Deretan Artis Berikut Pernah Alami Kebangkrutan Dalam Berbisnis

  • Whatsapp
Deretan Artis Berikut Pernah Alami Kebangkrutan Dalam Berbisnis

Bukan menjadi hal baru di dunia hiburan Tanah Air, selebriti ikut berkecimpung di ranah bisnis. Tak selalu sukses, deretan seleb ini juga pernah mengalami kegagalan dalam merintis usaha. Mengalami kerugian hingga miliaran rupiah pun sempat dialami beberapa seleb.

Meski mengalami kerugian yang besar, selebriti Tanah Air ini pun tak merasa kapok dalam menjalankan bisnis. Hal tersebut justru menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga untuk ke depan.

Read More

Ini dia deretan artis Indonesia yang pernah gagal berbisnis dihimpun dari berbagai sumber:

1. Raffi Ahmad

Tidak banyak yang tahu jika artis yang sedang berada di puncak karirnya ini pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Kerugian hingga miliaran rupiah ternyata pernah dirasakan Raffi Ahmad ketika ia membuat bisnis restoran.

Meskipun begitu, rupanya Raffi Ahmad tak patah semangat dan masih mencoba untuk mengembangkan bisnis di bidang lain seperti kuliner hingga clothing.

2. Dude Harlino

Sebelum sukses dengan bisnis oleh-oleh kekinian Jogja Scrummy, Dude Harlino pernah mengalami gagal dalam mengembangkan usahanya. Suami dari Alyssa Soebandono ini pernah membuka restoran bertajuk Sushi Miyabi. Usaha kuliner khas Jepang ini pun sempat populer hingga muncul beberapa cabang.

Pembukaan cabang yang semakin banyak ini bukan mendatangkan pundi-pundi uang. Ayah dua anak ini justru mengalami kebangkrutan lantaran banyak anak cabang yang mengalami kerugian. Hal tersebut berimbas pada Dude.

3. Baim Wong

Tidak hanya Raffi Ahmad dan dude herlino saja, baim Wong juga pernah mengalami kerugian berjumlah miliaran saat merintis Bakmi Wong. Sosok yang memang dikenal sebagai pebisnis ini pun harus merelakan mobilnya dijual untuk menutupi kerugian tersebut.

Menurutnya, kegagalan tersebut adalah awal dari jalan untuk mencapai kesuksesan.

4. Teuku Rassya

Masih muda, Teuku Rassya pun tak gentar untuk mengeluti dunia bisnis. Cowok kelahiran 1999 ini pernah membuka usaha jual beli ponsel di ITC. Toko yang menjual berbagai gawai ini pun sepi peminat lantaran berada di lantai dua. Ia pun mengalami kerugian besar. Meski demikian, Teuku Rassya tak trauma dan kini mulai mendalami bisnis garment seperti clothing line bersama teman-temannya.

5. Chef Juna

Statusnya sebagai salah juri dari sebuah program memasak tak menjamin kesuksesan bisnisnya di bidang kuliner. Buktinya, Restoran Correlate miliknya harus bangkrut karena sepi peminat.

Saat masih beroperasi, restoran milik Chef Juna ini menyajikan makanan khas Jepang. Namun, perkembangan positif yang tak kunjung datang selamat 1 tahun membuatnya harus menutup restoran ini.

6. Donna Agnesia

Dona Agnesia bersama suami membuka resto Meet the Beef. Tak bertahan lama, bisnis yang telah dirintis sejak 2011 harus gulung tikar. Donna enggan memberikan penjelasan terkait penyebab tutupnya usaha kuliner Meet the Beef pada media. Kejadian tersebut sempat membuat presenter olahraga ini berpikir dua kali untuk kembali terjun di dunia bisnis.

7. Marcel Chandrawinata

Adik dari Nadine Chandrawinata, Marcel Chandrawinata pernah mengalami kerugian hingga Rp 3,5 miliar saat bisnis tas ekspor dan impor. Tak hanya sekali, kembaran dari Mischa ini pun mengungkapkan pernah beberapa kali gagal dalam membangun bisnis di antaranya bengkel. Kegagalan Marcel dalam berbisnis ini disebabkan karena terlalu percaya dengan rekan bisnis. Tak ada perjanjian hitam di atas putih seperti bisnis lainnya. Berangkat dari pengalaman itu, Marcel pun tak akan mengulangi kejadian pahit tersebut.

8. Revalina S Temat

Aktris Revalina S Temat pun mengalami hal sama dengan Dude Harlino. Beberapa tahun yang lalu, Revalina membuka usaha kuliner khas Jepang yang diberi nama Terminale. Resto yang sempat buka di kawasan Kelapa Gading Jakarta ini pun akhirnya tutup karena sepi pengunjung. Padahal sebelum membuka resto Terminale, ibu satu anak ini telah membuka resto serupa yang bertajuk Takigawa.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments