Menteri Bambang: Jakarta Kota yang Paling Cepat Tenggelam Bisa Jadi Kenyataan

  • Whatsapp

dalam acara Green Building & Energy Management Seminar di Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang pada Selasa (28/8/2018). (RIMA WAHYUNINGRUM)

TANGERANG KABUPATEN, KOMPAS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menyebut, isu Kota Jakarta terancam tenggelam bisa jadi kenyataan. Hal itu didapat dari data penurunan muka tanah Ibu Kota dari permukaan laut. “Kita harusnya merasa bersalah ketika ada berita di media sosial ‘Jakarta adalah kota yang paling cepat tenggelam’, dan itu true dan bisa jadi kenyataan. Karena muka tanah di Jakarta turun 6 sentimeter per tahun,” kata Bambang, di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Selasa (28/8/2018). Baca juga: Wali kota Jakarta Utara Pastikan Selalu Ada Petugas Atasi Banjir Rob Bambang memandang, ancaman tenggelamnya Jakarta merupakan hal serius jika melihat dari kasus banjir di Muara Baru.

Ia menilai, pada musim puncak banjir, tanggul yang didesain untuk mencegah rob di sana justru tak bisa membendung air. “Si tanggul ini kan dibangun di atas tanah, jadi muka tanahnya turun terus. Itu terjadi di Muara Baru. Ini serius. Ini menunjukkan kita kurang peduli pada lingkungan,” kata Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menteri Bambang: Jakarta Kota yang Paling Cepat Tenggelam Bisa Jadi Kenyataan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/28/16573811/menteri-bambang-jakarta-kota-yang-paling-cepat-tenggelam-bisa-jadi.
Penulis : Rima Wahyuningrum
Editor : Robertus Belarminus

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments