Modal Awal Serta Tips Jitu Usaha Parfum Refill

  • Whatsapp
Modal Awal Serta Tips Jitu Usaha Parfum Refill

Minyak wangi atau parfum pasti sudah menjadi teman setia bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, cairan ini mampu membuat tubuh menjadi wangi dan membuat nyaman orang disekitar. Dengan tingginya minat masyarakat, peluang bisnis parfum refill atau isi ulang sangat menggairahkan di pasaran. Apalagi parfum bisa dianggap sebagai salah satu barang penting bagi sebagian orang.

Memang tidak banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli parfum bermerk, sehingga mereka lebih memilih membeli parfum isi ulang karena memiliki harga yang jauh lebih murah. Ini menandakan bahwa pembeli parfum isi ulang memiliki pasarnya tersendiri, hingga bisnis parfum isi ulang sangat tidak mungkin mengalami penurunan peminat.

Nah kalau bisnis parfum isi pernah terbersit di pikiran kamu, maka kamu harus merealisasikannya. Kalau kamu masih bingung caranya, kamu harus ikutin tips-tips memulai usaha parfum isi ulang di bawah ini. Yuk langsung simak aja ya!

Tips Memulai Bisnis Parfum Refill Original

1. Mencari Pemasok Bibit Parfum dan Penjual Parfum Original

Kamu harus mencari pemasok bibit parfum untuk kamu buat dan dijual di toko parfum kamu. Banyak sekali bibit parfum yang dijual di internet, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 60.000/100ml di marketplace. Cari pemasok terpercaya dan memiliki barang yang berkualitas, sehingga kamu nggak perlu ragu untuk menjualnya kepada pelanggan kamu.

2. Memasang Ads di Instagram atau Facebook

Memasang ads atau iklan di Instagram dan Facebook sangat membantu memasarkan produk-produk kamu ke pasar yang luas. Dengan memasang iklan di media sosial, kamu dapat menjangkau orang-orang yang masuk ke dalam target pemasaran kamu, namun kamu tidak bisa menjangkaunya di kehidupan nyata. Untuk itu peran media sosial sangat besar dalam pemasaran produk kamu. Memang membutuhkan biaya untuk memasang iklan di Instagram atau Facebook, namun biayanya mungkin tidak seberapa dibanding dengan dampak terhadap pembelian produk kamu.

3. Berjualan di Marketplace

Marketplace juga salah satu platform yang akan meluaskan penjualan produk kamu, karena orang-orang yang berada jauh dari kamu bisa membeli produk-produk kamu dengan layanan pengiriman. Apalagi banyaknya promo cashback dan gratis ongkir yang banyak ditawarkan oleh hampir semua marketplace.

Nah ngomong-ngomong soal layanan pengiriman, kamu harus menyediakan layanan pengiriman super cepat dan akurat yang bakal memuaskan pelanggan kamu. Apalagi kalau bukan Anteraja! Layanan pengiriman yang menjamin produk parfum kamu aman sampai tujuan.

Nggak usah takut barang kamu rusak atau pecah, soalnya Anteraja sudah berpengalaman dalam mengirim benda-benda cair. Yuk langsung aja kamu cek ongkir untuk tentukan opsi pengiriman yang ingin kamu gunakan.

4. Pisahkan Modal dan Keuntungan

Jangan pernah menggabungkan uang dari modal dan keuntungan kamu, karena kamu harus memiliki perhitungan masing-masing dari uang yang masuk dan keluar. Dengan memisahkan keduanya, kamu akan tau berapa keuntungan yang kamu dapat setiap bulannya, sehingga kamu bisa menyisihkannya untuk dijadikan modal selanjutnya.

Rincian Modal Awal Bisnis Parfum Refill

1. Modal Investasi Awal

a. Etalase kaca Rp3.000.000

b. Deposit menjadi agen Rp10.000.000

c. Meja dan kursi Rp300.000

d. Kalkulator Rp50.000

e. 100 bibit parfum Rp3.000.000

f. Botol parfum Rp300.000

g. Alkohol Rp100.000

Total Rp16.750.000

2. Biaya Operasional Bulanan

a. Gaji karyawan 2 orang Rp2.000.000

b. Perlengkapan Rp1.000.000

c. Listrik, telepon, dan transportasi Rp500.000

d. Lain-lain Rp100.000

Total Rp3.600.000

3. Asumsi Pendapatan per Bulan

a. Pendapatan

= asumsi omzet perhari Rp200.000

= Rp200.000 x 30hari

= Rp6.000.000

b. Keuntungan

= pendapatan – biaya operasional bulanan

= Rp6000.000 – Rp3.600.000

= Rp2.400.000

Risiko Bisnis yang Mungkin Terjadi

Setiap bisnis pasti memiliki risiko yang berbeda-beda. Meski parfum tidak menggunakan bahan baku mudah basi seperti bisnis makanan, namun ternyata parfum refil juga memiliki permasalahannya sendiri.  Salah satu yang sering menjadi kendala di bisnis parfum isi ulang adalah biang parfum.

Biang parfum memiliki sensitivitas yang tinggi, terutama kepada udara terbuka dan suhu ruangan. Jika botol tak ditutup sempurna, maka udara luar ruang akan masuk ke dalam botol kaleng dan memengaruhi bau atau warna dari biang parfum. Terlebih, biang parfum seringkali dipajang di rak pamer.

Hal ini membuat biang parfum menjadi terpapar sinar matahari. Ketika suhu berubah, ada kemungkinan biang parfum akan rusak. Selain itu, biasanya bagi pelaku bisnis yang berada cukup jauh dari kota akan kesulitan menemukan pelarut parfum. Pelarut parfum ini biasanya menggunakan etanol.

Nah etanol hanya bisa didapatkan di toko kimia. Kendati demikian, faktor ini sebenarnya sudah bisa teratasi dengan pembelian daring, meskipun harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya ongkos kirim.

Jadi gimana? Sudah siap untuk memulai bisnis parfum isi ulang? Siapa tau bisnis parfum isi ulang bisa membawa keuntungan besar untuk kamu. Yang penting selalu sabar dalam membangun bisnis kamu, karena tidak instan untuk menjadi pebisnis sukses. Jangan lupa untuk selalu memuaskan pelanggan kamu, karena reputasi toko kamu ada di tangan mereka. Semoga berhasil!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments