Daftar Usaha Yang Bisa Laris Manis Setiap Hari

  • Whatsapp
Daftar Usaha Yang Bisa Laris Manis Setiap Hari

Setiap usaha pasti membutuhkan proses untuk berkembang. Belum tentu usaha tersebut bisa langsung memberikan keuntungan pada beberapa bulan pertama. Bisa jadi keuntungan sudah didapat, tetapi masih harus diputar lagi untuk membiayai operasional usaha atau membeli berbagai keperluan usaha tersebut karena kondisi keuangan usaha yang masih minim.

Namun yang jelas, ada beberapa bidang usaha yang menjual produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau pelanggan setiap hari, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, diantaranya makanan dan pakaian. Bidang usaha seperti kuliner dan berbagai macam jasa masih menjadi yang paling dibutuhkan selama ini.

Read More

Karena produk atau jasanya selalu dicari orang, maka tak heran kalau banyak wirausaha yang memilih bidang tersebut untuk dijadikan ladang menuai keuntungan. Dengan demikian, persaingan usaha di dalamnya pun ketat. Setiap pelaku bisnis akan berusaha untuk bertahan dan memenangkan persaingan dengan memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi pelanggannya dan terus berinovasi.

Kalau kamu berencana memulai suatu bisnis yang laku setiap hari dan mencari peluang usaha apa yang cepat laku? Kamu bisa memilih bidang-bidang tersebut, mulai dari usaha makanan dengan berbagai jenisnya (masakan, kue, makanan ringan, dan sebagainya) hingga berbagai usaha jasa, walaupun tidak ada jaminan jika kamu memilih bidang usaha tersebut maka akan cepat meraup untung besar. Kamu tetap harus menjalankan usaha tersebut dengan penuh kreativitas dan inovasi.

Di bawah ini daftar usaha yang laku setiap hari yang perputaran uangnya relatif cepat, sehingga bisa dijadikan inspirasi buat siapapun yang hendak memulai bisnis baru.

1. Warung Kelontong

Jika anda bermukim di kampung dan bertanya jualan apa yang laku di kampung, maka jawabannya adalah sembako.

Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan mendasar dibutuhkan oleh setiap rumah tangga. Maka dari itu, bisa dipastikan usaha warung kelontong adalah bisnis yang laku setiap hari dengan perputaran uang yang relatif cepat.

Sebelum membuka usaha warung kelontong, ada baiknya memperhitungkan terlebih dahulu ketersediaan modal usaha dan tempat yang akan dijadikan usaha warung kelontong.

Hal yang pastinya harus ada di setiap usaha warung kelontong adalah barang harian cepat laku seperti sembako, mie instan, perlengkapan kamar mandi, rokok, dan kopi bubuk.

Untuk kelengkapan lain, bisa menyesuaikan ingin sebesar apa usaha anda nantinya.

2. Jualan Pulsa, Paket Data Internetdan PPOB

Hampir setiap orang memiliki handphone saat ini, bahkan satu orang mungkin memiliki lebih dari satu perangkat komunikasi mobile ini. Hal itu berarti mereka akan selalu membutuhkan pulsa dan paket internet untuk menghubungi keluarga, teman, saudara dan rekan kerja, serta membutuhkan paket data untuk mengakses internet.

Selain itu, pulsa dan paket internet saat ini juga banyak dibutuhkan untuk berjualan online, video call, online chatting, mengakses media sosial, streaming, dan lain sebagainya.

Usaha ini bisa dimulai dengan modal awal beberapa ratus ribu saja. Cukup dengan  memasang spanduk dan etalase kecil di depan rumah, maka para pelanggan bisa melihat dan mendatangi rumahmu saat mereka butuh pulsa dan paket internet.

Kamu juga bisa berjualan aksesoris handphone, menawarkan servis handphone untuk kerusakan yang ringan, dan juga sekaligus menyediakan layanan Payment Point Online Bank (PPOB) seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, internet, cicilan barang-barang, dan lain-lain.

3. Bisnis Katering

Bisnis satu ini memang sudah menjamur di berbagai pelosok Indonesia, dari perkotaan besar sampai di pelosok pedesaan.

Karena itu untuk memulai usaha satu ini memang agak tricky alias susah susah gampang. Kita tidak boleh lantas langsung membuka usaha katering tanpa survey dan riset terlebih dahulu karena akan membuat usaha ini gagal bersaing.

Jadi sebelum memulai usaha ini, terlebih dahulu anda harus menemukan keunikan yang menjadi pembeda dari produk katering yang anda tawarkan. Apakah varian baru yang belum pernah ada, kualitas dan citarasa yang lebih atau harga yang lebih kompetitif?

Misalnya, usaha katering makanan sehat untuk bekal anak sekolah. Tetapi sebelum memutuskan, jangan lupa cek kompetitor sejenis dahulu tentang produk mereka dan harga yang mereka tawarkan. Jika produk catering anda sudah tepat, bukan tidak mungkin usaha anda menjadi bisnis yang laku setiap hari.

4. Laundry

Usaha jasa mencuci pakaian ini terbukti bukan cuma peluang usaha yang musiman, karena dibutuhkan orang setiap hari. Kemunculannya bahkan semakin menjamur, tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi juga di pemukiman padat penduduk yang terletak di pinggiran kota. Usaha ini biasanya selalu ada di daerah di mana terdapat banyak tempat kost dan rumah kontrakan.

Semakin padatnya aktivitas masyarakat, yang menjadikan mereka lebih membutuhkan jasa mencuci, membuat usaha laundry ini terus berkembang. Buat orang-orang dengan tingkat kesibukan yang tinggi, mencuci pakaian bisa jadi persoalan tersendiri, karena membutuhkan waktu untuk proses mencuci, menjemur dan menyetrika yang sangat menguras tenaga. Mereka tidak punya cukup waktu untuk mengurus tumpukan pakaian kotor mereka, sehingga perlu bantuan untuk menjadikannya kembali rapi, wangi, dan siap dipakai tanpa harus repot mengerjakan semua itu sendiri.

Usaha jasa mencuci pakaian ini biasanya menerapkan tarif per kilogram baju yang akan dicuci. Dengan semakin banyaknya usaha laundry, maka setiap pemilik usaha pasti ingin menarik minat pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya dengan menyediakan jasa menjemput pakaian di rumah pelanggan, dan mengantarkannya kembali ke rumah pelanggan ketika pakaian tersebut sudah bersih, rapi, dan wangi.

5. Jasa Cuci Motor/Mobil

Keberadaan jasa cuci motor dan mobil juga semakin banyak karena pengguna kendaraan bermotor yang meningkat tajam. Saat ini tidak hanya di perkotaan, namun kendaraan bermotor juga sudah menjadi sarana transportasi wajib di desa maju dan berkembang.

Banyaknya kendaraan bermotor, tentu saja mendorong hadirnya bisnis yang berkaitan dengan perawatan kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya adalah jasa cuci motor atau mobil. Usaha satu ini relatif mudah digeluti karena modal usahanya yang tidak terlalu besar, namun hasilnya lumayan karena termasuk bisnis yang laku setiap hari.

Untuk memulai usaha ini, selain persiapan tempat dan karyawan, anda harus mempersiapkan peralatan seperti mesin kompresor, pompa dan tangki air, dan perlengkapan cuci motor. Karena ini bisnis jasa, usahakan memberikan layanan yang terbaik agar konsumen puas dan bisa memberikan feedback positif untuk usaha anda.

6. Warung Kopi / Coffee Shop

Usaha warung kopi bisa dibilang sebagai usaha yang bisa laku setiap hari. Usaha ini memang memiliki prospek peluang usaha yang bagus, terlebih jika berada di lokasi yang tepat. Warung kopi biasanya banyak kita jumpai di lokasi yang ramai, misalnya di sekitar kampus dan perkantoran, di dekat terminal dan stasiun, bahkan di daerah pemukiman, terlebih yang banyak terdapat tempat kost.

Banyak orang yang ingin membuka usaha warung kopi dengan modal yang tidak terlalu besar lalu memilih untuk berjualan sajian “merakyat” yang jadi favorit banyak orang dengan harga yang terjangkau, misalnya mie instan, gorengan, dan kopi.

Jika warung kopi adalah usaha tradisional, maka coffee shop bisa dibilang sebagai bentuk modern dari warung kopi. Dengan tempat yang lebih nyaman, pilihan menu yang berbeda dan harga yang lebih mahal tentunya, coffee shop menargetkan segmen konsumen yang berbeda dari warung kopi.

7. Bisnis Laundry

Bisnis satu ini termasuk yang sedang hits terutama di daerah pemukiman padat penduduk. Usaha laundry termasuk bisnis dengan prospek yang sangat baik apalagi dibuka di lokasi strategis yang dekat dengan lokasi target konsumen yang dituju.

Tempat yang paling bagus untuk membuka lokasi ini adalah lokasi yang berdekatan dengan kos-kosan, rumah susun, apartemen, mess karyawan, komplek perumahan, atau daerah kontrakan padat penduduk.

Kehadiran usaha laundry di tempat seperti itu akan sangat membantu mereka terutama mereka yang tidak punya waktu atau sarana untuk membersihkan pakaian mereka.

8. Jualan Makanan di Sore/ Malam Hari

Banyak orang yang mencari jajanan di sore hari sebagai makanan selingan untuk dikonsumsi di waktu setelah makan siang hingga menjelang waktu makan malam. Beberapa jenis makanan yang banyak dicari di jam-jam seperti ini antara lain gorengan, martabak, roti bakar, dan lain sebagainya.

Selain jajanan untuk sore hari, banyak pula orang yang mencari makanan di luar untuk makan malam karena berbagai alasan. Bisa jadi karena makanan yang tersedia di rumah sejak pagi sudah habis saat makan siang, mungkin juga karena di sore harinya mereka tidak sempat memasak untuk makan malam, dan sebagainya.

Menu makanan yang biasanya jadi favorit untuk makan malam antara lain nasi goreng, sate, ayam goreng, ayam bakar, soto dan sebagainya. Tentu saja ini menjadi kesempatan usaha bagi siapapun yang bisa memanfaatkannya, dengan mempertimbangkan peluang di daerah masing-masing.

9. Bisnis Barbershop

Bisnis barbershop tidak boleh luput dari daftar bisnis yang laku setiap hari karena potensi usahanya yang menjanjikan, apalagi jika dibuka di daerah yang padat penduduk. Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini relatif kecil dan hasilnya jika usaha anda ramai, omsetnya bisa mencapai  1 hingga 2 juta rupiah dalam sehari.

Selain sewa tempat dan karyawan, yang perlu anda persiapkan untuk memulai bisnis ini adalah perlengkapan mencukur rambut, seperti pisau cukur, gunting, dan cermin. Jika diperlukan, mungkin anda bisa menambahkan perlengkapan creambath sebagai daya tarik di barbershop anda nantinya.

10. Jualan Menu Sarapan

Pagi hari adalah waktu yang tersibuk bagi banyak orang, karena mereka harus bergegas untuk memulai berbagai aktivitas. Para pekerja harus segera berangkat ke tempat kerja masing-masing. Orang tua pun harus menyiapkan anak-anak mereka untuk pergi ke sekolah, sehingga banyak yang tidak sempat memasak sendiri untuk sarapan.  Tak jarang sarapan pun terlewatkan atau hanya seadanya saja.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang laku setiap hari dengan membuka usaha sendiri di rumah, yaitu berjualan menu sarapan yang biasanya diminati banyak orang, misalkan nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, soto, nasi pecel, ataupun nasi dengan berbagai macam sayur dan lauk pauk.

Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, mungkin hanya sekitar Rp  2 hingga 3 juta saja untuk memulai. Selain butuh modal, kamu hanya perlu terampil dalam memasak makanan yang lezat. Memang sudah banyak orang yang membuka usaha semacam ini, tetapi tidak ada salahnya mencoba dengan sesuatu yang lebih baik atau lebih unik ketimbang yang sudah ada, karena peluangnya selalu ada.

Apapun bisnis pilihan anda, pastikan anda memiliki tekad yang kuat dengan didukung dengan analisa pasar untuk memulai bisnis tersebut.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments