Modal Awal Usaha Seblak Yang Menjadi Trend Saat Ini

  • Whatsapp
Modal Awal Usaha Seblak Yang Menjadi Trend Saat Ini

Apakah Anda sudah pernah mendengar olahan hidangan yang bernama seblak? Walaupun sesungguhnya adalah hidangan khas masyarakat kota Bandung dan sekitaran Jawa Barat tetapi saat ini seblak juga sudah semakin populer hingga ke seluruh wilayah di tanah air.

Bagi yang belum pernah mencicipi atau bahkan melihat jenis hidangan ini, seblak adalah kuliner dengan bahan dasar kerupuk aci yang direbus kemudian direndam dalam air dingin dan ditiriskan. Setelah itu seblak akan diolah dengan beragam bumbu seperti mengolah tumisan dan ditambahkan bahan-bahan lain sehingga menambah citarasanya.

Dilihat dari kacamata bisnis, seblak mempunyai prospek usaha yang cukup cerah karena banyakya peminat hidangan ini. Berikut ini adalah kisaran modal usaha seblak yang mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Memulai Usaha Seblak dan Aci

Kuliner seblak dan aci memancing minat para pebisnis kuliner. Tak mengherankan, jika saat ini mudah sekali menemui dua jajanan tersebut di jalanan dan sudut-sudut kota. Baik yang dijual di gerobak pinggir jalan maupun kafe dan restoran. Untuk memulai usaha seblak secara mandiri, membutuhkan modal investasi Rp3.495.000.

Modal tersebut digunakan untuk membeli kompor dan gas Rp300.000, blender Rp125.000, panci Rp100.000, wajan Rp170.000, pengaduk pisau Rp60.000. Kemudian, meja dan kursi Rp250.000, peralatan makan dan minum Rp30.000, gerobak Rp1.900.000, dan peralatan tambahan lain Rp160.000 – Rp400.000.

Sedangkan per bulannya membutuhkan biaya untuk membeli bahan baku seperti kerupuk Rp450.000, bakso dan sosis Rp600.000, kantong plastik Rp150.000, dan aneka bumbu Rp360.000. Lalu, ada pula tambahan biaya sewa tempat per bulan Rp300.000 serta retribusi Rp50.000. Jadi total membutuhkan dana sekitar Rp1.910.000.

Dengan harga per porsi Rp5.000 dan setiap harinya bisa terjual 20 porsi maka pendapatan kotor yang bisa didapat dalam kurun waktu satu bulan sebesar Rp3.000.000.

Analisa Peluang Usaha Jualan Seblak Sukses dan Untung Besar

Disini kami akan menganalisa usaha jualan seblak agar membantu anda dalam merencarakan usaha yang ingin anda bangun. Meskipun seblak merupakan makanan khas yang mempunyai banyak peminat, namun untuk memulai usaha ini pastinya anda harus melakukan strategi yang tepat agar mampu bersaing dengan penjual seblak yang lain.

Sementara modal yang dibutuhkan untuk berjualan seblak sangat minim, sehingga bisnis ini sangat cocok untuk anda yang sedang bingung mencari usaha yang tepat namun memiliki keterbatasan modal.

Lantas bagaimana sudah yakinkah anda untuk memulai bisnis kuliner seblak? Jika anda sudah mengetahui tentang peluang usaha serta prospek berjualan seblak maka selanjutnya kami akan memberikan cara berjualan seblak agar mampu mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Tentukan Lokasi Jualan Seblak yang Strategis

Setelah anda telah mengumpulkan modal yang anda miliki, selanjutnya adalah anda harus menentukan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang dekat dengan keramaian dan mudah di jangkau masyarakat.

Dengan lokasi yang tepat maka usaha seblak anda akan ramai oleh pengunjung. Beberapa tempat ramai diantaranya adalah di sekitar kampus, sekitar sekolah, di sekitar kantor maupun di pinggir jalan raya yang menjadi tempat lalu Lalang konsumen.

Namun, jangan berjualan di dekat jalan raya besar karena biasanya orang yang lewat disana enggan untuk berhenti menikmati kuliner anda.

Strategi Pemasaran Usaha Jualan Seblak yang Tepat

Selanjutnya adalah merancang strategi pemasaran yang tepat. Meskipun penikmat seblak sangat banyak namun, bukan berarti anda tidak perlu menggunakan strategi untuk pemasaran.

Tips Agar Keutungan Berjualan Seblak Semakin Melimpah

Mengawali sebuah bisnis memang terbilang mudah jika anda mempunyai modal yang cukup. Namun, untuk mempertahankan sebuah bisnis tidak semua pengusaha dapat melakukannya. Oleh karena itu disini kami akan memberi anda tips agar usaha seblak anda tetap berjalan dengan keuntungan yang semakin melimpah, berikut beberapa tips dari kami :

Investasikan Pendapatan Anda

Jangan mudah berpuas diri jika anda sudah mendapatkan pendapatan yang cukup. Gunakan pendapatan tersebut untuk investasi usaha anda agar lebih maju. Seperti contoh memperbesar bisnis anda dengan membuka cabang atau memperluas usaha anda. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang semakin melimpah.

Apakah anda tertarik untuk memulai usaha seblak? Yuk jangan ragu-ragu untuk melangkah jika peluang itu ada ya!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments