Harga Sawit Tembus Rekor Tertinggi Dalam Sejarah

  • Whatsapp
Harga Sawit Tembus Rekor Tertinggi Dalam Sejarah

Bila awalnya harga Tandan Buah Fresh (TBS) kelapa sawit sekitaran Rp 1200 perkilo sekarang alami peningkatan berarti jadi Rp 2400 perkilogram.

Peningkatan harga sawit ini membuat beberapa petani bernafsu dan berlomba memetik dan jual buah sawitnya ke pengepul di dusun.

Peningkatan harga itu bahkan juga menurut beberapa petani jadi paling tinggi dalam riwayat.

“Harga ini terhitung yang paling tinggi semenjak dua tahun akhir, dahulu harga TBS sempat jeblok pada harga Rp 600 per kilo pada tahun 2019. Alhamdulillah saat ini naik jadi Rp 2400 perkilogramnya,” ungkapkan Ahmad yang disebut salah satu petani sawit di Dusun Kreasi Mulya Kecamatan Rambang Kapak tengah (RKT) saat diinterviu reporter, Rabu (17/11/2021).

Ahmad dan beberapa petani lain mengharap, peningkatan harga getah karet itu tidak ada sebentar saja tetapi terus akan begitu bahkan juga semakin naik.

“Keinginan kita harga ini masih tetap bertahan semacam ini telah mengucapkan syukur, tetapi kami mengharap naik terus dan tidak jeblok seperti dahulu,” harapannya.

Ditanyakan mengapa harga alami peningkatan berarti, petani sawit ini akui tidak ketahui apa pemicunya.

“Kita tidak paham apa pemicunya, terangnya suka sawit naik,” katanya.

Dalam pada itu, pengepul TBS sawit di Dusun Kreasi Mulya yaitu Hariyono akui, peningkatan harga TBS kelapa sawit telah berjalan sejak mulai beberapa minggu paling akhir.

“Jika pemicunya kata orang karena kelapa sawit bisa saja energi cadangan bahan bakar.

Tetapi ada pula yang mengatakan karena keperluan minyak sayur bertambah, tentunya tidak paham,” katanya.

Ditanyakan berapakah harga TBS ditingkat pengepul, Hariyono menjelaskan dianya beli TBS dari petani pada harga yang bervariatif sesuai kualitas TBS sawit punya petani.

“Untuk harga bervariatif ada yang kita membeli Rp 2300 perkilo ada yang Rp 2400 perkilo sesuai kwalitasnya,” terang Hariyono.

Hariyono menjelaskan, TBS sawit yang dibelinya itu dipasarkan kembali lagi ke pabrik dengan harga Rp 3100 perkilonya dan perusahaan memuat dengan harga Rp3200 perkilo. “Kita mengucapkan syukur semenjak harga sawit naik produksi petani condong bertambah,” imbuhnya

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments