Investasi Paling Menjanjikan Keuntungan Di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Investasi Paling Menjanjikan Keuntungan Di Masa Pandemi

Investasi saat pandemi bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bagi kamu yang tidak terkena dampak Covid-19 dengan tetap memiliki keuangan yang stabil, tidak mengalami pemotongan gaji selama bekerja, dan tidak dirumahkan, maka kamu pun punya kesempatan besar untuk berinvestasi.

Salah satu alasan kenapa kamu perlu melakukan investasi saat pandemi adalah harga instrumen investasi jadi lebih murah dan saat dijual nantinya bisa lebih tinggi dibandingkan waktu normal. Lalu bagaimana sih cara tepat melakukan investasi saat pandemi yang bisa dilakukan? Yuk, simak 7 tipsnya berikut ini!

Read More

 

Perlu dipahami, di dunia investasi ada dua hal yang perlu diwaspadai, yakni investasi bodong dan inflasi. Sebaiknya berhati-hatilah dengan berbagai penawaran atau janji-janji keuntungan yang terlalu bombastis dan risiko yang terlalu kecil. Bisa-bisa akan membuat uang kamu hilang. Sementara inflasi juga bisa merugikan uang yang disimpan di tabungan. Semakin tinggi inflasi, maka uang yang ada di tabungan bisa tergerus oleh bunga yang tinggi.

Pilih Investasi Jangka Panjang

Tips investasi saat pandemi selanjutnya adalah memilih investasi berjangka panjang. Alasannya investasi jangka panjang biasanya tidak akan berpengaruh pada kondisi saat ini sebab tujuannya yang bersifat jangka panjang. Jadi, meski saat ini investasi yang dipilih cenderung menurun, tetapi beberapa waktu ke depan investasi yang kamu jalani bisa mengalami kenaikan. Yang perlu diingat saat melakukan investasi jangka panjang adalah hindari menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari dan juga dana darurat.

Lakukan Riset Secara Mendalam

Sudah menentukan jenis investasi saat pandemi yang ingin dilakukan? Coba luangkan waktu khusus untuk mempelajari segala hal tentang investasi yang dipilih. Mulai dari mekanismenya, untung-ruginya, kesulitan dan hambatannya, keunggulan dan kekurangannya, dan lain sebagainya.

Alokasikan Investasi dalam Beberapa Instrumen

Hal ini penting untuk dilakukan sebab bakal mengurangi risiko kemungkinan buruk dan  mempengaruhi salah satu aset investasi. Jadi, bila ada satu instrumen yang mengalami kerugian, kamu bisa mengelolanya instrumen lainnya, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir semua aset akan mengalami kerugian.

Pelajari Tingkat Risiko dari Investasi yang Dipilih

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap instrumen investasi punya risikonya masing-masing. Namun sebaiknya pilih risiko yang sesuai dengan kemampuan finansial dan mental yang dimiliki. Pastikan kamu benar-benar mencari tahu apa saja risiko yang mungkin terjadi dengan investasi tersebut di kemudian hari. Jangan sampai karena tergiur dengan berbagai keuntungan yang menarik, malah membuatmu terlena dan lupa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengatur Ulang Portofolio

Kamu sudah terlanjur melakukan investasi saham sebelumnya? Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur ulang portofolio sesuai tingkat risiko demi menghindari isi portofolio investasi dipenuhi dengan angka dan grafik yang terus menurun.

Lakukan Monitor Secara Berkala

Terakhir tips investasi di saat pandemi yang bisa dilakukan, yakni lakukanlah monitor terhadap peluang investasi yang bisa dilakukan dari hari ke hari. Sementara bila memang sudah menjalani investasi sebelumnya, jangan lupa juga untuk memantaunya. Memonitor investasi berguna agar kamu bisa lebih berhati-hati dan mengatur strategi selanjutnya jika ada risiko terjadi pada investasi tersebut.

 

Lalu apa saja produk Investasi saat pandemi yang bisa dipilih? Berikut rekomendasi investsi paling menguntunkan di masa pandemi

Properti

Walaupun sebagian besar milenial saat ini memiliki gaya hidup yang sangat konsumtif dan boros, di antara mereka ternyata banyak juga yang mulai menyisihkan pendapatan untuk membeli properti dengan tipe sederhana (memiliki 1-2 kamar).

Caranya juga kian dipermudah, di mana prosesnya bisa dilakukan melalui pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Bahkan ada subsidi dari pemerintah yang membuat harga rumah jadi lebih terjangkau. Pembelian properti ini bukan semata-mata bertujuan untuk langsung dijadikan hunian pribadi, melainkan sebagai investasi.

Entah nantinya akan ditempati bersama pasangan atau menjadi sumber pendapatan tambahan dengan menyewakan rumah tersebut kepada orang lain. Properti berupa rumah merupakan salah satu aset jangka panjang yang memiliki harga tinggi (tergantung pada lokasi, desain, kondisi, dan luas tanah/bangunan).

Sifatnya yang tidak mudah dicairkan (non likuid) membuat investasi properti cocok dipilih ketika kamu berada di tengah ketidakstabilan ekonomi seperti sekarang ini.

Obligasi atau Surat Utang

Kamu juga bisa memilih obligasi atau surat utang sebagai investasi saat pandemi. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Surat Berharga Negara Ritel, yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI 017. Bila kamu termasuk tipe konservatif dan takut dengan dinamika investasi yang naik turun secara drastis, maka investasi obligasi bisa dipertimbangkan.

Logam Mulia

Emas kian dipilih sebagai alternatif investasi yang tepat di tengah pandemi corona. Bukan tanpa alasan, para milenial bahkan boomers masih setia berinvestasi dalam wujud emas. Tidak hanya perhiasan, tapi juga logam mulia atau emas batangan.

Hal tersebut dikarenakan risiko investasi emas terbilang sangat kecil, keuntungannya pun lumayan besar. Caranya juga tidak sulit, cukup menerapkan sistem jual-beli. Beli saat memiliki cukup uang, lalu jual saat tengah dibutuhkan atau saat harganya naik.

Harga logam mulia relatif stabil, bahkan kian mengalami kenaikan di atas inflasi. Ditambah lagi kemudahan yang diberikan oleh banyak e-Commerce melalui sistem ‘menabung emas digital’ bagi milenial yang tidak mau kerepotan berurusan dengan bentuk fisik emas.

Tapi perlu diingat, jangan sembarangan percaya dengan lembaga keuangan yang menawarkan investasi emas dalam bentuk logam mulia. Sebab, saat ini masih banyak lembaga investasi bodong yang mengatasnamakan tabungan logam mulia.

Alangkah lebih baiknya, lakukan jual beli langsung di bank konvensional resmi atau di PT Antam (Aneka Tambang), lalu simpan di dalam brankas kamu dan kunci rapat-rapat sehingga aman dari pencuri.

Jika kamu ingin investasi emas tapi tak mau repot menyimpan emas secara fisik, KoinWorks dalam waktu dekat akan memberikan solusinya, lho. KoinWorks akan menghadirkan sebuah produk investasi yang membantu kamu melakukan jual-beli emas digital dengan sistem online secara mudah, hanya mulai dari Rp1000.

Melalui produk ini, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan harga yang menarik sesuai keinginan, tanpa ribet dan cepat melalui aplikasi online. Setelahnya portofolio kamu akan langsung ter-update secara realtime.

Reksa Dana Pasar Uang

Pasar modal masih dalam kondisi tertekan di tengah-tengah perjuangan melawan pandemi COVID-19. IHSG yang merupakan indeks acuan utama di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menerus tertekan, demikian pula dengan kinerja investasi reksa dana.

Lembaga riset Infovesta mencatat bahwa kinerja reksa dana dalam negeri mayoritas negatif sejak awal tahun 2020, termasuk saat pandemi corona mulai merebak. Ini langsung berdampak pada pasar modal dalam negeri dan juga luar negeri.

Reksa dana saham dan reksa dana campuran bukan investasi yang tepat, yang bisa kamu pilih dalam kondisi sekarang. Dikarenakan kinerja reksa dana tersebut sudah merosot dan kian melemah.

Justru sebaliknya, yang terjadi pada reksa dana pasar uang membuat siapa pun yakin untuk menginvestasikan uang mereka di instrumen investasi ini. Pasalnya, kinerja reksa dana pasar uang cenderung positif dan relatif stabil sejak awal tahun 2020.

Bagaimana? Masih menganggap tidak ada investasi yang tepat saat pandemi corona, padahal ada banyak jenis investasi yang sangat menjanjikan di saat pandemi seperti sekaranga ini?

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments