Lakukan Pendekatan Ini Jika Ingin Bisnis Anda Melejit Di Era Digital

  • Whatsapp
Lakukan Pendekatan Ini Jika Ingin Bisnis Anda Melejit Di Era Digital

Pegiat dan konselor marketing dari Inventure, Yuswohady, membagi panduan untuk membuat marketing yang tepat di zaman digital. Satu diantaranya dengan manfaatkan basis sosial media.

“Bukan hanya kita punyai toko di marketplace atau punyai Facebook atau TikTok, lalu usai. Tetapi, kita harus pikir tehnik bagaimana memakai sosial media supaya bisa trending, saya mengatakan marketing by ingin tahu,” katanya di Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.

Read More

Yuswohady meneruskan, kunci dalam membuat marketing yang bagus ialah kreasi dalam memproses content hingga dapat trending dan mencapai beberapa orang.

“Digital pemasaran is about konten pemasaran, bagaimana membuat content yang memunculkan rasa ingin tahu dan trending,” tuturnya.

Minimal, lanjut ia, ada dua pendekatan yang dapat dilaksanakan, yaitu word of mouth (WOM) pemasaran dan fear of missing out (FOMO) pemasaran.

WOM pemasaran ialah proses marketing yang sudah dilakukan dari mulut ke dalam mulut. Ini, umumnya dipacu oleh pengalaman konsumen setia pada sesuatu produk selanjutnya dibagi ke seseorang.

Dalam pada itu, FOMO pemasaran usaha manfaatkan psikis konsumen setia, dalam masalah ini rasa resah atau takut ketinggal trend, untuk membikin customer selekasnya lakukan pembelian.

“Saya menjelaskan WOM itu ibarat baranya api, selanjutnya FOMO ialah bensin . Maka jika bensin bertemu api, jadi akan hasilkan seperti energi besar seperti energi nuklir, berikut sama seperti yang terjadi pada film ‘KKN di Dusun Penari’,” kata Yuswohady.

Bila taktik marketing itu dilaksanakan secara baik, Yuswohady menjelaskan, hal tersebut akan meminimalkan dana marketing atau bahkan juga tidak keluarkan dana sama sekalipun.

“(Iklan di) TV, satu spot bayar Rp40 juta. Satu hari minimum 30 (spot), selanjutnya dikali Rp40 juta sudah berapakah. Semahal ini, akan kalah dari marketing yang memercayakan WOM dan FOMO barusan, ini tidak ada ongkos,” terangnya.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments