Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan Yang Bisa Kalian Coba

  • Whatsapp
Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan Yang Bisa Kalian Coba

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah salah satu jenis bisnis jasa yang menggunakan kecanggihan teknologi saat membuat suatu produk ataupun dalam proses pemasarannya. Bisnis digital tidak hanya berkaitan dengan penjualan suatu produk tanpa wujudnya saja seperti software. Selain itu, bisnis digital juga tidak melulu tentang produk fisik yang diproduksi dalam bentuk digital seperti ebook.

Jadi, bisnis digital merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website ataupun aplikasi, salah satu contohnya adalah ecommerce.

Read More

Bisnis digital juga bisa berupa barang maupun jasa, contohnya Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi dalam mengembangkan diri, maka Anda bisa menjadi salah satu motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa Anda jadikan inti dari bisnis digital yang Anda jalani.

Dalam prosesnya, terdapat banyak sekali contoh bisnis digital yang telah terbukti memiliki omset yang sangat menggiurkan. Berikut ini akan kami bagikan 8 ide bisnis digital yang bisa Anda coba.

 

Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan

1. Membangun Toko Online

Membangun toko online adalah membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online.

Karena potensi bisnis ecommerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik.

Anda mungkin langsung membayangkan platform ecommerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan bijaksana. Apa saja kelebihannya?

Pertama, toko online Anda akan tampil beda. Baik dari sisi branding maupun kepercayaan pelanggan. Anda bisa dengan leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan mengelola toko online dengan baik menunjukkan Anda seorang penjual yang berpengalaman. Kesan ini kurang bisa muncul ketika bergabung ke marketplace.

Kedua, Anda tidak tergantung dengan pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan mungkin muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda sesuai yang Anda rencanakan.

2. Memulai Bisnis Dropship

Ide bisnis yang satu ini mulai banyak diminati. Karena, praktiknya cukup simpel. Kamu hanya perlu mencari pemasok (supplier) produk lalu mempromosikan produknya. Setelah ada yang mau membeli, barulah kamu memesan produknya ke pemasok. Pemasok lah yang  kemudian mengirimkan barangnya langsung ke konsumen.

Dengan kata lain, kamu berjualan produk orang lain dengan branding tokomu sendiri. Cara ini memungkinkan kamu untuk berbisnis tanpa perlu memikirkan modal atau biaya stok.

Contohnya, kamu bisa mencari produk-produk potensial di online marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Lalu mulai mempromosikan produknya di berbagai saluran seperti website atau media sosial.

3. Bisnis Digital Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu bentuk aktivitas memasarkan produk atau jasa milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Cara kerja dari afiliasi digital ini terbagi menjadi tiga. Pertama, Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada suatu program afiliasi, lalu Anda akan mendapatkan suatu kode referral atau link tertentu.

Kedua, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran produk dengan memanfaatkan website ataupun sosial media. Ketiga, jika ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan ataupun mengikuti link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan.

Saat ini, sudah banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda coba, seperti program afiliasi dari Accurate Partners yang menjual produk software akuntansinya.

4. Menjadi Seorang Youtuber

Perlu Anda ketahui bahwa penghasilan untuk menjadi seorang Youtuber sangatlah besar, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga milyaran rupiah pertahun. Salah satu youtuber sukses di Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak adalah, Ria Ricis. Dia bisa mendapatkan penghasilan sebanyak itu dengan ketekunannya dalam menyuguhkan konten yang menarik di akun Youtubenya.

Mengelola akun YouTube dengan varian konten yang unik sudah terbukti mampu dijadikan suatu bisnis digital yang sangat menggiurkan.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menjadi youtuber adalah Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan yang sama. Anda hanya harus memikirkan apa yang menjadi kemampuan dan keahlian Anda lalu keahlian tersebut Anda tuangkan dengan menyajikan konten yang menarik. Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari menjadi seorang youtuber adalah bisa dari iklan ataupun dari review berbayar yang Anda lakukan.

5. Menjadi Penulis Konten

Selain menulis untuk blog sendiri, kamu juga bisa mencoba menjadi penulis konten di berbagai platform. Carilah platform-platform yang membutuhkan asupan konten tulisan. Contohnya seperti Geotimes atau Mojok.

Jika tulisanmu diterima dan kemudian dipublish, kamu akan meraih keuntungan dari tulisan tersebut. Tentunya nominal penghasilan yang diberikan bervariasi di tiap platform. Cara lain untuk menjadi penulis konten adalah dengan menawarkan jasa menulis di website freelance seperti Fiverr, Upwork atau Sribulancer.

6. Menjadi Blogger

Sebagian besar dari kita tentu sudah sangat mengenal sosok Raditya Dika, dia adalah seorang penulis buku, stand up comedian, dan pemain film. Perjalanan sukses yang dia lakukan berawal dari menulis laman blog pribadi yang saat itu adalah kambingjantan.com.

Namun, jika saat ini Anda sudah memiliki suatu blog, maka pastikanlah agar konten blog Anda memiliki konten yang menarik dan mampu mendatangkan pengunjung. Jika belum, maka Anda bisa coba membuatnya dengan memanfaatkan blogger.com atau wordpress.com. Saat ini sudah banyak sekali tutorial atau cara membuat blog yang bisa Anda cari di mesin pencarian.

Selanjutnya, jika blog sudah jadi, maka Anda harus menjadikan blog Anda menjadi sumber penghasilan. Caranya adalah dengan menyediakan ruang pada blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh banyak blogger lain.

7. Mengajar Online

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus.

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba.  Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online seperti Udemy atau RuangGuru. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri.

Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System).  Jika Anda menggunakan WordPress, banyak tools yang bisa membantu Anda membuat website kursus online dengan mudah.

8. Menjadi Instagram Influencer

Bila Anda memiliki banyak jumlah follower yang banyak pada akun Instagram Anda, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang influencer sebagai suatu peluang yang sangat menjanjikan.

Pada tahap awal, Anda bisa fokus dalam memproduksi konten yang Anda buat. Jika Jumlah follower Anda meningkat, maka tidak menutup kemungkinan akan ada kerjasama dari pihak yang baik dengan cara melakukan posting iklan produk ataupun melakukan review berbayar.

9. Menawarkan Jasa Desain

Desain dalam bentuk apapun–mulai dari poster hingga logo–punya nilai jual yang cukup oke. Jadi kalau kamu punya skill desain, sayang banget kalau tidak dimanfaatkan.

Ada berbagai macam bentuk desain yang bisa kamu jual. Contohnya seperti:

  • Desain logo
  • Desain baju
  • Desain stiker
  • Desain kemasan
  • Desain konten media sosial

Dan sebagainya.. Sama seperti menulis konten, kamu pun bisa menawarkan jasa desain di situs-situs freelance.

10. Menjadi Seorang Podcaster

Podcast adalah suatu konten audio yang bisa diakses secara online dan lebih bersifat on-demand atau sesuai permintaan. Sedangkan podcaster adalah mereka yang membuat atau memproduksi konten audio tersebut.

Beragam platform yang bisa Anda coba gunakan untuk memulai dunia podcasting adalah Spotify dan Anchor. Anda hanya harus menemukan suatu niche yang tepat untuk memulainya. Membuat podcast pun tidak terlalu sulit. Saat ini sudah banyak juga berbagai tulisan atau video yang akan membantu Anda dalam membuat podcast. Anda bisa mencarinya sendiri di mesin pencari atau di YouTube.

Apapun ide yang kamu pilih, langkah terpenting adalah mewujudkannya. Karena jika idenya tidak dipraktikkan, tentu tidak ada hasilnya, bukan?

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments