Investasi Kripto DOGE Bodong, Pelaku Berhasil Raup 1,7 Trilliun Dari Ribuan Korban

  • Whatsapp
Investasi Kripto DOGE Bodong, Pelaku Berhasil Raup 1,7 Trilliun Dari Ribuan Korban

Penipuan berkedok penambangan kripto Dogecoin menyasar warga Turki baru-baru ini. Komplotan penipu ini berhasil membawa uang sebesar US$119 juta, atau setara Rp1,7 triliun.

Kekinian, penyelidikan tengah dilakukan besar-besaran oleh kepolisian setempat. Paling baru, polisi berhasil mengidentifikasi avatar online dengan nama samaran “Turgut V”, yang dicurigai sebagai dalang di balik skema penipuan tersebut.

Mengutip laporan Cointelegraph via Blockchainmedia —jaringan Suara.com, pihak berwenang percaya bahwa Turgut dan 11 rekannya berhasil mengumpulkan hampir 350 juta Dogecoin, setara Rp1,7 triliun, sebelum menghilang.

Para pelaku alias Turgut menipu setidaknya 1.500 warga Turki melalui Telegram dengan motif investasi. Para investor dijanjikan pengembalian 100% dalam 40 hari.

Belakangan diketahui, operasi ini telah membayar pengembalian para investor selama sekitar tiga bulan. Setelah bulan keempat dan total nilai skema terkunci mencapai 350 juta Dogecoin, para operator ini pun menghilang.

Saat ini, Kantor kepala kejaksaan di pinggiran kota Küçükçekmece di Istanbul masih menyelidiki kasus terkait guna menemukan Turgut dan 11 rekan mereka.

Sebelumnya, Pada akhir April, pihak berwenang Turki telah memenjarakan enam tersangka yang terkait dengan runtuhnya bursa kripto lokal, Thodex. Bursa ini secara mendadak menghentikan layanan penarikan dan membuat dana pengguna tertahan di platform.

 

Apa Itu Dogecoin?

Dogecoin (DOGE) adalah mata uang kripto ciptaan insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Mereka memutuskan untuk membuat sistem pembayaran yang bebas dari biaya perbankan tradisional. Dogecoin menampilkan wajah anjing Shiba Inu dari meme “Doge” sebagai logo dan senama. Dogecpin diperkenalkan pertama kali pada 6 Desember 2013, dan dengan cepat mengembangkan komunitas online-nya sendiri.

Penemu Dogecoin (DOGE) Dogecoin (DOGE) dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Mereka membuat Dogecoin sebagai matauang digital peer-to-peer yang dapat menjangkau orang secara demografis lebih luas daripada Bitcoin.

Dogecoin secara resmi diluncurkan pada 6 Desember 2013, dan dalam 30 hari pertama ada lebih dari satu juta pengunjung ke Dogecoin.com. Lonjakan Awal Harga Dogecoin (DOGE) Pada 19 Desember 2013, nilai Dogecoin (DOGE) melonjak hampir 300 persen dalam 72 jam.

Waktu itu harga Dogecoin naik dari US $ 0,00026 menjadi $ 0,00095. dengan volume miliaran Dogecoin per hari. Pertumbuhan harga Dogecoin ini terjadi pada saat bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya terguncang dari keputusan China untuk melarang bank-bank di China berinvestasi ke dalam ekonomi bitcoin.

Namun, tiga hari kemudian, Dogecoin turut mengalami kemerosotan besar (crash) pertamanya dengan harga turun hingga 80%. Selain kabar dari China tadi, penurunan juga terpicu oleh banyaknya mining pool yang mengeksploitasi sejumlah kecil daya komputasi yang diperlukan pada saat menambang Dogecoin.

Mengapa Nilai Dogecoin Terus Naik?

Dogecoin, yang awalnya diciptakan sebagai lelucon saja, telah mendapatkan dukungan dari selebriti seperti Elon Musk dan Snoop Dog, hingga musisi rock Gene Simmon yang pada akhirnya bisa menaikkan harga. Musk mengungkapkan ketertarikannya pada koin itu sekali lagi pada bulan April lalu dengan mengatakan, “Doge menggonggong pada bintang-bintang”.

Karena tweet dari Elon Musk ini, sejumlah besar orang membeli Dogecoin (DOGE) dalam jumlah yang besar, menyebabkan harganya naik dari level terendah dalam kurun waktu 24 jam dari 0,062 dolar menjadi 0,078 dolar. Tercatat ada peningkatan sebesar 20%.

Penjelasan utama untuk kenaikan harga Dogecoin dapat dikaitkan dengan naiknya nilai mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin dan Ethereum, yang telah mendorong peningkatan nilai Dogecoin. Musk men-tweet gambar badai debu dengan wajah anjing Shiba Inu sebagai ‘ikon dogecoin’ yang bertiup di ‘sistem keuangan global’ pada 18 April lalu. Musk menggambarkannya sebagai mata uang kripto yang “tak terelakkan”.

Perjalanan DOGE tampaknya tak terhentikan. Sekarang ketika harga mencapai puncak kejayaan, Dogecoin secara singkat dapat menggantikan mata uang XRP sebagai cryptocurrency terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

 

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments