Faktor Penyebab Kegagalan Sebuah Bisnis dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Faktor Penyebab Kegagalan Sebuah Bisnis dan Cara Mengatasinya

Penyebab kegagalan usaha sangat banyak dan bisa karena berbagai faktor. Mengetahui sejak awal faktor pemicu kegagalan usaha sangat penting. Hal itu agar lebih siap untuk mencari jalan keluar supaya usaha dapat tetap dan terus berjalan.

Kegagalan usaha merupakan hal yang lumrah terjadi. Terlebih untuk usaha yang masih baru. Mempelajari faktor kegagalan usaha dari berbagai sumber sangatlah penting. Sehingga saat melakukannya lebih siap dan mengerti apa tantangan dan risiko yang akan kita hadapi.

Faktor yang menyebabkan kegagalan suatu usaha bisa berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Kita dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan tersebut. Caranya dengan mencari jalan keluar supaya terhindar dari kegagalan.

Para ahli mengemukakan pendapat mereka tentang apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan pemilik bisnis untuk menjaga bisnis mereka tetap bertahan. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan bisnis dan tips menghindarinya.

1. Tujuan Bisnis yang Tak Pasti

Apakah alasan utama Anda memulai bisnis sendiri adalah untuk memperoleh uang? Menurut Anda, bila Anda memiliki bisnis sendiri, Anda jadi punya banyak waktu untuk keluarga? Atau Anda tidak ingin menjawab semua pertanyaan ini? Bila demikian, Anda perlu berpikir lagi.

2. Perencanaan yang Kurang Matang

Dalam menjalankan bisnis, perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan pertama kali. Rencana bisnis tidak perlu sempurna, namun harus tepat dan dipikirkan secara matang. Dengan melakukan perencanaan, Anda dapat menentukan bagaimana bisnis Anda mencapai tujuannya.

Perencanaan juga dapat dipakai sebagai alat pengendalian kegiatan operasional perusahaan. Dengan adanya sebuah rencana, Anda juga dapat memilih dan menetapkan apa saja kegiatan yang diperlukan dan tidak diperlukan, serta melakukan seluruh kegiatan secara teratur sesuai dengan tahap-tahap yang telah ditentukan.

Jika perencanaan bisnis tidak dipikirkan dengan matang, hal ini akan berdampak langsung pada kegiatan operasional bisnis yang mengakibatkan kegagalan bisnis atau bahkan pailit.

3. Kurang Pengalaman dalam Bidang Pemasaran

Salah satu kunci kesuksesan suatu usaha yaitu pemasaran yang tepat dan benar. Wirausahawan yang tidak mengerti tentang pemasaran bisa menjadi penyebab kegagalan usaha yang akan membuat usahanya hancur.

Di Jaman digital yang sudah canggih ini segala promosi dapat menggunakan media digital. Apabila terpaku melakukan pemasaran secara tradisional akan membuat usaha menjadi semakin terpuruk.

4. Manajemen Bisnis Buruk

Banyak kegagalan bisnis berakar pada manajeman yang buruk. Para pemilik bisnis yang masih baru sering kali kurang memiliki keahlian dan manajemen bisnis di bidang seperti keuangan, penjualan, produksi, dan perekrutan dan pengaturan pegawai. Kecuali mereka menyadari langkah keliru yang ditempuh dan mencari bantuan, pemilik bisnis bisa segera berhadapan dengan ancaman kegagalan.

5. Takut Mengambil Risiko

Setiap kegiatan pasti memiliki sebuah risiko, salah satunya kegiatan bisnis. Banyak pengusaha yang gagal menjalankan bisnis karena takut mengambil risiko, misalnya risiko dalam menghadapi persaingan, risiko dalam masalah keuangan, dan lain sebagainya.

Jika Anda termasuk salah satu pengusaha yang takut mengambil risiko, berarti mental Anda belum siap menjadi seorang pengusaha. Kenyataannya, kebanyakan orang sukses adalah mereka yang berani mengambil risiko.

6. Kekurangan Modal

Kesalahan fatal yang biasa dialami kebanyakan bisnis yang gagal adalah memiliki dana operasional yang tidak memadai. Pemilik bisnis meremehkan jumlah uang yang dibutuhkan dan akhirnya mereka terpaksa tutup sebelum memiliki kesempatan untuk berhasil. Mereka juga memiliki ekspektasi yang tidak realistis tentang pendapatan dari penjualan.

Sangat penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan bisnis Anda, tidak hanya biaya memulainya, tapi biaya untuk tetap bertahan dalam bisnis ini. Satu hal yang perlu Anda pertimbangkan, banyak bisnis membutuhkan waktu satu atau dua tahun untuk beroperasi. Ini berarti Anda akan membutuhkan dana yang cukup untuk menutupi semua biaya hingga penjualan bisa menutup semua pengeluaran ini.

7. Tidak Berani Mencoba

Mencoba hal-hal baru tentu dapat memberikan suatu ide baru dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, banyak pengusaha yang telah nyaman berada di zonanya, sehingga tidak berani mencoba hal baru. Padahal orang yang sukses adalah orang yang mencoba hal baru.

Jika Anda berani mencoba dan terus berusaha, tidak ada kata tidak mungkin dalam sebuah bisnis, namun jika Anda tidak mulai mencoba, sudah pasti Anda tidak akan pernah berhasil. Dengan berani mencoba, Anda sama dengan telah membuat suatu kemajuan dalam sebuah bisnis.

Jadi, mulai sekarang hilangkan rasa ketakutan Anda, dan buang rasa khawatir akan sebuah kegagalan.

8. Terlalu Terburu-buru

Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan karena terburu-buru dalam menjalankan sebuah bisnis, misalnya terburu-buru dalam mengembangkan bisnis. Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru biasanya akan membawa hasil yang kurang baik.

Jadi, sebelum membuat keputusan atau melakukan sesuatu, cobalah pikirkan dengan baik dan buat rencana dengan matang. Dengan begitu, risiko kegagalan dalam bisnis akan berkurang dan keuntungan pun akan segera datang.

Faktor Penyebab Keberhasilan Wirausaha

Selain mengenal faktor penyebab kegagalan usaha, seorang pengusaha juga perlu mengenal apa saja faktor penyebab keberhasilan wirausaha. Berikut ini beberapa faktor yang ikut menentukan keberhasilan seorang wirausaha.

  1. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen supaya konsumen merasa puas dan mau menjadi pelanggan kita
  2. Mengetahui dengan pasti sasaran konsumen yang dituju supaya terhindar dari salah sasaran
  3. Memiliki modal yang cukup dalam menjalankan usaha, sehingga usaha dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana awal memulai usaha
  4. Terus mencari informasi yang berkaitan dengan usaha yang kita jalankan serta menggunakan informasi tersebut secara tepat untuk kemajuan usaha
  5. Dapat memanajemen waktu dengan baik dan jangan asal-asalan supaya usaha tidak terbengkalai
  6. Memiliki karyawan yang ahli dalam bidangnya, sehingga bisa menjadi andalan bila terjadi masalah yang berkaitan dengan usaha

Bila 50 persen bisnis baru mengalami kegagalan, maka ada sekitar 50 persen lainnya yang berhasil. Memulai sebuah bisnis adalah hal yang menantang bagi sebagian orang.  Baik ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis atau Anda sudah menjalankannya, Anda perlu pahami kalau keberhasilannya bergantung pada perencanaan strategis yang terus berlanjut sepanjang berjalannya bisnis tersebut.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments