan peluang usaha, seperti mengamati kebutuhan masyarakat, belajar dari kekurangan pesaing dan banyak lagi lainnya. Semoga teman-teman bisa melihat dengan segera potensi bisnis apa yang paling menjanjikan di sekitar teman-teman..

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments