Ide Bisnis Pertanian Paling Rekomended

  • Whatsapp

Ide bisnis pertanian yang menjanjikan income besar sejatinya cukup beragam. Saat ini, Anda tak perlu bersusah payah mencari lahan yang luas hingga berhektar-hektar. Bisnis pertanian dapat dijalani meskipun dalam lahan yang sempit dan modal seadanya.

Seiring dengan semakin berkembangnya berbagai macam ilmu dan teknologi pertanian, siapapun dapat dengan mudah menjalankan bisnis tersebut.

12 Ide Bisnis Pertanian Paling Brilian dan Dijamin Untung Besar

Anda bingung ingin mencoba bisnis baru yang menjanjikan? Bisnis pertanian bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk menghasilkan income hingga puluhan juta rupiah. Berikut ini beberapa referensi bisnis di bidang pertanian yang patut dicoba dengan modal yang pas-pasan.

1. Budidaya Sayuran Hidroponik

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya asupan makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Sayuran hidroponik sudah mulai menjadi rujukan bahan makanan masyarakat modern.

Jenis sayuran yang dibudidayakan tanpa bahan kimia ini dinilai jauh sehat dibandingkan sayuran konvensional. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakannya. Harga jual sayuran hidroponik juga jauh lebih tinggi sehingga income yang besar dapat diraup dengan mudah.

2. Menjual Bibit Tanaman

Bisnis jual beli bibit tanaman dinilai sangat menguntungkan mengingat pangsa pasarnya cukup luas. Jika Anda seorang pemula yang belum berpengalaman, cobalah untuk menimba ilmu tentang budidaya bibit tanaman kepada rekan yang sudah ulung.

Banyak jenis bibit yang bisa dibudidayakan mulai dari sayuran, tanaman buah, hingga bibit tanaman yang dimanfaatkan kayunya. Harga jualnya memang tidak terlalu mahal, namun Anda bisa membudidayakan dalam jumlah besar. Keuntungan akan semakin melimpah jika tekun dan telaten dalam menjalani bisnis ini.

3. Menjual Pupuk Organik

Pupuk menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat yang bercocok tanam. Ide bisnis berjualan pupuk organik ini terbilang cukup menjanjikan. Berbagai macam pupuk dapat Anda racik untuk setiap jenis tanaman yang berbeda.

Pupuk organik untuk sayuran tentunya sedikit berbeda dengan kebutuhan pupuk untuk tanaman hias. Harga jual pupuk organik terbilang cukup tinggi terutama di perkotaan. Anda dapat meraup omset hingga puluhan juta rupiah per bulan jika pandai memasarkan produk tersebut.

4. Budidaya Rempah-rempah

Rempah-rempah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang demi menciptakan kuliner yang lezat dan mantap. Bermacam macam rempah bisa Anda budidayakan sebagai ide bisnis yang cukup brilian.

Pasalnya, banyak permintaan ekspor dari negara negara tetangga terhadap beberapa jenis rempah tanah air. Selain menjualnya di dalam negeri, Anda bisa memasarkan produk rempah-rempah Anda ke luar negeri. Terpenting bagi Anda adalah menjaga kualitas dari tanaman rempah yang dibudidayakan.

5. Budidaya Tanaman Hias

Minat masyarakat terhadap tanaman hias seakan tak pernah lekang oleh zaman. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai ide bisnis yang menguntungkan. Umumnya, tanaman hias memiliki harga jual yang cukup fantastis. Bagi para pecinta tanaman hias, berapapun harga yang ditawarkan tidak menjadi masalah yang berarti.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah selalu melakukan survey tentang jenis tanaman apa saja yang sedang booming. Sembari menjual tanaman hias, Anda bisa menyediakan aneka alat pertanian yang terjangkau, seperti pasir siap tanam, sekop, pot, dan lain-lain.

6. Jasa Konsultan Pertanian

Ide bisnis pertanian yang satu ini cocok bagi Anda yang pernah belajar tentang ilmu pertanian di perkuliahan. Bukalah jasa konsultasi untuk membantu para petani dalam meningkatkan hasil dan kualitas panen. Hal ini dikarenakan rendahnya kualitas SDM terutama di daerah pedesaan.

Mereka kurang memahami tentang ilmu bercocok tanam yang tepat dan efisien. Selain membuka jasa konsultasi. Anda bisa menawarkan produk atau alat pertanian yang lebih canggih dan modern. Tak perlu biaya yang mahal, Anda bisa membuka hubungan kerjasama dengan beberapa toko pertanian yang sudah dijamin kualitasnya.

7. Budidaya Tanaman Obat

Beberapa tanaman obat sudah mulai langka dan sulit dicari di pasaran. Padahal, permintaan terhadap berbagai macam tanaman obat meningkat tajam beberapa tahun terakhir.

Peluang ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan menjalin kerjasama pada beberapa channel yang lebih paham tentang obat-obatan herbal. Modal yang dibutuhkan tentunya tidak sebanyak jika Anda harus bercocok tanam sayuran di perkebunan.

8. Memasarkan Mesin dan Peralatan Pertanian

Bisnis jual beli mesin dan peralatan tani memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tingginya kebutuhan akan bahan makanan pokok harus diimbangi dengan kualitas hasil pertanian yang meningkat. Anda bisa menawarkan mesin atau alat-alat pertanian yang lebih canggih kepada mereka.

9. Jasa Eksport Import Hasil Panen

Bisnis ini bisa dijalani bagi Anda yang berpengalaman tentang pemasaran di pasar bebas. Jadilah penyedia jasa eksport import tanaman hasil panen ke dalam dan luar negeri.

Anda sangat membantu para petani lokal yang seringkali kesulitan dalam memasarkan produknya. Padahal, permintaan ekspor dari negeri tetangga cukup tinggi untuk beberapa jenis hasil pertanian Indonesia.

10. Bisnis Pengepul Padi

Meski terlihat sepele, menekuni bisnis sebagai pengepul padi bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Berawal dari mengumpulkan padi-padi kering dari petani lokal.

Selanjutnya, Anda bisa menjualnya kembali ke pabrik penggilingan padi dalam harga yang lebih tinggi. Alternatif lainnya, Anda bisa menjual padi yang telah digiling menjadi beras ke perusahaan Bulog.

11. Budidaya Sayur Sosin atau Sawi Hijau

Sayuran sawi hijau atau dikenal dengan sebutan sosin memiliki prospek yang cukup bagus. Anda dapat menikmati hasil panen tanaman sosin kurang dari satu bulan.

Permintaan terhadap sayuran sawi hijau juga cukup tinggi di pasaran sehingga bisnis ini cukup menjanjikan. Harga bibit sosin yang berkualitas terbilang murah. Cara budidayanya juga cukup mudah dan simpel sehingga bisa dengan mudah Anda praktikkan.

12. Budidaya Rumput Laut

Budidaya tanaman rumput laut sangat recomended bagi Anda yang tinggal di lingkungan pantai. Tanaman ini banyak diolah ke dalam aneka jenis makanan mulai dari agar-agar, keripik nori, dan bahan campuran es buah.

Selain itu, rumput laut juga menjadi salah satu bahan kosmetik yang banyak dicari. Jika dilihat dari prospeknya yang cukup bagus, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Ide bisnis pertanian harus disesuaikan dengan pashion serta bakat yang dimiliki. Ketersediaan budget juga sangat menentukan langkah awal dalam memulai usaha.

Pengelolaan keuangan yang baik juga sangat menentukan kesuksesan dalam berbisnis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *