Letak Geografis Benua Afrika dan Karakteristiknya

  • Whatsapp

Letak Geografis Benua Afrika – Bumi yang kita tinggali memiliki enam benua yang dibagi menjadi benua Asia, benua Afrika, benua Australia, benua Eropa, Antartika, dan benua Amerika. Setiap benua memiliki kondisi geografis serta sumber daya alam yang berbeda.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, benua adalah merupakan tanah atau daratan yang sangat luas hingga bagian tengah tidak mendapat pengaruh dari angin laut.

Berdasarkan letak astronomi bumi, benua tersebut dibedakan menjadi garis bujur serta garis lintang. Garis bujur membedakan bumi menjadi belahan barat serta belahan timur. Bagian timur ini terdiri atas benua Eropa, benua Afrika, benua Asia, benua Australia, dan Antartika.

Sedangkan belahan bumi barat dibagi menjadi benua Amerika Utara, benua Amerika Selatan, dan benua Antartika.

Letak Geografis Benua Afrika

Benua Afrika berbatasan langsung dengan laut, selat, serta samudera. Berikut adalah letak geografis benua Afrika.

  • Bagian Sebelah utara: Benua Eropa, Laut Mediterania atau Laut Tengah, serta Selat Gibraltar
  • Bagian Sebelah timur: Benua Asia, Laut Merah, serta Samudra Hindia
  • Bagian Sebelah selatan: Samudra Hindia
  • Bagian Sebelah barat: Samudra Atlantik

Letak Astronomis Benua Afrika

Benua Afrika adalah merupakan benua terluas ketiga setelah benua Asia dan Amerika. Jika benua Amerika terbagi dalam benua Amerika Utara dan Selatan, maka benua Afrika menduduki peringkat benua kedua terbesar setelah benua Asia.

Mengutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, luas wilayah benua Afrika adalah mencapai 30.319.000 km2. Luas wilayah tersebut menutupi sekitar 20% daratan yang ada di permukaan bumi.

Secara astronomis benua Afrika berada di tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa, garis balik utara (23,5 derajat Lintang Utara), dan garis balik selatan (23,5 derajat Lintang Selatan). Letak astronomis benua Afrika berada pada 380 Lintang Utara – 350 Lintang Selatan dan 170 Bujur Barat – 510 Bujur Timur.

Baca juga: Gambar Peta Benua Afrika Lengkap

Iklim Benua Afrika

Kebanyakan wilayah Afrika memiliki curah hujan yang rendah. Ada gurun, lembah, serta pegunungan di beberapa negara. Benua Afrika memiliki gurun gersang serta tandus seperti gurun Sahara, Libia, Sahel, serta lembah Taoudenni.

Sementara pada bagian selatan dan timur punya pegunungan lebih tinggi, dibanding wilayah utara dan barat. Tanzania memiliki gunung tertinggi yang ada di Afrika yaitu gunung Kilimanjaro.

Benua Afrika juga memiliki sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia (6.690 km). Benua Afrika terbagi menjadi empat wilayah iklim, yaitu:

  • Daerah Iklim Sedang (subtropis)

Daerah ini memiliki iklim sedang yang berada pada bagian selatan benua Afrika seperti Afrika Selatan serta garis balik selatan.

  • Daerah Iklim Tropis

Wilayah ini dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga mengalami curah hujan yang teratur. Semakin jauh wilayah dari garis ekuator, maka curah hujan di wilayah tersebut akan semakin berkurang.

Daerah iklim tropis mendapatkan panas serta hujan sepanjang tahun. Contoh negara yang berada pada iklim tropis adalah Kenya dan Uganda. Sementara iklim tropis berada pada pantai Afrika Barat dan sebagian di wilayah timur.

  • Daerah Iklim Gurun

Di Afrika dikenal sebagai gurun yang besar serta tandus. Daerah iklim gurun ini berada pada bagian Afrika utara serta barat daya benua. Daerah iklim gurun mengalami kekeringan selama sepanjang tahun.

  • Daerah Iklim Mediterania

Mengutip dari situs kemdikbud.go.id, daerah iklim mediterania berada pada wilayah paling utara benua Afrika, sekitar laut tengah.

Ciri khas musim ini berada di sekitar Laut Mediterania. Tidak hanya sebagian benua Afrika saja, benua di Eropa seperti Spanyol, Perancis, serta Italia juga terkena iklim laut Mediterania.

Iklim mediterania termasuk dalam bagian dari iklim subtropis dimana musim panas mengalami kekeringan sedangkan ketika musim dingin wilayahnya sering hujan serta basah.

Berdasarkan keempat iklim diatas, benua Afrika memiliki keunikan dalam persebaran flora serta fauna. Tumbuhan unik di Afrika seperti Papyrus, Akasia, dan kurma tumbuh subur di sejumlah wilayah.

Benua Afrika memiliki sabana serta hutan hujan yang dihuni oleh hewan-hewan khas. Hewan yang tinggal di benua Afrika seperti burung kasuari, harimau, singa, zebra, gajah, dan masih banyak lagi.

Karakteristik Benua Afrika

  1. Benua Afrika memiliki gurun terbesar di dunia yaitu gurun Sahara.
  2. Sungai Nil adalah merupakan sungai terpanjang di dunia
  3. Benua Afrika disebut benua Hitam atau Black Continent karena sebagian besar penghuninya berasal dari ras Negroid.
  4. Benua ini memiliki rata-rata usia penduduk termuda adalah 20 tahun. Sedangkan usia rata-rata dari penduduk di dunia adalah 30 tahun.
  5. Bentang alam dari benua Afrika terdiri dari gurun pasir, pegunungan, lembah, serta dataran tinggi.
  6. Benua Afrika memiliki iklim yaitu iklim tropis, subtropis, gurun, dan mediterania.
  7. Benua Afrika dilewati oleh garis lintang 0 derajat (garis khatulistiwa)

BACA JUGA

  • 5 Daftar Sungai Terpanjang di Benua Amerika dan Cerita di Baliknya
  • Negara Di Benua Afrika

    Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui sebanyak 54 negara berdaulat yang ada di benua Afrika. Berdasarkan letak geografi, negara di benua Afrika terbagi menjadi:

    • Daftar Negara di Afrika Timur

    Burundi, Komoro, Djibouti, Eritrea, Rwanda, Seychelles, Somalia, Tanzania, Uganda, Ethiopia, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, dan Zambia.

    • Daftar Negara di Afrika Tengah

    Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah. Guinea Ekuatorial, Gabung, Saotome, Cad, Kongo, Republik Demokratik Kongo, dan Principe.

    • Daftar Negara di Afrika Barat

    Benin, Burkina Faso, Tanjung Verde, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Senegal, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Sierra Leone, dan Togo.

    • Daftar Negara di Afrika Selatan

    Afrika Selatan, Lesotho, Zimbabwe, Swaziland, Botswana, Namibia.

    Related posts

    0 0 votes
    Article Rating
    Subscribe
    Notify of
    guest
    0 Comments
    Inline Feedbacks
    View all comments