Penting Untuk Fresh Graduate! Tips Bikin CV Yang Menarik Supaya Cepat Dapat Pekerjaan

  • Whatsapp
Penting Untuk Fresh Graduate! Tips Bikin CV Yang Menarik Supaya Cepat Dapat Pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan setelah kuliah sebagai keinginan tiap fresh graduate. Tetapi, alumnus sarjana yang semakin melonjak setiap tahun pasti membuat kompetisi makin ketat. Nach, supaya kelihatan menonjol di mata perekrut, Sahabat Medcom dapat membuat curriculum vitae atau CV yang memikat.

Biasanya, CV berisi info sekitar pengalaman dan kisah pengajaran. Info itu selanjutnya dapat diperkembangkan kembali agar kelihatan semakin kompeten. Diambil dari situs Mahir, berikut tujuh strategi membuat CV yang memikat:

Read More

1. Sertakan perjumpaan diri yang memikat

Introduction atau perjumpaan diri sebagai sisi awalnya CV yang dapat disebut berperanan penting. Karena, perekrut akan mendapatkan deskripsi atau kesan-kesan awalnya pada diri pelamar dari sisi ini.

Karena itu, sisi introduction tidak dapat diremehkan. Tulislah kalimat yang memvisualisasikan diri sebagai figur kapabel dan optimis. Walau baru lulus, pelamar harus memberikan kesan-kesan jika dianya bisa dihandalkan dan dapat bekerja maksimal.

Pada bagian bawah atau samping introduction, bisa juga tercantum kolom yang berisi alamat rumah, e-mail, atau nomor telephone. Ini perlu ditulis supaya memudahkan perekrut untuk mengontak pelamar bila bisa lolos penyeleksian administrasi.

2. Kisah pengajaran

Di bagian ini, pelamar tak perlu tuliskan kisah pengajaran dari TK sampai akhir. Cukup sertakan kisah pengajaran paling akhir, seperti nama universitas, fakultas, jalur, dan IPK. Atau, juga bisa tuliskan pengajaran SMA bila bersekolah di sekolah menengah atas internasional dan terkenal.

3. Tulis perolehan atau prestasi

Prestasi atau perolehan saat kuliah menjadi nilai lebih untuk fresh graduate di mata perekrut. Karena itu, seharusnya sertakan penghargaan-penghargaan yang dipunyai, seperti penghargaan cumlaude, ganda degree, atau kejuaraan wilayah dan nasional. Disamping itu, juga bisa menulis beasiswa yang didapat saat kuliah.

 4. Bagi pengalaman organisasi, magang, atau KKN

Walau dengan status sebagai fresh graduate, tidak berarti tidak mempunyai pengalaman sama sekalipun. Tidak harus pengalaman kerja, pelamar dapat memberikan pengalaman organisasi, praktikum, magang, atau project kuliah kerja riil (KKN).

5. Sertakan kekuatan yang dipunyai 

Kemampuan atau kekuatan sebagai aspek khusus yang perlu tercantum dalam CV fresh graduate. Tetapi, seharusnya sertakan kemampuan yang berkaitan dengan sektor tugas yang dilamar.

Sebagai contoh, bila ingin ajukan lamaran sebagai Copywriter, karena itu sertakan kemampuan menulis dan gaya bahasa yang terkuasai.

6. Catat semua info dengan jujur

Meskipun mempunyai tujuan untuk kelihatan menonjol dibanding dengan pelamar lain, janganlah sampai Sahabat Medcom menulis info yang terlalu berlebih di CV. Cukup catat semua info dengan jujur, tanpa perlu menambah beberapa hal yang tidak penting.

Bila info dicatat terlalu berlebih, malah itu bisa menjadi boomerang tertentu untuk pelamar. Karena, perekrut dapat ketahui mana calon yang jujur dan yang mana tidak.

7. Bikinlah CV yang ATS-friendly

Dari beberapa pelamar, pasti kemungkinan kecil perekrut membaca satu-persatu isi CV. Karena itu, diperlukan CV yang ATS friendly supaya bisa lolos tahapan screening dan mendapatkan peluang untuk turut interviu.

Itu beberapa strategi untuk membikin CV yang memikat perekrut. Supaya lebih gampang mendapatkan deskripsi berkenaan CV yang bagus, baca contoh berikut ini:

© Disiapkan oleh Medcom.id gambar medcom

Contoh CV. Mahir

Document CV yang begitu sebenarnya dapat dibikin secara mudah memakai beragam program atau web, seperti Canva. Langkah membuat lumayan gampang, yaitu perlu pilih desain dan dapat mengubah pola desain itu sama sesuai data diri.

Tetapi, penyeleksian warna tulisan dan background, dan ukuran tulisan penting diingat. Maksudnya supaya perekrut bisa membaca CV secara jelas. Selamat mempraktikkan membuat CV sendiri, Sahabat Medcom!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments