Informasi Lengkap Seputar Tabungan Syariah

  • Whatsapp
Informasi Lengkap Seputar Tabungan Syariah

Produk tabungan dan investasi berbasiskan syariah sampai sekarang ini baru digunakan oleh sejumlah kecil warga Indonesia. Walau, ide bank berbasiskan syariah sudah dikenalkan semenjak 1990.

Untuk khalayak luas yang pahami dan memakai instrument investasi dan produk perbankan yang lain, jalan keluar perbankan syariah cukup dikenali. Tetapi penetratifnya belum optimal sekarang ini.

Tapi, data Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) per Februari 2022, terdaftar cuma ada sekitaran 44 juta rekening pendanaan dan dana faksi ke-3 yang ditaruh oleh 36,tujuh juta Nasabah pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah sekarang ini.

Ini disinyalir oleh rendahnya penetratif pembelajaran berkaitan keuangan berbasiskan syariah dalam masyarakat, hingga ini mempunyai potensi jadi missing opportunity.

PT Bank Maybank Indonesia, Tbk (Maybank Indonesia), sebagai salah satunya perbankan yang memberi jalan keluar perbankan syariah lewat Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia. UUS itu telah mempunyai pangkalan Nasabah tertentu dan menjadi pilihan untuk calon Nasabah yang mengeksplor simpanan berbasiskan syariah, yakni lewat Maybank Tabungan U iB, Maybank Tabungan MyArafah dan Maybank Tabungan MyPlan iB Shariah Journey.

Dalam operasinya, UUS Maybank menulis ada beberapa pertanyaan fundamental yang sering ditanya calon atau nasabah mereka. Berikut diambil VIVA, Selasa, 19 Juli 2022, ialah 5 pertanyaan yang sering terlemparkan dalam masyarakat sekitar tabungan atau investasi syariah.

1. Apa ketidaksamaan produk simpanan syariah dan konservatif?

Pertama pengendalian dana Nasabah yang perlu sesuai konsep syariah, yaitu, dana Nasabah diteruskan cuma ke aktivitas yang dipandang Halal. Ke-2 , praktek syariah memprioritaskan kemakmuran bersama, keadilan dan transparan.

Ke-3 , pembagian hasil sama sesuai performa bank syariah, ada yang berdasar marjin, tingkat sewa, atau dengan prosentase pembagian Nisbah (Untuk Hasil) sesuai tipe produk dan akadyang dipakai.

Selanjutnya yang ke-4 ialah selainnya dipantau oleh Kewenangan Jasa Keuangan, bank syariah dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang terbagi dalam beberapa Pakar Ekonomi dan Agama yang pahami fiqih muamalah buat jaga supaya proses aktivitas bank Syariah tidak menyelimpang dengan ketentuan dan konsep syariah.

2. Siapa saja yang bisa buka tabungan syariah?

Tidak ada batas. Tiap orang dapat buka tabungan syariah. Tiap Nasabah dapat mempunyai lebih satu rekening tabungan syariah untuk beragam keperluan keuangan masing-masing pribadi, hingga dapat dipakai sebagai fasilitas rencana keuangan yang pintar untuk masa datang.

3. Apa pada tabungan syariah memperoleh bunga seperti tabungan konservatif yang lain?

Perbankan Syariah tidak mengaplikasikan mekanisme bunga. Saat Nasabah buka rekening tabungan syariah, Nasabah bisa pilih tipe ikrar atau pangkalan pengendalian simpanan yang diharapkan.

Nasabah memiliki hak atas Imbal Hasil (Untuk Hasil) jika produk yang dipakai memakai pangkalan ikrar Mudharabah Mutlaqah, atau tanpa imbal hasil dan ongkos administrasi bila simpanan itu berbasiskan ikrar Wadiah atau dalam kata lain seperti memercayakan dana di bank syariah. Nilai Imbal Hasil tergantung pada performa keuangan bank atau unit usaha syariah.

4. Untuk buka rekening tabungan syariah, berapakah dana yang penting disetorkan?

Maybank Indonesia mengilustrasikan, untuk Nasabah baru yang belum pernah mempunyai rekening di Maybank, mereka bisa buka Maybank Tabungan U iB dengan setoran awalnya Rp 200.000,- yang bisa secara mudah dibuka dengan memakai handphone lewat program M2U ID.

Disamping itu, untuk Nasabah yang ingin mulai menyiapkan ongkos untuk mendaftarkan Beribadah Haji, mereka bisa buka Maybank Tabungan MyArafah dengan setoran awalnya Rp100.000 atau USD10 sampai nanti terkumpul Rp25 juta sebagai setoran awalnya memperoleh jatah Haji.

Memberikan fasilitas keperluan nasabah dalam menyiapkan gagasan keuangan, UUS Maybank Indonesia mendatangkan program menabung MyPlan iB Shariah Journey yakni menabung teratur sekalian penuhi keperluan rencana beribadah lewat produk simpanan ini, dimulai dari rencana beribadah Umrah, kurban, wakaf, pernikahan, sampai aqiqah anak.

Sekarang ini, MyPlan iB Shariah Journey tengah jalankan promosi Kontan Penghargaan berlaku sampai tahun akhir, di mana nasabah perlu lakukan pembukaan lewat cara online dan setoran bulanan Rp1.000.000 sepanjang 12 bulan beruntun atau Rp300.000 sepanjang 24 bulan beruntun.

5. Apa tabungan syariah mempunyai faedah yang lain berlainan dibanding dengan tabungan konservatif?

Feature zakat online dari UUS Maybank Indonesia sebagai salah satunya jalan keluar unggulan untuk Nasabah yang akan salurkan zakat ke instansi sah Pengurus Zakat, Infak, dan Sedekah, yang sudah bekerja bersama dengan Maybank Indonesia, yakni Dompet Dhuafa, Baznas Bazis, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat.

Selain itu, produk tabungan syariah Maybank Indonesia terpadu dengan ekosistem digital banking M2U ID, bagus untuk Maybank Tabungan U iB, Maybank Tabungan MyArafah, sampai Maybank Tabungan MyPlan iB Shariah Journey, Nasabah bisa mengoptimalkan pola hidup cashless sambil jalankan hidup sama sesuai konsep syariah.

“Loyalitas kami untuk terus bisa sediakan jalan keluar keuangan yang pahami inspirasi Nasabah dalam journey keuangannya, terutamanya lewat produk dengan konsep syariah,” tutur Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari.

“Hingga warga dari semua kelompok bisa menabung dengan ketenangan hati tanpa perlu sepakat dengan keperluan pola hidup,” papar,” sambungnya.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments