Faktor Penting Keberhasilan Dalam Sebuah Usaha

  • Whatsapp
Faktor Penting Keberhasilan Dalam Sebuah Usaha

Belakangan ini banyak orang yang tertarik dengan dunia wirausaha, terlebih setelah melihat langsung para pebisnis yang sukses menjalankan wirausaha hingga meraih omset sekian. Bahkan para pekerja kantoran banyak yang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan banting stir di dunia wirausaha.

Tentu sangat menggiurkan ketika kita melihat contoh yang sudah sukses, tapi jangan lupa untuk melihat setiap cerita di balik kesuksesan mereka. Ada banyak hal yang perlu dipelajari karena pada faktanya beberapa dari mereka juga harus mengalami kepahitan terlebih dahulu sebelum usahanya bisa sesukses sekarang.

Read More

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuskesan wirausaha yang bisa Anda pelajari.

1. Niat yang sangat kuat

Niat yang sangat kuat akan membuatmu lebih serius untuk mencapai tujuan usaha. Mendirikan bisnis dari bawah itu membutuhkan usaha yang ekstra. Kamu tidak perlu menjadi anak orang kaya dulu ketika ingin mendirikan usaha.

Modal utama yang dibutuhkan adalah niat yang sungguh-sungguh. Dalam keadaan apapun, niat yang kuat ini akan membantumu untuk terus maju ke depan.

2. Pengetahuan tentang kewirausahaan

Yang pertama adalah pengetahuan atau wawasan si pengusaha tentang kewirausahaan. Kewirausahaan adalah aktivitas dalam mendirikan usaha, mengkalkulasikan kebutuhan finansial, untuk mendapatkan keuntungan.

Artinya, kamu harus punya pengetahuan tentang aktivitas-aktivitas bisnis, seperti misalnya, menghitung kas, alokasi modal, strategi pemasaran, dan lain-lainnya. Khususnya yang berkaitan dengan bidang bisnis yang sedang dijalani.

Banyak sih orang yang gak memiliki faktor penentu tingkat keberhasilan usaha yang satu ini, tapi untuk menyiasatinya, mereka merekrut orang-orang yang andal dalam bisnis untuk bekerja sama.

3. Memiliki modal yang cukup

Meskipun telah memiliki semangat dan tekad, Anda juga perlu memiliki modal untuk menjalankan dan megembangkan bisnis Anda. Modal merupakan komponen utama dalam wirausaha yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Jadi sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk bidang usaha yang akan Anda jalani agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar.

4. Pantang menyerah walaupun gagal berkali-kali

Banyak yang gagal menjalankan usahanya karena itu adalah hal yang wajar. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa mengalami kegagalan dalam usahanya, tapi keberhasilan hanya bisa diraih oleh mereka yang mau mencoba sekali lagi.

Kegagalan akan menjadi pelajaran terbaik bagi mereka yang berwirausaha karena mereka tahu salahnya dimana, dan akan mencoba mencari solusi yang terbaik.

5. Berani mengambil tindakan 

Keinginan untuk berwirausaha pasti banyak dimiliki orang, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang berani bergerak.

Siapa sih yang gak pengin punya bisnis sendiri? Tapi, kalau cuma mikirin konsep doang dan gak ada tindakan ya gak bakal jalan-jalan itu bisnis.

6. Tahu persis akan target pasar

Pastikan Anda juga tahu siapa yang menjadi target pasar Anda. Dalam hal ini, target pasar yang tepat merupakan faktor yang juga menentukan sukses tidaknya wirausaha. Ketika Anda berbisnis di tempat dan waktu yang tepat, maka kemungkinan besar bisnis Anda pun akan sukses. Lain ketika Anda berbisnis dengan target pasar yang salah, maka kemungkinan untuk sukses pun kecil.

7. Percaya diri 

Percaya terhadap diri sendiri juga menjadi faktor keberhasilan wirausaha. Wajar saja kamu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, karena bisnis tersebut kamu yang membangun dan kamu yang menjalankan.

Ketidakpercayaan terhadap diri sendiri bisa menghambat pengambilan setiap keputusan dalam berbisnis.

8. Pelayanan yang baik

Sebuah usaha yang siap berkembang adalah usaha yang memiliki pelayanan yang baik. Ketika Anda ramah dan baik pada pelanggan, maka Anda akan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Dalam berbisnis Anda perlu mencari pelanggan, bukan hanya pembeli saja yang hanya membeli produk Anda sekali. Anda perlu pelanggan yang artinya konsisten menggunakan produk yang Anda tawarkan

9. Networking yang luas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu tidak bisa mendirikan sebuah usaha seorang diri. Pasti kamu membutuhkan orang yang bisa membantumu. Untuk itulah kamu memerlukan koneksi yang luas agar bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih baik.

Jangan ragu juga untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Hal itu juga akan membawamu untuk mengetahui dan mengenal orang-orang baru yang bisa berpengaruh terhadap bisnismu.

10. Melakukan promosi yang tepat sasaran

Promosi yang tepat sasaran ini maksudnya adalah ketika kamu melakukan promosi pada orang yang tepat. Contoh sederhananya saja, jika kamu menggunakan promosi endorse selebgram, kamu harus memastikan bahwa selebgram itu ada hubungannya dengan produk barang dan jasa yang kamu tawarkan.

Misalnya saja jika kamu menjual berbagai macam sambal, pilihlah selebgram yang hobi kulineran atau jika kamu berhasil menemukan selebgram yang suka dengan sambal itu akan jadi lebih baik.

Konten selebgram hobi kulineran biasanya tidak jauh dari makanan, yang mengikutinya pasti tertarik karena makanan-makanan yang disajikan.

11. Inovasi dan kreativitas tinggi

Faktor lain yang mempengaruhi suksesnya kegiatan wirausaha adalah adanya inovasi dan juga kreativitas tinggi dalam membuat dan mengembangkan bisnis. Dalam berbisnis tentu akan ada banyak pesaing yang juga menjalankan bisnis yang sama dengan Anda, untuk itulah penting bagi Anda untuk memiliki inovasi dan kreativitas agar produk Anda berbeda dengan pesaing. Semain kreatif dalam berbisnis, maka peluang untuk sukses pun semakin besar.

Seperti itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu usaha. Uangmu mungkin akan hilang begitu saja, dan kamu harus memulai semuanya dari nol lagi. Namun, selama kamu ingin bangkit, kamu pasti bisa bangkit lagi.

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments