Daftar Investasi Masa Tua Yang Paling Menjanjikan

  • Whatsapp
Daftar Investasi Masa Tua Yang Paling Menjanjikan

Berinvestasi menjadi salah satu cara buat menggandakan kekayaan sekaligus mengamankan keuangan. Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu coba, tergantung tujuan finansial kamu. Pengin dapat untung cepat, ada investasi jangka pendek. Pengin dipakai pas pensiun nanti, ada investasi jangka panjang.

Memang sih kalau dipikir-pikir lebih untung pilih investasi jangka pendek. Soalnya, untungnya lebih cepat terlihat. Beda banget dengan investasi jangka panjang yang mesti sabar menanti untung. Walaupun begitu, investasi jangka pendek lebih berisiko lho ketimbang investasi jangka panjang.

Read More

Makanya gak sedikit orang yang mikir-mikir dulu sebelum pilih investasi jangka pendek. Soalnya risikonya itu bisa bikin kamu tekor. Itulah sebabnya investasi jangka panjang cenderung dipilih. Kenapa? Sekalipun ada risiko, investasi jangka panjang jelas lebih aman. Apalagi, untungnya lebih pasti.

Nah, buat kamu yang udah mantap buat berinvestasi, nih ada beberapa pilihan investasi jangka panjang yang pas banget jadi pilihan.

1. Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Investasi pada emas juga terbilang cukup mudah karena hanya perlu pergi ke toko emas dan menyimpannya di rumah. Namun, dibanding emas perhiasan lebih baik memilih emas batangan apabila tujuannya mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal itu disebabkan karena emas batangan tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan apalagi yang bersertifikasi Antam.

2. Tabungan Berjangka

Namanya emang tabungan. Namun, tabungan yang satu ini lebih dari sekadar tabungan. Bunganya jelas lebih besar dari tabungan biasa. Udah gitu, dengan berinvestasi di tabungan berjangka, kamu diberikan keuntungan tambahan, yaitu adanya fasilitas asuransi jiwa. Enaknya lagi, rata-rata tabungan berjangka gak mengenakan biaya tambahan buat bayar premi asuransi. Jadi, bisa dibilang kamu dapat asuransi gratis.

Karena ini tabungan berjangka, kamu baru bisa menikmati keuntungannya begitu tiba waktunya jatuh tempo. Bisa aja sih kamu ambil sebelum jatuh tempo. Tapi kamu mesti keluarkan biaya sebagai penalti.

Di sini ada beberapa rekomendasi tabungan berjangka yang boleh jadi pilihan berinvestasi. Mulai dari Mandiri Tabungan Rencana, Tabungan Berjangka CIMB Niaga dan lainnya. Tinggal dipilih aja mana yang sesuai dengan kriteriamu.

3. Deposito

Deposito menjadi salah satu jenis investasi yang cukup diminati, karena memiliki keuntungan yang cukup menggoda karena bunga yang ditawarkan tinggi. Instrumen investasi ini secara tidak langsung membuat seseorang menabung secara rutin dalam jangka waktu yang sudah disetujui di awal sehingga sangat cocok digunakan untuk tabungan hari tua.

4. Saham Blue Chip

Emang benar investasi saham risikonya lebih tinggi ketimbang emas. Tapi untungnya tentu lebih besar daripada investasi emas. Lagi pula ada kok saham yang bisa dijadikan investasi jangka panjang, yaitu saham blue chip.

Kalau didefinisikan, saham blue chip adalah saham yang punya kapitalisasi besar. Kapitalisasi ini didapat dari harga saham dikalikan lembar saham yang beredar di pasaran. Nah, yang dikategorikan saham blue chip itu adalah yang nilai kapitalisasinya di atas Rp 10 triliun. Makin besar kapitalisasinya, makin mahal harga sahamnya. Udah pasti modal perusahaan itu makin kuat. Dengan begitu, perusahaan  bisa berkembang pesat.

Di samping itu, saham blue chip punya risiko lebih kecil ketimbang saham-saham lainnya, seperti saham lapis dua dan lapis tiga. Saham blue chip juga lebih mudah dijual atau likuid ketimbang saham-saham lainnya. Gak heran kalau saham ini jadi rebutan.

Nah, itu tadi empat pilihan investasi jangka panjang yang dipilih banyak orang. Jadi, udah tahu belum pilihan investasi mana yang bakal kamu ambil? Ingat, pilih yang menurutmu mudah dilakukan. Begitu satu udah paham, kamu bisa berinvestasi ke instrumen yang lain.

5. Reksadana Saham

Reksadana saham saat ini sedang digandrungi oleh milenial karena bisa dimulai dengan modal yang kecil. Reksadana saham sebenarnya sama dengan investasi saham biasa. Yang membedakannya adalah di reksadana akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) dalam memilih produk saham terbaik, terutama untuk investor pemula.

Jangan ragu berinvestasi sekarang agar masa depan di hari tua terjamin!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments