Tips Bisnis Clothing Bagi Pemula Jika Ingin Sukses

  • Whatsapp
Tips Bisnis Clothing Bagi Pemula Jika Ingin Sukses

Bisnis pakaian di Indonesia adalah salah satu bidang yang paling banyak dilirik oleh para calon pebisnis. Selain karena memiliki prospek pasar yang menjanjikan, bisnis pakaian juga terdiri dari berbagai macam konsep yang bisa dipilih. Salah satu konsep yang cukup menarik untuk dicoba adalah bisnis line pakaian alias clothing line.

Clothing line adalah bisnis yang mengacu pada usaha menciptakan sebuah brand fashion yang memproduksi desain fashion sendiri. Meski terkesan mudah, ternyata membuka clothing line sendiri tidak sesederhana yang dibayangkan. Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini, simak tips-tips penting berikut.

1. Lakukan riset bisnis cloting line (produk jual, kemampuan konsumen, kompetitor)

Riset pasar adalah proses evaluasi kelayakan suatu produk atau jasa berdasarkan kebutuhan target market Proses riset pasar dilakukan dengan cara penyebaran survei yang berisi beberapa pertanyaan

Yang harus diperhatikan saat Anda pertama kali riset adalah :

Tentukan siapa target market lalu produk yang dijual

Target pasar adalah orang-orang yang menjadi target penjualan atau orang yang nantinya akan membeli produk Anda Target pasar dikelompokkan berdasarkan gender, umur, hobi, kebiasaan, lokasi, pekerjaan, menikah atau belum dan lainnya

Dari pemilihan target pasar ini membantu Anda untuk menentukan apa produk bisnis clothing line yang dijual Misalnya, target pasar Anda adalah seorang karyawan wanita yang lebih banyak habiskan waktunya untuk bekerja di kantor Berarti Anda bisa menjual kemeja formal, celana formal, blouse, blazer dan lainnya, tapi produknya khusus untuk wanita

2. Buat Desain Unik

Salah satu ciri khas produk clothing line yang membedakannya dengan produk dari mall atau butik adalah desainnya yang unik dan tidak pasaran. Semakin unik desain Anda, semakin tinggi minat pasar terhadap produk Anda. Rajin-rajinlah mencari referensi desain sebagai sumber inspirasi. Anda juga bisa mendengarkan permintaan pelanggan tentang desain baju yang mereka inginkan.

3. Pahami Kemampuan daya beli konsumen

Anda kira-kira dulu apakah harga produk dari bisnis Anda terjangkau oleh masyarakat sekitar.  Kalau Anda pasang harga sekian target market Anda mampu beli atau enggak

Contohnya Anda jual kemeja untuk perempuan dengan target mahasiswa/pegawai  Lalu sesuaikan harganya, karena target Anda dari kalangan orang yang bisa cari uang sendiri bisa saja Anda jual 50rb  untuk 1 pcs.

4. Bangun Brand Image Anda

Brand atau merk adalah identitas utama bisnis Anda. Gunakan nama yang unik dan mudah diingat. Salah satu daya jual yang membuat produk dari bisnis clothing line lebih mahal adalah karena brandnya. Buat pula logo serta slogan yang unik, kreatif, mudah diingat, dan tentu saja sesuai dengan konsep yang ingin Anda usung. Sebagai ajang promosi sekaligus branding yang mudah dan murah, Anda bisa mencoba strategi endorse menggunakan jasa selebgram atau artis di media sosial.

5. Ikuti tren

Setelah mengenal dunia fashion saatnya Anda mengikuti tren fashion. Anda harus up to date tentang tren fashion dari dalam atau luar negeri, ini gak akan jauh dari model baju dan desainnya

Untuk bisnis clothing line harus cari tahu tren desain yang lagi hits itu apa saja

6. Pilih Vendor Clothing Yang Berkualitas

Pastikan untuk memilih vendor dan pabrik produksi yang terpercaya dan dapat menghasilkan baju berkualitas sesuai keinginanmu. Proses produksi sangat mempengaruhi hasil dan kualitas pakaian yang akan dijual. Jadi, jangan lupa untuk melakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih suatu vendor tertentu.

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Cara membuat brand clothing sendiri berikutnya adalah dengan mengetahui berapa harga yang harus Anda berikan untuk bisa memperoleh keuntungan yang maksimum.

Salah satu tagline yang terkenal dari berjualan bisnis fashion adalah “Modal minim, keuntungan besar.” Untuk bisa memastikan bahwa Anda memang memperoleh keuntungan dari jualan baju Anda, perlu ada beberapa hal yang Anda pertimbangkan, yatu :

  1. Harga Beli Produk : baik Anda memproduksi baju Anda sendiri maupun membeli secara grosir, Anda harus menghitung total biaya (termasuk ongkos kirim dan operasional) untuk menentukan harga produk Anda.
  2. Jumlah Margin : umumnya, harga margin produk berkisar antara 10-30% untuk tiap produk. Namun jika produk Anda tergolong langka atau eksklusif, maka Anda bisa mematok margin diatas 50%. Serendah-rendahnya, Anda bisa memasang margin 15% untuk mendongkrak penjualan di tahap awal.

Harga jual produk bisa diperoleh dari harga beli produk + biaya operasional dan biaya lainnya + jumlah margin yang ingin Anda peroleh.

Promosi Dan Promosi!

Salah satu tips penting ketika membangun bisnis clothing line untuk pemula adalah dengan memastikan bahwa Anda selalu melakukan promosi baik itu organik maupun berbayar untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Beberapa strategi marketing yang efektif untuk bisnis fashion adalah sebagai berikut.

  • Gunakan Media Sosial

Hingga kini, jumlah pengguna internet di Indonesia telah capai 202,6 juta orang sementara untuk pengguna media sosial telah mencapai 170 juta orang. Terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan mulai dari Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, dan banyak lagi. Pastikan target audiens Anda memang berada pada media sosial bersangkutan.

  • Fokus pada Visual

Ketika membeli produk fashion, pastinya gambar produk akan jadi hal pertama yang dilihat. Baik Anda memposting produk di website maupun media sosial, pastikan Anda memasang foto yang jelas. Anda juga bisa menyewa orang untuk menjadi model dari produk baju Anda agar lebih menarik.

  • Manfaatkan Blog

Cara membuat brand clothing sendiri yang sama pentingnya adalah menggunakan plot sebagai media promosi. Faktanya, tak ada orang yang suka diberikan iklan. Namun, banyak orang yang mencari informasi melalui internet, terutama Google. Dengan memanfaatkan blog sebagai sarana berbagai informasi fashion mulai dari OOTD, bahan-bahan fashion, tips merawat pakaian dan sebagainya, Anda akan bisa memperoleh banyak pembaca yang pada akhirnya akan menjadi pelanggan Anda.

  • Adakan Kontes atau Giveaway

Masyarakat Indonesia menyukai hal-hal yang berbau Giveaway atau produk gratis. Meskipun pada awalnya Anda harus mengeluarkan modal lebih untuk Giveaway, Anda bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan produk maupun brand Anda.

Itulah tips bisnis clothing line untuk pemula. Yang penting jangan menyerah ditengah jalan dan silahkan mencoba tips diatas

Related posts

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments