Rincian Modal Awal Bisnis Pecel Lele

  • Whatsapp
Rincian Modal Awal Bisnis Pecel Lele
Pecel lele atau dikenal juga dengan nama pecak lele merupakan makanan asli Indonesia yang menjadi makanan khas Jawa Tengah, makanan ini terdiri dari ikan lele, sambal dan tak lupa lalapannya.

Karena makanan ini merupakan makanan asli jawa tengah, itulah sebabnya kita dapat menjumpai pecel lele yang banyak dijual orang bernama pecel lele lamongan.

Read More

Bagi sebagian orang, pecel lele dianggap sama seperti pecel-pecel lain yang menggunakan sambal kacang sebagai sambal utamanya. Namun untuk pecel lele ini biasanya disajikan dengan sambal tomat atau sambal terasi.

Lele yang merupakan ikan tawar dapat dengan mudah didapatkan karena masyarakat sudah banyak yang membudidayakan jenis ikan ini, selain mudah dalam hal perawatan namun juga mudah laku karena tingginya permintaan pasar. Hampir semua kalangan menyukai jenis ikan ini karena harganya murah, cara penyajiannya pun juga mudah.
Pecel lele adalah menu makanan yang murah meriah, menu ini sering dijadikan alternatif pengganti menu ayam. Menu ini banyak peminatnya karena memang harganya yang murah serta rasa sambalnya yang sangat enak. Kalau dulu pecel lele banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan dengan konsep penggunaan gerobak sebagai media jualan, namun sekarang menu ini sudah masuk restoran bahkan sebagai menu utama.
Menurut sebagian orang hal ini menjadikan peluang bagi mereka untuk membuka usaha kuliner “Pecel Lele”. Selain karena banyaknya peminat, modal yang tidak terlalu besar menjadikan banyak orang tertarik untuk membuka usaha pecel lele. Hampir setiap kalangan menyukai menu satu ini, sehingga peluang usaha ini sangat menguntungkan.
Usaha pecel lele merupakan usaha yang tak kenal kawasan karena usaha ini dengan mudah ditemukan di setiap daerah. Menu satu ini sudah menjadi makanan khas di Indonesia bahkan menyasar semua kalangan dari kalangan bawah sampai atas, dari konsep gerobak hingga restoran mahal.
Usaha ini memiliki kelebihan yaitu jumlah permintaan yang tidak pernah berhenti dan tidak berpengaruh pada trend yang berkembang di masyarakat. Bagi yang ingin terjun ke usaha kuliner, usaha warung pecel lele bisa menjadi pilihan tepat yang sangat menguntungkan.
Rincian Modal Usaha Pecel Lele
Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini modal awal usaha pecel lele dalam bentuk warung gerobak, antara lain:

1.Gerobak atau both. Gerobak yang dibutuhkan sebanyak satu unit. Jika usaha pecel lele sudah berkembang pesat, sobat bisa membeli beberapa gerobak untuk ditempatkan di daerah lain sebagai cabang. Pastikan gerobak dalam keadaan bersih, terawat dengan desain yang menarik. Harga gerobak pecel lele sekitar Rp 2 juta.

2. Tenda. Harga terpal ukuran 4 x 6 meter untuk tenda pecel lele sebesar Rp 1 juta.

3. Kompor gas sebanyak satu unit. Pilihlah yang merek berkualitas dan aman seperti Quantum. Harga kompor Rp 500 ribu.

4. Peralatan pendukung seperti sendok, teko, gelas, piring dari anyaman bambu, etalase kecil, termos, wajan penggorengan, ulekan, pisau dapur, ember, daun pisang, garpu, tempat sendok, tempat kecap, tusuk gigi, tisu, wadah nasi, wadah kobokan, lap, kursi plastik, dll. Investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 5,4 juta.

5. Media promosi seperti spanduk. Harga spanduk pecel lele Rp 100 ribu.

Pendek kata, modal usaha pecel lele yang diperlukan untuk membeli perlengkapan dan alat usaha sebesar Rp  9 juta.

Selain alat dan perlengkapan di atas, modal usaha pecel lele termasuk dalam bahan baku seperti ati ampela, gula pasir, garam, minyak goreng, tempe, tahu, daging ayam, lele, sayuran lalapan, bumbu, rempah-rempah, es batu, minuman teh celup, air putih matang, kopi, beras, gas, dll. Biaya modal usaha bahan baku sekitar Rp 200 ribu per hari.

Biaya operasional usaha pecel lele antara lain iuran bulanan listrik sebesar Rp 20 ribu, sewa lokasi usaha Rp 300 perbulan, biaya transportasi Rp 200 ribu, pungutan retribusi Rp 30 ribu, bayar air dan gaji pegawai tetap Rp 2 juta perbulan. Dalam sebulan keuntungan bersih yang bisa diperoleh dari usaha pecel lele konsep warung gerobak sebesar Rp 5 juta perbulan. Lumayan bukan bagi kalangan pemula dalam bisnis ini?

Bagaimana anda tertarik membuka usaha pecel lele dengan konsep kaki lima maupun restoran ? jika tertarik segeralah membuka warung dan rumah makan pecel lele di daerah atau tempat bisnis yang masih jarang pesaing dan berada di sekitar pangsa pasar. Adapun target pasar bisnis kuliner warung makan pecel lele adalah mahasiswa, karyawan kantor, warga perumahan dll. Usaha pecel lele sendiri maupun bentuk waralaba sangat menjanjikan dijalani saat ini.

Sebenarnya ada cara lain dalam membuka usaha pecel lele dengan mudah yaitu meneruskan usaha pecel lele yang telah bangkrut. Misalkan di daerah Anda terdapat tulisan iklan Warung Pecel Lele Dijual maka itu peluang bisnis yang bagus dalam menjalankan bisnis pecel lele. Tugas anda hanya melanjutkan usaha pecel lele. Tempat dan peralatan perlengkapan usaha sudah siap pakai.

Keuntungan Usaha Pecel Lele
Banyak sekali keuntungan dari bisnis pecel lele. Salah satunya adalah keuntungan usaha pecel lele sangat besar. Seperti yang dialami oleh pengusaha restoran pecel lele bernama Suprayitno yang mampu mengantongi untung bersih pertahun sekitar Rp 200 juta. Hal ini karena usaha pecel lele sudah populer di masyarakat sehingga selalu laris manis dipadati para pembeli dengan jam buka sangat fleksibel.

Keuntungan lain dari bisnis pecel lele adalah usaha ini sudah ada dalam bentuk waralaba yakni Pecel Lele Lela. Usaha pecel lele dalam bentuk franchise makanan lebih menjanjikan. Dikarenakan ia sudah memiliki sistem yang jelas, prosedur yang baku berjalan sendiri dan terbukti menguntungkan, memiliki brand yang sudah dikenal orang dan mempunyai banyak pelanggan loyal di seluruh tanah air dan lain sebagainya. Jika sobat mempunyai modal usaha uang dalam jumlah besar maka dapat membuka usaha pecel lele secara waralaba. Misalnya Pecel Lele Lela.

Untuk meningkatkan pendapatan dari usaha pecel lele, sobat bisa menjadi peternak lele secara kecil-kecilan. Dengan demikian pasokan ikan lele bisa dipenuhi secara mandiri oleh diri sendiri. Beternak ikan lele sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Adapun kolam bisa dalam bentuk terpal maupun tembok beton. Yang penting adalah pemberian pakan secara tepat waktu dan konsisten setiap hari.

Namun dalam merintis bisnis, kesuksesan tidak lepas dari usaha penjual sendiri. Dalam merintis peluang baru selain kerja keras, kegigihan dan doa harus selalu imbang. Membuka bisnis baru bukan seperti membalikkan tempe dalam penggorengan, harus ada kerja ekstra untuk mencapai tujuan yang menguntungkan, tidak ada hasil tanpa adanya kerja keras.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments