Kemampuan Dasar Yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Berbisnis

  • Whatsapp
Kemampuan Dasar Yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Berbisnis

Wirausahawan merupakan istilah yang diberikan pada seseorang yang -pandai, cerdas dan mempunyai pemikiran maju dalam mengelola sebuah usaha atau bisnis yang di dirikannya.

Orang yang ingin menjadi wirausahawan haruslah mempunyai bakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya, walaupun pada dasarnya semua bakat tersebut didapat dari pelatihan dan pengalaman dalam perjalanan hidupnya.

Read More

Beberapa wirausahawan sukses mempunyai prinsip yang teguh untuk ia jalani, prinsip tersebutlah yang nanti akan menjadi titik jembatan menuju tahap perkembangan usahanya.

Banyak usaha di indonesia yang tidak selalu sukses, ada yang jatuh kemudian bangkit kembali, ada yang pasang surut, ada juga yang jatuh kemudian tidak bangkit kembali. Lalu apa yang menyebabkan usaha yang didirikan seseorang mengalami kemunduran ataupun tidak terjadi kenaikan progres yang baik.?

Biasanya banyak para wirausahawan yang hanya mencoba ingin membuka usaha, tetapi tidak memahami dasar – dasar apa saja yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan sukses, yang akhirnya hanya membakar – bakar uang / modal saja.

Membangun sebuah usaha tidak lah mudah, perlu dilakukan perjuangan yang benar – benar besar agar usaha yang kita dirikan dapat diterima dan bersaing di pasaran.

Berikut beberapa analisis mengenai 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan

1. Adaptasi

Ini mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun wirausaha. Tetapi percayalah, ketika Anda terjun lebih dulu ke dalam usaha bisnis Anda, tidak semuanya akan berjalan sesuai rencana.

Meskipun penting untuk memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang Anda inginkan, wirausahawan perlu merencanakan hal yang tidak terduga. Anda harus dapat dengan tegas beralih ke opsi terbaik dan paling efektif berikutnya. Ini kadang-kadang disebut sebagai kemampuan beradaptasi strategis.

Cara termudah untuk mempraktikkannya adalah dengan membuat rencana dengan margin perubahan yang dipikirkan secara matang dan belajar dari kesalahan dan pengalaman masa lalu.

Kadang-kadang memang terjadi hal-hal di luar kendali Anda, dan apa yang akan diperhatikan orang adalah seberapa cepat Anda dapat bereaksi dan bangkit kembali.

2. Memiliki Kreativitas dan Inovasi pada pengembangan produk

Kreativitas merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh sesorang wirasuahawan, hal ini dikarenakan dengan dimilikinya kreativitas yang tinggi dapat membuat / menciptakan peluang – peluang baru dalam usahanya. Tentunya kreativitas tidak dapat dipisahkan dengan tindakan inovasi yang akan dilakukan.

3. Keterampilan Komunikasi

Baik Anda bekerja dengan tim besar, atau sendirian, komunikasi adalah keterampilan utama yang dibutuhkan wirausahawan sukses untuk menyampaikan pesan mereka. Keterampilan negosiasi yang baik seringkali lebih persuasif daripada ide bagus yang disampaikan dengan buruk oleh seorang pengusaha.

Cara Anda berkomunikasi sangat penting, baik secara langsung maupun cara Anda berinteraksi di dunia maya. Interaksi Anda di dunia maya, termasuk membalas email dan berinteraksi di media sosial Anda, adalah indikator profesionalisme Anda. Bagi seorang pengusaha, ini dapat meningkatkan atau menghancurkan hubungan bisnis.

Hubungan bisnis adalah tentang membangun kepercayaan dan hubungan baik, dan beberapa orang mencari nafkah darinya. Dalam kasus konsultan bisnis, pekerjaan mereka mengharuskan mereka menjadi komunikator yang baik dan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Jika Anda memiliki bakat alami untuk ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan konsultan bisnis sebagai sebuah profesi.

Mengetahui cara berkomunikasi secara efektif juga menghilangkan miskomunikasi atau kesalahan kecil yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Menjaga suasana komunikasi terbuka di antara karyawan Anda selalu merupakan praktik yang baik sehingga mereka dapat menyuarakan masalah apa pun yang mereka miliki. Dengan begitu, masalah apa pun bisa diselesaikan secepatnya.

4. Memiliki sifat kepemimpinan dan pengembangan dalam sebuah organisasi

Memang dalam prosesnya dalam merintis sebuah usaha, seseorang yang mendirikan usahanya akan berjuang sendiri, point inilah yang menjadi pembeda antara wirausahawan, self-employee atau freelance.

Bila nantinya usaha yang anda kembangkan semakin besar dan mempunyai potensi grafik yang baik, maka pengetahuan akan sifat kepemimpinan dalam sebuah organisasi perlu di miliki, agar nantinya kita dapat mengatur dengan bijak usaha yang kita bangun.

5. Keterampilan Manajemen Keuangan

Pada intinya, seorang wirausahawan berusaha untuk mendapatkan keuntungan. Untuk melakukan ini, pengusaha perlu mengetahui cara menangani uang dalam bisnis. Ini sering kali melibatkan pengambilan risiko dengan modal, atau mencari investor dan memilih instrumen investasi yang tepat.

Meskipun memungkinkan untuk mempekerjakan profesional lain untuk menangani tugas ini, akan lebih baik jika Anda sebagai pengusaha setidaknya memiliki pengetahuan keuangan dasar untuk memastikan bisnis mereka membuat keputusan moneter yang tepat.

6. Kepemimpinan

Memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting dalam wirausaha, terutama saat menyusun tim untuk meluncurkan bisnis baru atau jika Anda dipekerjakan untuk memimpin bisnis yang sudah ada.

Pemimpin harus mampu menginspirasi dan mendapatkan rasa hormat untuk memotivasi pekerjanya untuk berjuang untuk tujuan yang sama. Seringkali merupakan ide yang bagus, terutama saat bekerja dengan kelompok baru, untuk merencanakan sesi untuk membangun tim.

Ini memungkinkan Anda untuk mengenal semua orang dan agar mereka saling mengenal. Dengan melakukannya, Anda dapat menemukan kekuatan mereka dan dapat mendelegasikan tugas dengan lebih efektif. Delegasi adalah keterampilan lain yang sering dilupakan dan penting untuk dimiliki sebagai pengusaha dan pemimpin yang sukses dalam wirausaha.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengetahui kapan harus mendelegasikan tugas sangat penting untuk pertumbuhan dalam bisnis. Namun nyatanya ini lebih sulit dari yang terlihat. Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami kapan orang lain mampu melaksanakan tugas lebih baik dari Anda.

7. Keterampilan Pemasaran

Mengembangkan produk yang fantastis adalah satu hal penting, tetapi itu tidak akan berarti apa-apa bagi bisnis Anda jika Anda tidak menargetkan dan memaksimalkan audiens Anda. Pemasaran yang brilian adalah cara untuk terhubung dengan orang-orang yang akan mengonsumsi produk atau layanan Anda. Hal ini juga untuk mempromosikan dan memastikan loyalitas pembeli.

Pemasaran di zaman sekarang sudah berubah. Dengan munculnya media sosial, bisnis dapat membuat pelanggan mereka terus mendapat informasi tentang perilisan produk baru dan membuat keterlibatan pribadi. Ini bahkan memungkinkan orang untuk membagikan konten atas merek Anda dengan orang lain.

Jangkauan pemasaran digital tidak terbatas. Yang Anda butuhkan adalah keterampilan dan kreativitas untuk memanfaatkannya demi keuntungan bisnis. Aspek kunci dari pemasaran yang baik mencakup visi yang jelas dan branding yang sesuai. Ini berarti menetapkan tampilan dan tone yang sesuai dengan target audiens Anda.

Pemilik bisnis baru harus bersedia mengambil risiko nyata sebelum mencapai keuntungan. Statistik menunjukkan bahwa setengah dari bisnis baru gagal setelah lima tahun, dan sebagian besar disebabkan oleh kurangnya persiapan yang tepat.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments