Daftar Uang Kertas Dengan Harga Fantastis Di Indonesia, Bisa Bikin Kamu Mendadak Kaya

  • Whatsapp
Daftar Uang Kertas Dengan Harga Fantastis Di Indonesia, Bisa Bikin Kamu Mendadak Kaya

Untuk kamu yang punyai satu helai uang kertas ini dapat kaya tiba-tiba, harga tambah mahal dari uang coin.

Uang Rp 1,5 miliar hasil dari pemasaran selembar uang paling mahal di Indonesia ini dapat dibelikan 63 unit Yamaha FreeGo ABS. Yamaha FreeGo S versus ABS sendiri dibandrol Rp 23.465.000 untuk satu unitnya.

Mahalnya harga uang kertas ini dianggap sendiri oleh kolektor uang kuno. “Saat ini saja harga telah jadi Rp1,5 M,” kata Ali Budiono, kolektor uang kuno diambil dari Tribunenews.com.

Simak juga: Daftar Besaran Upah Pensiun PNS di Indonesia, Janda Pensiun PNS Bisa Begini Tentu saja nilai uang-uang ini telah tambah mahal dari uang coin Rp 750 ribu yang diciptakan Bank Indonesia karena dibuat dari emas.

Uang-uang kertas ini harga jadi benar-benar mahal karena mempunyai riwayat yang kaya. Beberapa kolektor itu tidak hanya tiba dari dalam negeri, tetapi datang dari luar negeri.

Uang-uang ini jadi incaran banyak kolektor dengan hoby numimastik atau kumpulkan uang kuno dan sangat jarang. Selanjutnya, berikut daftar uang kuno paling mahal di Indonesia yang bernilai sampai Rp 1,5 miliar.

1. Uang 200 Gulden Seri JP Coen

Mencuplik dari situs sah Bank Indonesia, De Javasche Bankwet jadi bank sentra di Hindia Belanda pada 1892 gantikan Oktroi. Bank ini keluarkan uang gulden, satu diantaranya dalam seri Jan Pieterszoon (JP) Coen mengarah nama Gubernur Jenderal VOC pada era ke-17.

Gulden JP Coen ini paling akhir keluar pada 1925-1931. Seri Gulden JP Coen ini menjadi satu diantara uang kertas kuno paling langka dan paling mahal di Indonesia.

Uang 200 Gulden ini ada dua tipe: bertanda tangan Praasterink atau Lighart.

2. Uang 500 Gulden Seri JP Coen

Uang 500 Gulden sekarang ini bernilai tambah mahal dari 200 Gulden karena nominalnya serta lebih sangat jarang. Kolektor uang cuman mendapati 500 Gulden Coen bertanda tangan Praasterink.

3. Uang 1.000 Gulden Seri JP Coen

Uang 1.000 Gulden JP Coen ini masuk ke tiga besar uang paling mahal di Indonesia. Uang ini lebih sangat jarang dari 2 tipe Gulden awalnya. Kolektor perlu berhati-hati karena uang asli 1.000 Gulden JP Coen mempunyai tanda-tangan Praasterink sebagai pertanda orisinalitasnya.

4. Uang 300 Gulden Seri JP Coen

Uang 300 Gulden ialah buruan terlangka antara nominal Gulden JP Coen yang lain. Uang ini betul-betul susah diketemukan kembali sekarang ini. Sekarang ini, uang seri Gulden JP Coen ini disebutkan cuman sejumlah tidak lebih dari 10 di Indonesia.

5. Uang Seri Wayang 1934-1939

Bank Indonesia menyebutkan seri wayang sebagai uang kertas paling akhir De Javasche Bank, saat sebelum Pemerintahan Hindia Belanda berserah ke Jepang.

Mencuplik Daftar Uang Kertas Indonesia 1782-1996, ada delapan nominal yang tersebar, yaitu 5, 10, 25, 50, 100, 200, 500, dan 1000 Gulden. Ada tiga macam tanda-tangan dalam uang Gulden Seri Wayang ini. Pertama seri tanda-tangan Praasterink dan B. Wichers yang diciptakan pada 1934-1937.

Lalu, seri tanda-tangan Waveren dan B Wichers (1937-1939). Ke-3 , R.E. Smits dan B Wichers (1939). “Saat ini saja harga telah jadi Rp1,5 M,” kata kolektor uang kuno Ali Budiono, diambil dari Tribunenews.com.

Pada harga dengan tinggi itu, satu set seri Gulden Wayang ini jadi uang paling mahal di Indonesia dan paling dicari kolektor.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments