Ingin Buka Toko Emas? Pahami Dulu Beberapa Tips Berikut Ini

  • Whatsapp
Ingin Buka Toko Emas? Pahami Dulu Beberapa Tips Berikut Ini

Punyai modal cukup besar tapi kebingungan buat usaha apa? Kecondongan buka usaha cafe, rumah makan, atau retail kemungkinan menarik.

Tapi mengapa tidak coba usaha yang masih tetap sedikit dilirik orang, yaitu toko emas. Apa lagi jarang-jarang diketemukan toko emas yang pailit, karena emas benar-benar disukai.

Read More

Selainnya sebagai fasilitas melakukan investasi, emas digunakan sebagai perhiasan, yang membuat demikian terkenal.

Untuk buka toko emas memang memerlukan modal yang cukup banyak. Untuk Anda yang menimbang untuk membentuk bisnis yang tidak dipengaruhi oleh kritis ekonomi, investasi emas atau usaha toko emas menjadi opsi.

Masalahnya emas dikenali sebagai investasi yang tahan kritis.

Disamping itu, usaha toko emas sebagai salah satunya tipe usaha yang bisa kembalikan modal secara cepat. Kita dapat memperbandingkan usaha toko emas dengan usaha ritel seperti makanan, baju dan lain-lain.

Usaha ritel biasanya condong tidak bisa jual barang mereka 100 %.

Nyaris dapat ditegaskan ada selalu barang tersisa yang perlu diletakkan untuk selanjutnya dijual murah supaya terjual.

Hal itu tidak berlaku pada usaha toko emas.

Masalahnya emas mempunyai harga jual yang tinggi.

Walau sebuah mode perhiasan telah lumayan lama atau ketinggal jaman, tetapi perhiasan tersebut mempunyai nilai yang tetap bertambah ikuti harga emas dunia.

Bukan hanya itu, emas condong tahan lama dan tidak gampang hancur sampai beberapa puluh tahun bila diletakkan secara benar.

Sayang, masih tetap sedikit yang ingin mengawali usaha toko emas, baik lewat mekanisme franchise atau mengawalinya sendiri karena beragam argumen.

Simak juga: Limit Credit sampai Rp 500 Juta, Ini Langkah Ajukan Utang KUR Berdikari 2022 untuk Modal Usaha

Simak juga: Langkah Mengurusi Ijin Usaha UMKM secara Online supaya Usaha Mempunyai Validitas

Tutorial mengawali usaha toko emas

Diambil dari situs Pegadaian, berikut ialah beberapa panduan dan tutorial untuk Anda yang tertarik buka usaha toko emas:

1. Punyai pengetahuan mengenai perhiasan emas

Ketika akan membuat sebuah usaha, hal dasar pertama kali yang harus dipunyai ialah pengetahuan masalah produk dan service yang hendak diberi. Ini pasti berlaku dalam usaha toko emas. Bila Anda ingin buka toko emas, karena itu harus pahami sangkut-paut mengenai perhiasan emas.

Dimulai dari kualitas perhiasan emas yang bagus dan jelek, langkah penghitungan berat emas, dan info yang lain berkenaan emas.

2. Ketahui sasaran usaha

Kategorisasikan sasaran customer secara baik berdasar kelas ekonominya. Apa sasaran customer Anda ada di kelas ekonomi menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Ketahui dengan detil berapakah bentang umur mereka (customer), dan apa tugas mereka. Kemudian, baru sesuaikan harga emas dengan kekuatan membeli customer.

3. Survey lokasi saat sebelum membuka toko emas

Penting lakukan survey lokasi saat sebelum buka toko emas. Tentukan lokasi yang vital dan sesuai sasaran pasar.

Ini karena Anda akan susah jualan emas pada harga yang mahal di wilayah pasar tradisionil.

4. Ketahui pesaing

Usaha toko emas sebagai tipe usaha yang menggiurkan. Hingga kompetisi usaha toko emas jadi ketat sekali.

Anda dapat mendapati toko emas dimulai dari yang kecil sampai besar di mana saja.

Kerjakan survey pada kompetitor yang ada, dimulai dari kelebihan mereka dan bagaimana performanya.

Kemudian, Anda bisa memberi apa yang tidak mereka beri ke customer, hingga dapat memenangi kompetisi.

5. Taktik marketing toko emas

Sebuah usaha harus ditempuh dengan beragam taktik supaya banyak customer yang ketahui usaha Anda sampai pada akhirnya memilih untuk beli. Anda dapat manfaatkan tehnologi digital untuk beraktivitas marketing toko emas.

Misalkan dengan memakai beragam basis sosial media sebagai media promo.

6. Modal usaha

Tiap usaha tentu memerlukan modal untuk mengawali atau untuk jalankan operasional usaha. Modal usaha ini terkait dengan kemudahan usaha sampai pemasaran.

Kalkulasi berapakah jumlah dana yang diperlukan untuk membuat sebuah toko emas.

Atur gagasan keuangan secara benar dan terang, selanjutnya bagaimana prediksi keuntungan yang didapat. Gagasan keuangan usaha yang bagus dan terinci sebagai salah satunya kunci khusus keberhasilan usaha.

Kemudian, harus cari tahu sumber dana usaha yang hendak dibuat, apa datang dari dana individu atau dana utang.

7. Up-date produk

Bila usaha toko emas Anda sudah jalan, ada saatnya memperhatikan stock barang yang dipasarkan supaya selalu up-date dengan mode terkini di pasar. Bereksperimen saat membuat produk perhiasan emas tentu saja jadi poin utama.

Wujud dan pola perhiasan emas umumnya selalu berbeda ikuti trend. Karenanya, Anda perlu mengawasi trend yang disukai banyak orang.

Walau usaha toko emas ialah usaha yang menggiurkan, Anda harus tetap memiliki penyiapan masak dari beragam faktor. Dimulai dari modal usaha sampai persiapan yang lain dalam menjalankan bisnis toko emas.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments