Deratan Investasi Dengan Modal Kecil Yang Aman Untuk Pemula

  • Whatsapp
Deratan Investasi Dengan Modal Kecil Yang Aman Untuk Pemula

Pengertian Investasi Modal Kecil

Investasi modal kecil adalah investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim, biasanya di bawah 1 juta rupiah. Karena tidak memerlukan dana yang banyak membuatnya cocok untuk pemula mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga dan bisa mencetak profit harian yang menjanjikan tanpa perlu uang yang banyak.

Banyak jenis investasi terpercaya dengan potensi hasil besar yang bisa dipilih, tapi harus paham terlebih dahulu macam-macam tersebut. Termasuk trik seperti apa yang perlu dijalankan, supaya instrumen investasi yang dipilih mampu menguntungkan dengan memberikan output positif pada investor.

Read More

Jenis Investasi Modal Kecil Untung Besar

Instrumen investasi berikut ini bisa dijadikan pilihan buat Anda yang punya modal kecil tapi menginginkan keuntungan besar dari sebuah investasi. Coba kenali dan pelajari, lalu pilih yang cocok dengan kondisi dan kemampuan Anda.

1. Reksa dana cocok sebagai pilihan investasi modal kecil

Reksa dana menjadi salah satu jenis investasi yang kini banyak dilirik orang. Tak hanya mereka yang udah melek investasi, para investor awam pun mulai terjun ke investasi satu ini. Pasalnya, kamu udah bisa investasi dengan modal kecil, yaitu sekitar Rp 100 ribu. Bahkan, ada beberapa sekuritas menawarkan investasi reksadana dengan modal Rp 50 ribu aja.

Selain itu, uang yang kamu alokasikan untuk investasi reksa dana juga akan dikelola manajer investasi yang sudah ahli di bidangnya. Jadi, gak perlu sebentar-sebentar mengecek pergerakan saham, kamu tinggal duduk manis di rumah dan tunggu uangmu beranak pinak.

2. Emas

Dari dulu sampai sekarang, emas masih menjadi instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan bagi pemula dengan modal kecil. Dulu investasi emas dilakukan dengan membeli emas perhiasan atau batangan, kemudian disimpan dan dijual ketika harga emas sudah naik drastis atau dijual ketika Anda membutuhkan uang.

Sekarang, sudah banyak jenis emas yang bisa dijadikan instrumen investasi. Ukuran dan beratnya juga bervariasi, sehingga pembelian bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia. Anda bisa juga memanfaatkan lembaga terpercaya untuk melakukan investasi ini.

3. Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI)

Produk reksa dana berbasis syariah menjadi salah satu produk unggulan Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Untuk mulai berinvestasi di reksa dana ini, Anda hanya membutuhkan modal awal mulai dari Rp10 ribu, begitu juga dengan setoran atau pembelian selanjutnya.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan MSSI, antara lain: proses pencairan yang lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja, hasil investasi yang bebas pajak, dan sebagainya. Meski menggunakan sistem syariah, MSSI ini bisa diakses oleh siapa saja, selama yang bersangkutan memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Manulife.

Untuk mengakses produk investasi yang satu ini, Anda hanya perlu mengunjungi kantor Manulife yang dekat di sekitar tempat tinggal Anda.

5. Aset Kripto

Salah satu aset kriptokurensi yang sedang naik daun adalah bitcoin atau disebut uang virtual. Harganya akan terus meningkat setiap saat, bahkan beberapa waktu lalu satu bitcoin sudah mencapai Rp. 900 ribuan dan pernah mencapai angka tertinggi Rp. 500 juta untuk satu koin.

Untuk pemula, Anda bisa menggunakan aplikasi kripto yang sudah terpercaya. Kemudian beli pecahan bitcoin terkecil yang harganya cukup murah yaitu puluhan ribu saja. Mirip dengan saham, pergerakan nilai jualnya harus dipantau sehingga saat harga melambung tinggi maka Anda bisa menjualnya dan dapat untung.

6. Barang koleksi

Investasi itu gak melulu soal reksadana maupun emas batangan. Tapi, barang koleksi juga bisa menjadi aset sangat menjanjikan di masa depan. Salah satunya, mainan lego yang kini harganya udah fantastis banget. Padahal, dulunya mainan tersebut bisa kamu beli dengan hanya mengeluarkan bujet ratusan ribu rupiah.

Selain itu, uang kuno juga kini banyak menjadi incaran para kolektor. Bahkan, gak sedikit kolektor yang berani bayar uang kuno milikmu dengan nominal ratusan juta rupiah.

7. Properti

Ada yang bilang kalau investasi di bidang properti itu butuh modal besar, tapi sebenarnya Anda bisa memilih jenis properti yang disesuaikan dengan modal yang tersedia. Apalagi saat ini sudah ada aset properti yang disediakan dengan sistem kredit, namun sudah bisa dimanfaatkan sebagai milik sendiri.

Artinya, selama proses pelunasannya Anda bisa memanfaatkan aset tersebut untuk menghasilkan uang. Misalnya tanah, rumah, apartemen, dan lain sebagainya.

Plus Minus Investasi Modal Kecil

Bagaimana dengan plus minus dari investasi dengan modal kecil? Tentunya ada dan Anda juga perlu mengetahuinya sebelum berinvestasi.

Nilai Plus

1. Minim Rugi

Kerugian yang akan didapat tentunya lebih kecil, sebab modal yang digelontorkan juga kecil.

2. Perputaran Modal Relatif Cepat

Dari pengalaman sejumlah investor, ketika modal kecil dipakai untuk investasi maka perputarannya juga akan cepat. Tapi, memang akan berbeda waktunya sesuai jenis investasi yang dipilih.

3. Bisa Dilakukan Siapa Saja

Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal berapa saja, jadi tak ada salahnya buat kaum milenial yang ingin mulai mencoba investasi.

Nilai Minus

1. Instrumen Terbatas

Tidak semua instrumen investasi bisa dimanfaatkan untuk Anda yang punya modal kecil. Makanya, harus ekstra keras menentukan besaran modal dan jenis investasinya.

2. Keuntungan Terbatas

Jika Anda ingin mendapatkan untung cepat, tentunya jumlah keuntungan akan terbatas sesuai dengan modal yang digunakan. Tapi, untuk investasi seperti saham dan kripto bisa saja keuntungan menjadi berlipat ganda mengikuti pergerakan di bursa saham.

Jika kamu masih bingung investasi apa yang tepat untuk kamu, coba ketahui terlebih dahulu profil resiko investasimu dengan mengikuti kuis berikut ini:

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments