Modal Awal Bisnis Pertamini Yang Sangat Menjanjikan

  • Whatsapp
Modal Awal Bisnis Pertamini Yang Sangat Menjanjikan
Peluang usaha pom bensin Pertamini bisa dikerjakan secara fulltime oleh seorang ibu runahtangga sambil mengurus anak tercinta di rumah untuk menambah penghasilan keluarga. Kata Pertamini plesetan dari Pertamina yang sama-sama berbisnis dalam bidang penjualan bahan bakar minyak. Hanya saja Pertamini berjualan bensin secara eceran. Walaupun jualan bensin eceran keuntungan yang bisa diraih sampai jutaan rupiah perbulan asalkan menjual dengan lebih banyak.
Menjual bensin tidaklah seperti usaha lainnya. Usaha menjual bensin secara eceran relatif sangat mudah. Bukan kita yang mencari konsumen. Tapi konsumen itu sendiri yang datang ke tempat usaha pertamini. Mereka adalah pemilik kendaraan bermotor yang membutuhkan bensin untuk menggerakkan alat transportasi tersebut. Dimana dari tahun ke tahun volume kendaraan bermotor di Indonesia naik tajam seiring meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia.
Beberapa tahun kebelakang, menjual bensin secara eceran biasanya menggunakan derijen maupun corong yang kadang takarannya tidak pas dan menyulitkan dalam pengisian. Namun sekarang usaha berjualan bensin eceran lebih mudah dengan takaran pas serta pengisian yang mudah menggunakan Pom Bensin Pertamini. Yang hampir mirip dengan SPBU Pertamina. Para pembeli dan penjual bisa melihat secara langsung takaran atau literan bensin secara pas pada waktu melakukan pembelian bensin di Pom Bensin Mini Gaul Pertamini.

Lalu bagaimana cara membuka usaha pertamini? Berikut cara dan modal usaha membuat bisnis pertamini

Buatlah Kios Mini Bernama Pertamini

Jika dulu kios bensin yang hanya mengandalkan drigen untuk literan kemudian dipajang di rak-rak di jalanan. Namun buatlah kios yang mirip dengan pertamina meski ukurannya mini, atau disebut dengan pertamini. Selain buatlah takaran yang memang serupa dan seukuran dengan menggunakan drigen.

Siapkan Modal Uang 

Siapkan modal usaha untuk membangun pertamini hingga Rp 4,5 – 5 juta.  Untuk pompa tabung takaran kaca (5 liter), selang 4 meter, Nozzle SPBU, Besi sekur penahan tabung kanan dan kiri, Pipa penyedot ke dalam drum, 1 Drum, Box dan Neon Box.

Buka Kios yang Letaknya Jauh dari Pertamina

Jika tak ingin menyewa tempat Anda bisa membuka kios di depan rumah Anda. Namun jika ingin usaha lebih menguntungkan maka bukalah kios yang letaknya jauh dari Pertamina. Biasanya di daerah-daerah terpencil yang masih bisa dilalui oleh kendaraan.

Jangan Menjual Bensin Campuran

Meski menguntungkan jangan pernah menjual bensin campuran karena membuat kapok pembeli. Jika Anda ingin untung, tak apa menaikkan harga daripada menjual bensin oplosan.

Harga Jangan Terlalu Mahal

Meski bensin sangat dibutuhkan saat SPBU yang dicari tak kunjung ditemukan. Bukan berarti kita bisa menjual seenaknya. Harga yang ideal adalah Rp 1.000 hingga Rp 1.500 dari harga bensin di SPBU.

Buatlah Surat Izin

Agar nantinya tidak bermasalah maka buatlah surat izin pengecer BBM. Caranya dengan mendatangi SPBU terdekat lalu minta izin untuk mengecer bensin. Biasanya oleh petugas akan diberi selembar formulir ada juga yang langsung mendapatkan surat izinnya. Tergantung dari kebijakan pemerintah setempat.

Rincian Modal Usaha Pertamini Hingga Beroperasi

Berikut ini gambaran modal usaha yang diperlukan dalam memulai usaha bensin pertamini hingga siap buka beserta perhitungan perkiraan keuntungan.
Modal Investasi Usaha Pertamini
Biaya satu unit pertamini harga               Rp 5.000.000
Biaya Listrik Perbulan     Harga              Rp 60.000
Biaya bensin 100 liter @ 7500                 Rp 750.000
Alat portable pemadam kebakaran harga   Rp 140.000
Biaya lain-lain harga                         Rp 1.000.000
Total modal usaha                             Rp 6.950.000
Estimasi modal usaha di atas bersifat gambaran besar bisa berbeda-beda dapat lebih kecil maupun lebih besar disesuaikan dengan lokasi usaha dan harga suplier.
Perlu diketahui banyak sekali jenis pom bensin pertamini yang bisa sobat pilih disesuaikan dengan budget anggaran keuangan yang dimiliki. Seperti model digital maupun manual. Dan ada yang menggunakan sistem tanam maupun portable. Harga yang ditawarkan tentu saja berbeda-beda.   Anda bisa memilih sesuai selera dan kecocokan tempat usaha. Kepercayaan masyarakat sangat tinggi terhadap pom bensin mini pertamini dibanding penjual bensin eceran biasa.  Sehingga lebih menjanjikan untung besar. Kelebihan lainnya, pertamini lebih praktis dan lebih aman, lebih cepat dalam melayani konsumen dengan takaran yang pas, dan konsumen bisa melihat langsung takaran bensin yang telah dikeluarkan.
Omzet Usaha Pertamini
Mengenai besaran omzet dan keuntungan dari usaha bensin pertamini ditentukan oleh banyak faktor seperti harga jual bensin, lokasi usaha, pelayanan kepada pembeli, dan terutama berapa banyak liter bensin yang dapat terjual dalam satu harinya. Tapi berdasarkan pengalaman penulis, pada hari minggu atau libur, penjualan bensin akan mengalami trend menurun karena aktifitas orang tidak sepadat hari biasa.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments