Modal Serta Tips Bisnis Saham Bagi Pemula

  • Whatsapp
Modal Serta Tips Bisnis Saham Bagi Pemula

Mengenal Investasi Saham

Sebelum memasuki cara bermain saham, anda sebagai pemula tentunya harus mengenal terlebih dahulu apa itu investasi saham. Saham merupakan sebuah tanda kepemilikan yang bisa digunakan untuk klaim penghasilan perusahaan atau perseroan terbatas.

Dengan membeli saham, anda sudah bisa dikategorikan sebagai pemilik perusahaan sesuai dengan persentase saham yang anda miliki.

Read More

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari saham ada 2 yaitu capital gain dan dividen. Capital gain merupakan selisih harga jual dan harga beli saham yang anda miliki. Capital gain akan didapat ketika anda mendapatkan laba setelah menjual saham anda dengan harga lebih tinggi dari nilai pasar.

Sedangkan yang dimaksud dengan dividen adalah oembagian keuntungan perusahaan yang akan anda dapatkan setiap tahunnya. Dividen akan diputuskan pada rapat umum pemegang saham.

Pahami Cara Kerja Saham

Pahami bahwa harga saham bergerak naik turun dengan cepat. Diperlukan pembacaan situasi dan prediksi yang cermat di sini. Prinsip jual beli saham itu sangat sederhana. Harga saham turun, beli. Harga saham naik, jual. Namun, karena naik turunnya cepat, investasi saham menjadi riskan. Salah-salah prediksi, uang malah melayang.

Faktor “intuisi” menjadi sangat penting. Nah, intuisi untuk membaca pergerakan harga saham tersebut membutuhkan pembelajaran dan pengalaman cukup lama. Secara perlahan, para investor pemula semakin awas dengan naik turunnya harga saham dan paham kapan harus membeli maupun menjual sahamnya.

Cepatnya fluktuasi harga saham membuat investasi semacam reksa dana saham dianjurkan untuk mereka yang berniat melakukan investasi dalam jangka panjang. Paling tidak, investasinya sekitar 5-10 tahun.

1. Perbandingan

Bila tertarik dengan beberapa prospektus, bandingkan dengan cermat terlebih dahulu. Prospektus merupakan dokumen yang memuat informasi mengenai rencana pengembangan sebuah perusahaan. Juga termasuk ke dalam prospektus ini, penawaran perusahaan tentang penjualan harga saham.

2. Performa

Perhatikan performa reksa dana di periode lalu. Cermati apakah kinerjanya selalu konsisten berada di atas performa indeks pasar. Yang dimaksud indeks pasar, yaitu daftar berisi harga saham. Daftar ini memuat indikator pergerakan harian harga saham setiap perusahaan di Bursa Efek.

3. Pergerakan

Perkirakan pergerakan ekonomi di masa mendatang. Ini bagian paling sulit. Kita perlu mempertimbangkan banyak faktor untuk memprediksi pergerakan ekonomi. Yang itu berarti, diperlukan kejelian dalam menganalisa informasi.

Apakah untuk Sukses Modal Awal Investasi Saham Harus Besar?

Dalam praktik jual beli saham, ada paradigma bila modal awal investasi saham yang kecil tidak bisa menjadi sukses. Ini ada benarnya, walaupun secara keseluruhan tidak bisa dibenarkan. Paradigma ini seperti dipelihara dalam forum diskusi investor saham dan berkembang menjadi ketakutan untuk mereka yang mau memulainya dengan asumsi, kalau modal kecil, mana bisa sukses.

Sisi yang benar dari paradigma itu adalah, ketika kamu bermain saham, memang semakin besar modal, semakin potensial kamu mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Katakan kamu melakukan pembelian saham senilai Rp10 juta, lalu kamu untung 10%-nya. Maka kamu akan mendapat Rp 1juta. Cukup besar bila dibanding berinvestasi Rp100 ribu dengan keuntungan Rp10 ribu dengan persentase yang sama.

Namun dengan hitungan yang sama, bermodal besar juga berisiko tinggi. Skenario sebelumnya adalah bila kamu memilih saham yang akan untung. Lalu apa kabar bila saham dari perusahaan yang kamu tanam merugi? Untuk yang bermodal Rp10 juta, akan rugi Rp1 juta, sedangkan yang bermodal Rp100 ribu, hanya rugi Rp10 ribu.

Intinya, dalam bermain saham ada istilahnya “high risk, high return”. Semakin besar kamu menanam saham, semakin besar pula risikonya. Sementara, semakin kecil nominal kamu menanam saham, semakin kecil juga risikonya.

Bila ingat ungkapan “sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit”, maka investor saham dengan modal kecil pun bisa menjadi sukses. Yang dibutuhkan, adalah keyakinan untuk mulai berinvestasi.

Tips Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil

  1. Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Biaya Ringan

Perusahaan sekuritas atau pialang atau broker merupakan suatu perusahaan yang akan membantu anda melakukan transaksi jual beli saham. Keberadaan broker disini sangat penting karena akan mendampingi anda dari awal berinvestasi sampai akhirnya mendapatkan keuntungan, untuk itulah anda harus memilih perusahaan sekuritas yang aman, tepat dan biayanya ringan. Saat memulai investasi saham, anda harus membuka rekening saham dan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang akan anda gunakan untuk bertransaksi. Rekening ini hanya bisa dibuat bersama perusahaan sekuritas.

Untuk anda yang memiliki modal kecil, sebaiknya anda memilih perusahaan sekuritas yang mengizinkan setoran awal rekening dibawah Rp 5.000.000. anda juga harus mempertimbangkan biaya transaksi atau fee broker pada setiap transaksi saham. Harga fee pada setiap perusahaan berbeda, untuk itulah anda harus memilih dengan cermat.

Universal broker sebagai salah satu perusahaan sekuritas mampu melayani transaksi saham anda secara profesional dengan harga yang ramah di kantong. Untuk itu, jangan ragu memilih universal broker sebagai partner investasi saham anda.

  1. Gunakan Aplikasi Trading

Jika dahulu mengurus investasi saham adalah hal yang sulit karena anda kebingungan melihat fluktuasi pasar, saat ini telah banyak perusahaan yang membuat aplikasi trading yang bisa diakses secara online dimanapun dan kapanpun anda berada.

Inilah mengapa anda harus cermat memilih perusahaan sekuritas yang juga menyediakan aplikasi trading untuk mempermudah komunikasi dan mempelajari saham anda. Universal Broker sebagai salah satu perusahaan pialang terkemuka, telah memiliki aplikasi trading yang akan membantu anda memantau pergerakan saham. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa melihat analisa fundamental dari suatu perusahaan.

  1. Pilih Perusahaan yang Tepat

Tips penting cara bermain saham yang selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan publik yang tepat. Pertama-tama, anda harus mengamati pasar terlebih dahulu.

Kira-kira, perusahaan dalam bidang apa yang paling menguntungkan bagi anda di masa depan. Setelah menentukan jenis industrinya, anda bisa mulai mencari-cari perusahaan dalam bidang tersebut yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dengan risiko rendah.

Karena sifat saham itu high risk high return. Namun berhubung modal anda kecil, anda sebaiknya tidak memilih saham dengan risiko tinggi agar anda tidak rugi. Jenis perusahaan yang berisiko tinggi akan lebih mudah dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar sehingga sulit bagi anda untuk membuat laba.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pilihan perusahaan dengan budget yang anda miliki ya, untuk modal kecil biasanya perusahaan yang paling profitable adalah perusahaan BUMN.

  1. Lakukan Diversifikasi

Meskipun memulai dengan modal kecil, anda tetap disarankan untuk melakukan diversifikasi terhadap portofolio saham anda. Pilih dua atau lebih perusahaan publik yang sesuai dengan budget kecil anda.

Cara bermain saham yang satu ini digunakan agar ketika satu saham di perusahaan A sedang merugi, anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari saham di perusahaan B. Setidaknya anda tidak akan mengalami kerugian sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Sebagai tambahan tips cara bermain saham, sebaiknya anda memilih dua atau lebih perusahaan dengan jenis industri yang berbeda.

Misalnya, untuk perusahaan pertama anda memilih perusahaan perbankan dan yang kedua adalah perusahaan konsumsi. Maka ketika ada situasi ketidakstabilan suku bunga, saham anda di perusahaan perbankan akan menurun namun saham anda di perusahaan konsumsi tidak akan terpengaruh akan ketidakstabilan suku bunga.

  1. Pantau Pergerakan Ekonomi dan Giat Melakukan Analisa Fundamental

Cara bermain saham yang selanjutnya adalah dengan sering memantau pergerakan ekonomi baik di dalam maupun di luar negeri. Mengapa? Karena dengan mengamati pergerakan saham anda akan cermat dalam memprediksi pergerakan saham milik anda.

Untuk apa? Hal ini penting untuk menentukan waktu apakah anda harus membeli saham baru atau menjual saham yang telah anda miliki. Selain pergerakan ekonomi, pergerakan sosial dan politik juga seringkali mempengaruhi pergerakan saham.

Selain memantau pergerakan ekonomi, sosial dan politik, anda juga harus sering melakukan analisa fundamental terhadap saham anda dan saham yang anda beli. Analisa fundamental akan membantu anda dalam keputusan membeli atau menjual saham yang anda miliki.

Anda tidak perlu khawatir jika anda belum bisa melakukan analisa fundamental sendiri, karena jika anda memilih Universal Broker sebagai partner investasi saham anda, anda akan mendapatkan fasilitas berupa informasi analisa fundamental dan penjelasannya.

Jadi anda hanya perlu membaca dengan cermat penjelasan yang ada di aplikasi Universal Broker. pihak Universal Broker biasanya juga akan memberikan rekomendasi tindakan apa yang harus anda lakukan terhadap saham yang anda miliki. Apakah harus dijual, dibeli (sebagai tambahan) atau di hold untuk dilakukan tindakan lain di kemudian hari.

Setelah mengetahui modal awal investasi dan tips sukses investasi saham, apa kamu sudah membulatkan tekat untuk memulainya?

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments