Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil, Di Jamin Anti Gagal

  • Whatsapp
Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil, Di Jamin Anti Gagal

Beberapa orang takut mengawali usaha karena tidak ingin hadapi resiko rugi yang kemungkinan bisa terjadi. Walau sebenarnya, ada langkah untuk meminimalisir resiko rugi dalam menjalankan bisnis.

Yok, baca panduan mengawali usaha bermodal kecil dari Raymond Chin, Co-Founder dan CEO Ternak Uang, supaya kamu tidak lagi takut dan sangsi jadi seorang pelaku bisnis. Inilah, mencuplik tayangan jurnalis yang diterima Suara.com.

Read More

1. Kerjakan penelitian

Penelitian dibutuhkan untuk validasi, apa gagasan kamu akan bekerja atau mungkin tidak. Dalam prakteknya, penelitian terdiri dua, yakni penelitian pasar dan penelitian pesaing. Penelitian pasar konsentrasi ke survey customer. Dan penelitian pesaing dapat dengan menganalisa lalu memperbandingkan kelebihan serta kekurangan produk pesaing lewat produk yang hendak dipasarkan.

Andaikan banyak pesaing disekitaran, konsentrasi ke USP (Unique Selling Proposition), yakni kekhasan atau hal yang membandingkan produk yang hendak kita pasarkan.

2. Produk

Untuk mengawali usaha, upayakan tidak stock barang dalam jumlah yang banyak. Buat minimal viable product (MVP) untuk memperoleh masukan dari customer, hingga kita ketahui apa yang diharapkan customer.

Selanjutnya, untuk besaran margin keuntungan dari modal, Raymond mereferensikan keuntungan di range 50 %. Tetapi untuk yang baru memulai, dipersilahkan untuk memperkecilnya kembali.

3. Marketing

Ada tiga hal yang penting ditegaskan di bagian marketing. Pertama, lihat dasar usaha, seperti simbol. Ke-2 , komunikasi yang bagus, terhitung dengan suplier dan customer. Ke-3 , tawarkan melalui lajur organic kanal dengan memakai basis sosial media. Selanjutnya, tidak boleh malu untuk jemput bola, coba pasarkan produk yang dipasarkan ke orang paling dekat.

4. Operasional

Pada intinya, operasional usaha didukung oleh beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan untuk gerakkan usaha, terhitung masalah administrasi. Sesudah proses administrasi kelar, tulis penghasilan dan pengeluaran. Lantas, tulis inventori, stock barang.

5. Modal

Modal tidak jadi ukuran keberhasilan dalam bernisnis. Jika modal kurang sekali, dapat memakai mekanisme pre-order. Untuk peruntukan modal, Raymond mereferensikan formasi 40% (R&D) : 40% (produk) : 20% (distribusi).

Nach, tersebut lima hal yang perlu jadi perhatian buat kamu yang ingin mengawali usaha bermodal kecil. Selamat mempraktikkan!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments