Tips Keuangan Untuk Umkm Agar Bisnis Terus Berjalan Lancar

  • Whatsapp
Tips Keuangan Untuk Umkm Agar Bisnis Terus Berjalan Lancar

Management keuangan menjadi satu diantara hal penting yang perlu dilaksanakan untuk beberapa aktor Usaha Micro Kecil dan Menengah atau UMKM untuk dapat menjaga upayanya ketika keadaan apa saja.

Hal itu muncul dalam dialog kelanjutan Kelas Mentoring 4 untuk aktor UMKM yang diadakan suara.com bertema “Management Kontan Flow Baik, Investor Melirik” lewat virtual pada Rabu (21/9/2022).

Read More

“Permasalahan keuangan ialah permasalahan yang kerap kali hadapi untuk beberapa aktor UMKM,” sebutkan Hanindyo Notohatmodjo Head of Sustainability and Specialised Finance ASYX.

Karena itu, kata Hanindyo, management keuangan sebagai salah satunya cara pas yang perlu dilaksanakan beberapa pebisnis terhitung beberapa aktor UMKM.

Management keuangan, katanya, mempunyai tujuan untuk mengurus modal untuk hasilkan keuntungan dan manfaatkan beberapa sumber modal untuk mengongkosi usaha.

Tetapi seringkali aktor UMKM tidak lakukan ini. Seumpama masalah pembelahan uang individu dan uang untuk usaha, di mana rerata aktor UMKM masih menambahkan dua sumber uang itu.

“Semestinya aktor UMKM ini menjauhkannya, memakai amplop atau membuat rekening yang lain,” ucapnya.

Maksudnya, supaya saluran cash flow yang masuk dan keluar jadi lebih terang hingga beberapa aktor usaha dapat semakin gampang untuk mengelola keuangan mereka.

“Kita dapat ketahui berapakah kepentingan kita untuk berbelanja modal, hingga kita mengetahui berapakah jumlahnya uang yang keluar dan masuk,” tuturnya.

Hingga, katanya, tiap usaha minimal harus ketahui berapakah ongkos operasional upayanya, berapakah keuntungan yang didapat, dan berapakah modal yang dipakai untuk usaha.

“Dengan begitu, beberapa pemilik usaha dapat menilai kekuatan dan kemampuan upayanya hingga rencana peningkatan usaha bisa diputuskan berdasar data pendataan itu,” ujarnya.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments