Tips Jitu Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Pekerjaan

  • Whatsapp
Tips Jitu Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Pekerjaan

Kita pasti inginkan tugas yang terbaik. Untuk mendapatkan sebuah tugas, karena itu kita harus melalui rangkaian proses penyeleksian.

Salah satunya proses yang perlu dilalui ialah interviu atau interviu kerja. Tingkatan ini penting karena benar-benar tentukan diterima atau tidak kita di perusahaan yang kita lamar.

Read More

Ingat keutamaan proses interviu, karena itu kita harus memberi jawaban yang terbaik dari tiap pertanyaan yang diberi.

Bila jadi perhatian, ada banyak pertanyaan yang selalu ditanyakan pada calon karyawan dalam interviu. Satu diantaranya ialah pertanyaan untuk mengenalkan diri sebagai pembuka interviu.

Di awal interviu, umumnya kita akan dipersilakan untuk menerangkan kita. Walau simpel, tetapi ini samgat penting karena kita akan memberi deskripsi berkenaan kita.

Disamping itu, ini akan memengaruhi jalannya interviu. Sering beragam pertanyaan seterusnya pergi dari perjumpaan kita.

Berikut ialah 4 panduan yang dapat kita kerjakan untuk mengenalkan diri saat interviu kerja.

1. Tidak Perlu Menerangkan Info Individu dengan Detil

Walau dipersilakan untuk mengenalkan diri, tetapi kita tak perlu menerangkan info individu kita dengan detil. Misalkan info tentang alamat, status pernikahan, dan lain-lain.

Info yang dibutuhkan semestinya telah tercantum dalam arsip yang kita kirimkan. Menerangkan info individu dengan detil cuma akan habiskan beberapa waktu, tetapi tidak memberikan nilai lebih untuk kita.

2. Katakan Pengalaman

Dibandingkan menerangkan info individu, lebih bagus kita bercerita pengalaman kita yang terkait dengan status yang kita lamar. Misalkan dengan pengalaman kerja atau training yang sempat kita kerjakan. Ini akan memperlihatkan kapabilitas kita dalam status yang kita lamar.

Bila kita seorang fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja, kita dapat bercerita sisi dari pengajaran kita yang mempunyai hubungan dengan status yang kita lamar.

3. Terangkan Kekuatan yang Terkuasai

Selainnya bercerita pengalaman, kita perlu untuk menerangkan kekuatan yang kita kuasai. Tetapi, penting diingat jika kita harus jujur, dalam pengertian kita bercerita kekuatan yang betul-betul kita kuasai dan bisa dipertanggungjawabkan. Sebaiknya kembali bila kita menerangkan kekuatan yang mempunyai bukti atau sertifikasi.

4. Terangkan Kesesuaian Diri dengan Status yang Dilamar

Sesudah menerangkan pengalaman dan kekuatan yang kita punyai, kita perlu menerangkan kesesuaian dari beberapa hal yang kita punyai dengan status yang kita lamar. Hal jni untuk memberikan kesan-kesan jika kita memang pas untuk isi status yang diperlukan.

Begitu 4 panduan yang dapat kita kerjakan untuk mengenalkan diri saat interviu kerja. Mudah-mudahan sukses!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments