Peluang Bisnis Dengan Bahan Indomie, Modal Minim dengan Keuntungan Menjanjikan

  • Whatsapp
Peluang Bisnis Dengan Bahan Indomie, Modal Minim dengan Keuntungan Menjanjikan

Bisnis makanan memang sangat menjanjikan terutama jika berada di kawasan strategis dan dekat dengan keramaian. Apalagi makanan yang ditawarkan terjangkau dan pas di lidah masyarakat seperti warung mie instan yang populer disebut Warkop atau Warung Indomie.

Menurut salah satu pedagang yang hampir 9 tahun membuka usahanya, bisnis mie instan cukup menguntungkan dan mampu menghidupi keluarganya di kampung. Modalnya pun tidak terlalu besar.

“Ya saya itu dari nol jualan mie instan di sini. Beruntung juga dapat warungnya dekat kos mahasiswa. Sudah dari 2008 sampai sekarang. Alhamdulillah, sudah bisa bangun rumah di kampung, sama bisa bayar gaji anak buah,” ujar Yadi (35) di warungnya yang berada di kawasan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (7/5).

Jika anda ingin memulai usaha jual warung Indomie telor sendiri, berikut beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan.

Menentukan Lokasi
Anda bisa memilih antara membuka warung tersebut di area kosong depan rumah anda, atau menyewa sebuah tempat khusus untuk mendirikan warung. Jika anda memiliki tempat sendiri di rumah, dan jika lokasi rumah anda cukup strategis, berarti anda cukup mengeluarkan modal untuk alat memasak, meja-kursi, spanduk dan sebagainya (termasuk warung semi permanen sendiri jika dibutuhkan). Akan tetapi, jika mencari lokasi lain, anda harus siap mengeluarkan uang ekstra untuk investasi tempat berjualan.

Peralatan yang Dibutuhkan
Selain bangunan warungnya sendiri plus spanduk, anda harus menyediakan barang-barang seperti beberapa meja dan kursi, piring, gelas, sendok, garpu, mangkuk, kompor, wajan, panci dan sebagainya. Untuk bahan bakunya, anda terutama harus menyediakan air bersih, Indomie rebus dan goreng, telor, sayur sawi, gula, minuman teh dan kopi atau variasi minuman lain sesuai anggaran serta pertimbangan anda. Untuk tambahan menu, anda cukup menyediakan variasi yang tidak terlalu berat seperti mendoan, tahu isi atau mungkin bubur kacang hijau di pagi hari.

Menyiapkan Modal
Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jual warung Indomie telor tidak mencapai 3 juta rupiah. Berikut adalah perkiraan sederhana modal yang dibutuhkan untuk membuka warung seperti ini (tidak termasuk sewa tempat dan spanduk):

• Bahan baku (Indomie, telor, sawi dan sebagainya): Rp 500,000,-
• Barang tetap (piring, mangkok, meja, kursi, sendok dan lain-lain): Rp 1,500,000,-
• Total: Rp 2,000,000,-

Berikut juga adalah perkiraan pengeluaran sebulan:
• Listrik dan transportasi: Rp 500,000,-
• Belanja bahan baku harian: Rp 150,000,-x30 hari = Rp 4,500,000,-
• Total: Rp 5,000,000,-

Sekarang asumsikan satu mangkok mie anda jual dengan harga 5 ribu rupiah, dan satu hari anda menjual sekitar 50 mangkok, jadi perkiraan keuntungan per bulan adalan 30 hari dikali 50 dikali Rp 5000,- = Rp 7,500,000,-. Jadi, keuntungan per bulan anda dipotong uang belanja adalah sekitar Rp 2,500,000,-. Lumayan menguntungkan bukan?

Lalu, apa sih yang membuat usaha warung indomie tetap eksis di mata masyarakat?

Berikut ini adalah alasan-alasan yang membuat peluang usaha warung indomie tak pernah mati dan selalu eksis:

1. Warung Indomie Tak Butuh Modal Besar

Alasan pertama warung indomie selalu eksis dan tak ada matinya adalah, bahwa untuk membuka warung indomie tak membutuhkan modal yang besar.

Mulai dari harga indomienya, pelengkapnya seperti sayuran sawi, sosis, telur dan saos dan alat-alat serta biaya sewa warung kecil.

Apalagi kalau memanfaatkan rumah sendiri untuk warmindo ini dan memakai peralatan-peralatan dari rumah sendiri. Tentu saja membutuhkan modal yang semakin minim.

2. Harganya Murah Meriah Dibanding Restoran

Alasan selanjutnya, warmindo masih sangat eksis di semua kalangan dikarenakan harga indomie murah meriah. Jika dibandingma. dengan restoran atau rumah makan.

Jika di warmindo hanya perlu uang 10 ribu agar bisa kenyang namun tetap nikmat dan lezat, maka dengan uang 10 ribu di restoran hanya mendapat minuman.

Jadi sudah jelas. Warmindo menyuguhkan harga yang bisa dijangkau semua kalangan dengan tetap membuat mereka kenyang.

3. Banyak Penggila Mie Instan Terutama Indomie

Siapa sih, yang nggak suka dengan indomie? Sebagian besar orang pasti suka. Apalagi pengolahannya yang tak butuh waktu lama, semakin membuat orang makin cinta saya yakan.

Bahkan Indonesia masuk dalam daftar negara yang mengkonsumsi indomie terbanyak. Citarasanya yang membuat rindu, serta harganya yang sangat murah membuat orang-orang sangat memfavoritkan indomie.

Jadi, jelas saja warung-warung indomie tak pernah sepi pengunjung dan selalu dipadati orang-orang di berbagai lapisan masyarakat.

4. Praktis Dan Nggak Repot

Hal ini sudah jelas. Bahwa makan indomie di warmindo sangatlah praktis, nggak perlu repot dan langsung bisa menyantapnya dengan nikmat.

Kalau sugesti orang-orang sih, dimasakin indomie abang-abang warmindo dengan masak indomie sendiri lebih nikmat dimasakin abang-abang warmindo. Dan mereka tak tahu alasannya.

Jadi, mungkin juga karena argumen inilah warmindo jadi tetap ramai. Makanya peluang usaha warung indomie tak ada matinya.

5. Modal Barang dan Bahan Mudah Dicari

Selain modal yang dibutuhkan tak terlalu besar, modal barang dan bahan yang dibutuhkan dalam berbisnis warmindo tak sulit untuk didapatkan.

Ini sudah jelas. Kamu akan dengan mudahnya menemukan indomie di supermarket atau di toserba di sekitar daerahmu. Kemudian untuk bahan lain seperti telur, sawi dan sosis juga tak sulit untuk didapatkan.

Lalu peralatannya juga sederhana. Bahkan bisa diambil dari rumah sendiri seperti panci untuk rebus mie, wajan, kompor serta alat makan. Kalau semua sudah ada, ya tinggal buka aja warungnya.

6. Lokasinya Bisa di Mana Saja

Kalau membuka bisnis lain perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat, untuk bisnis usaha warmindo kamu tak perlu bingung, deh. Membuka warmindo tak perlu diambil pusing soal lokasi.

Asal lokasi tersebut ramai orang, dijamin warungmu akan dikunjungi banyak orang. Bahkan buka di rumah sendiri pun masih bisa berpeluang ramai.

Kamu juga bisa membukanya di dekat kantor-kantor, kampus, kos-kosan atau dekat supermarket.

Jadi tambah tertarik kan untuk memulai bisnis dengan kreasi indomie? Intinya bisnis berbahan Indomie tidak peranah ada matinya! Selamat mencoba!

 

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments