Modal Usaha Laundry, Pebisnis Wajib Tahu!

  • Whatsapp

Layaknya usaha lain, bisnis laundry pun membutuhkan modal untuk memulainya. Hanya saja, jumlah modal yang dibutuhkan bervariasi, tergantung dari kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mendirikan usaha laundry eksklusif, maka siap-siap mengumpulkan modal besar untuk membeli perlengkapan-perlengkapan terkini. Untuk memberikan Anda gambaran soal berapa banyak modal yang harus dikumpulkan untuk memulai usaha laundry, berikut ini rincian yang bisa menjadi acuan Anda.

1. Mesin cuci

Alat pertama yang harus ada adalah mesin cuci. Mesin cuci yang bisa Anda gunakan adalah mesin cuci top load atau mesin cuci front load. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan budget Anda. 

Harga untuk mesin cuci top load terbilang lebih murah, mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta. Namun, harga murah ini harus ditebus dengan ketidakpraktisannya. Di sisi lain, mesin cuci front load yang lebih praktis hadir dengan harga dan fitur yang lebih tinggi. Saat ini, Anda bisa menemukan mesin cuci front load mulai dari harga Rp3,5 juta hingga Rp12 juta. 

2. Mesin pengering

Alat kedua adalah mesin pengering. Meski mesin cuci sudah dilengkapi fungsi mengeringkan, namun keberadaan mesin pengering bisa membantu usaha laundry Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Untuk segi harga, mesin pengering ini memang terbilang cukup mahal. Saat ini Anda bisa menemukan mesin pengering dalam berbagai varian dengan keunggulannya masing-masing. Harga yang dipatok pun mulai dari Rp3,6 juta hingga Rp12 juta. 

3. Setrika dan papan setrika

Setrika menjadi perlengkapan wajib yang tak boleh Anda lewatkan. Untuk setrika sendiri, harganya terbilang cukup murah. Setrika konvensional sendiri tersedia mulai dari harga Rp100 ribu hingga Rp300 ribu. Lain halnya dengan setrika uap.

Untuk setrika uap, harga yang dibutuhkan tentunya lebih mahal karena mampu berikan hasil setrika yang lebih rapi dan halus. Anda bisa membeli setrika uap dengan harga mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta, tergantung merek dan fitur yang Anda inginkan. 

Untuk papan setrika sendiri, harganya pun tak terlalu tinggi, tergantung jenis yang Anda pilih. Anda bisa memilih meja setrika yang terbuat dari bahan kayu untuk menghemat biaya. Sebab, meja setrika dari kayu ini biasanya tidak lebih dari Rp100 ribu untuk ukuran 100x36x60cm.

Lain halnya jika Anda memutuskan membeli meja setrika yang terbuat dari besi. Secara kualitas memang lebih terpercaya, namun harganya bisa mencapai Rp300 ribu. Jadi, kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan saja ya. 

4. Sabun cuci dan pewangi laundry

Supaya hasil cuci jadi lebih bersih dan wangi, sabun cuci dan pewangi laundry harus Anda siapkan. Sebagai referensi untuk Anda, sabun cuci laundry per liter biasanya dibandrol dengan harga Rp20.000. Kalau pewangi sendiri, untuk ukuran 5 liter, bisa Anda miliki dengan harga sekitar Rp125.000.

Jika dilihat satuan, harganya memang tampak relatif murah. Namun, karena Anda butuh dalam jumlah yang banyak, harga kumulatifnya jadi cukup tinggi. Untuk menyiasatinya, sebaiknya Anda membeli sabun dan pewangi dalam partai besar di produsennya langsung. 

5. Plastik kemasan laundry

Untuk menjamin kebersihan hasil cucian sebelum sampai ke tangan pelanggan, Anda perlu mengemas plastik-plastik tersebut dalam plastik. Beruntungnya, plastik kemasan untuk laundry ini cukup murah, yaitu mulai dari harga Rp10.000 untuk ukuran 250 gram. Tentu saja, harga plastik akan semakin tinggi untuk ukuran yang lebih besar.

6. Belanja pegawai

Ini dia yang menjadi modal terbesar setelah mesin cuci dan mesin pengering. Jika Anda memutuskan untuk mempekerjakan pegawai untuk laundry, maka Anda juga harus siap membayar mereka dengan upah yang layak, yaitu sesuai dengan upah minimum regional. Maka dari itu, banyak dari pengusaha laundry yang menjalankan seluruh kegiatannya sendiri untuk menekan cost.

Dari kebutuhan-kebutuhan di atas, bisa ditarik kesimpulan tentang berapa modal minimum yang harus Anda sediakan, berikut ini perhitungannya:

ItemJumlahHargaTotal
Mesin cuci termurah2Rp1.500.000Rp3.000.000
Satu mesin pengering1Rp3.600.000Rp3.600.000
Setrika2Rp100.000Rp200.000
Papan setrika1Rp100.000Rp100.000
Sabun cuci10 literRp20.000Rp200.000
Pewangi laundry 10 liter2Rp125.000Rp350.000
Plastik kemasan10 packRp10.000Rp100.000
Grand TotalRp7.550.000

Dari perhitungan di atas, total modal minimum yang harus Anda siapkan adalah Rp7.550.000,-. Hitungan ini masih belum termasuk biaya pegawai dan sewa tempat jika Anda memutuskan untuk membuka usaha laundry di ruko. Jadi, sudah terbayang ‘kan berapa biaya yang harus Anda siapkan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *