TIps Berbisnis Dengan Teman Agar Awet Dan Tak Ada Masalah

  • Whatsapp
TIps Berbisnis Dengan Teman Agar Awet Dan Tak Ada Masalah

Membangun bisnis bersama teman memang bisa meringankan permodalan. Tapi sering juga bisnis yang dijalani tiba-tiba hancur karena adanya ketidakcocokan. Alih-alih berkembang, bisnis yang dirintis bersama pun gagal di tengah jalan.

Nah, buat yang pengin bisnisnya awet dan terhindar dari masalah sesama teman, berikut ini beberapa tips yang perlu dipraktikkan. Yuk simak aja.

1. Satukan Visi dan Misi Sejak Awal

Ketika ingin memulai sebuah bisnis, tentunya harus memiliki sebuah visi dan misi. Pasalnya, visi dan misi yang diemban tersebut yang akan membuat langkah pasti arah sebuah bisnis saat dimulai.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memulai bisnis bersama teman, maka pastikan terlebih kalian berdua telah memiliki kesamaan visi dan misi.

Sebab, terkadang bisa saja temanmu lebih fokus pada profit dan kemampuan dalam menjual produk yang sangat besar. Sedangkan kamu sendiri justru menginginkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mengembangkan networking dalam berbisnis. Hal ini tentunya akan berdampak pada bisnis yang dijalani oleh mau dan temanmu ke depannya.

2. Bersikap profesional

Prinsip “teman adalah teman dan bisnis adalah bisnis” memang harus diterapkan saat membangun bisnis bersama teman. Artinya, jangan karena kerja bareng teman, bisnis yang kamu lakoni bisa seenaknya dijalankan. Bersikaplah profesional agar bisnis yang dirintis bisa langgeng.

3. Buang Ego Masing-Masing

Menyatukan dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda tentunya akan terasa sulit. Untuk itu, buanglah ego masing-masing terlebih dahulu agar bisnis tersebut dapat baik sesuai dengan rencana.

Utamakan kepentingan bersama demi tercapainya tujuan bisnis kalian berdua. Jika idemu dirasa memang kurang baik untuk jalannya bisnis, maka turunkanlah ego dan pakailah ide yang terbaik untuk kemajuan bisnis tersebut.

4. Saling percaya

Menjaga kepercayaan masing-masing saat membangun bisnis bersama teman adalah salah satu hal penting. Rasa saling percaya satu sama lain akan membuat usaha yang dilakoni terhindar dari konflik.

Membangun kepercayaan bersama kolega bisnis bisa dimulai dari sikap saling terbuka. Misalnya soal pengeluaran dan pemasukan. Coba usahakan untuk transparan. Sekecil apapun uang masuk dan keluar haruslah dicatat dan diketahui bersama.

Bicarakan pada kolega bahwa semua pengeluaran diperuntukkan buat kegiatan yang menunjang perkembangan bisnis. Kalau udah sama-sama saling percaya, yakin deh gak bakal ada pertengkaran saat menjalani bisnis bersama.

5. Tentukan Pembagian Tugas

Pembagian tugas serta kewajiban masing-masing pihak harus dibicarakan dan ditetapkan sebelum bisnis dimulai. Semua harus jelas dan tercatat dalam kontrak kesepakatan. Apabila semua pihak ingin aktif, maka perlu susunan posisi struktural demi menentukan puncak pimpinan.

Pastikan juga kamu bekerja secara profesional, dan bedakan antara bekerja dan bermain. Bisa saja saat kamu berkumpul dengan temanmu, yang ingin dilakukan adalah curhat, berbelanja, atau pergi ke tempat kongkow bersama.

Namun, saat sedang dalam keperluan kerja, sebaiknya hindari kegiatan seperti itu. Ingat, kamu adalah pemilik usaha yang harus bekerja secara profesional.

6. Untung rugi ditanggung bersama

Saat penjualan sedang bagus, maka keuntungan dibagi bersama. Begitu juga saat mengalami kerugian, risiko juga ditanggung bareng.

Keuntungan dan kerugian harus sama-sama dirasakan saat menjalani bisnis bareng. Jangan sampai ketika menanggung kerugian, satu dari kita gak mau terima. Makanya perlu komitmen dari awal saat membangun bisnis bareng.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis dengan teman. Nah, selamat mencoba!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments