Tips Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga

  • Whatsapp
Tips Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga

Tips menabung bagi ibu rumah tangga itu sangat penting diterapkan. Karena sebagai ibu rumah tangga, Anda dituntut supaya dapat mengatur keuangan dengan baik. Bagaimanapun juga, ibu rumah tangga itu harus bijak supaya kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi. Namun, sayangnya tidak semua ibu rumah tangga dapat menabung.

Sulitnya mengatur keuangan keluarga membuat para ibu rumah tangga menjadi kesulitan menabung. Hal seperti ini sering diperdebatkan oleh ibu-ibu rumah tangga. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan menggunakan sisa uang bulanan dari suami supaya dapat ditabung demi keperluan yang akan datang.

Dari sinilah hasil tabungannya dikumpulkan ibu untuk memenuhi jika ada biaya yang tidak terduga tiba-tiba. Misalnya saja untuk membayar biaya pendidikan, rumah sakit, kecelakaan, renovasi rumah, dan lainnya. Itu artinya setiap ibu rumah tangga harus menabung. Di bawah ini adalah tips menabung yang bisa digunakan untuk ibu rumah tangga.

1. Dapur, urusan paling mendasar

Kita tentu sudah tahu betul kalau urusan yang paling mendasar dalam rumah tangga, termasuk dalam alokasi keuangan, adalah urusan dapur. Karena itu, sangatlah penting untuk mengelola urusan dapur sebijak dan se-efisien mungkin hingga ke hal-hal terkecil. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih menekan pengeluaran dan mengalokasikannya menjadi tabungan.

Mulailah dengan membuat perencanaan menu harian sehingga memudahkan Anda dalam mengatur apa saja yang harus dibeli dan bagaimana menyiasatinya supaya tidak banyak uang yang dikeluarkan. Simpan baik-baik bahan makanan agar tidak membusuk dan dapat lebih awet sehingga tidak ada yang terbuang. Anda bisa memasak dan menyiapkan bekal makan untuk suami dan anak agar mereka tidak perlu membeli makan di luar, yang berarti penghematan uang. Anda juga bisa melakukan penghematan lebih dengan memasak camilan untuk keluarga, terutama untuk anak, sehingga tidak banyak uang yang keluar untuk membeli jajanan.

2. Jangan Mengabaikan Uang Recehan!

Banyak ibu rumah tangga sering melupakan kehadiran uang recehan. Padahal koin recehan ini bisa digunakan untuk menabung. Mulai dari Rp100, hingga Rp1.000,00. Ternyata uang recehan tersebut jika dikumpulkan ke dalam celengan lama-lama menjadi banyak. Maka dari itu, setiap kali ada sisa uang belanja, masukkan ke celengan.

Selanjutnya, bila uang tersebut sudah terkumpul banyak, segera tukarkan koin itu dengan uang kertas agar memudahkan Anda dalam menghitungnya. Tips menabung lainnya adalah dengan mengelompokkan uang recehan berdasarkan nilai pecahannya menggunakan selotip. Misalnya saja 10 koin Rp100,00 direkatkan menjadi satu hingga terkumpull pecahan seribu rupiah.

3. Tabungan tidak cukup satu

Satu tabungan saja sulit, apalagi lebih? Mungkin hal semacam itu melintas dalam pikiran Anda ketika membaca tulisan diatas. Tapi percaya atau tidak, memiliki beberapa tabungan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk dapat menabung. Baik itu beberapa rekening bank atau bahkan celengan di rumah, Anda akan merasakan keuntungannya di masa depan. Jika Anda memiliki beberapa tabungan, Anda tidak akan terfokus hanya kepada satu tabungan dan akan langsung habis jika terpakai.

Misalnya saja ketika Anda membutuhkan dana mendesak, Anda akan mengambil salah satu tabungan namun masih memiliki beberapa tabungan lain. Karena itu mulai sekarang biasakanlah untuk memiliki beberapa tabungan dibanding hanya bergantung pada satu tabungan. Dan terus rajin untuk mengisi tabungan-tabungan itu, meski hal itu membutuhkan usaha keras dari Anda.

4. Manfaatkan Promo Diskon dengan Baik

Hemat itu salah tips menabung yang paling baik untuk ibu rumah tangga, khususnya ketika berbelanja kebutuhan rumah. Maka sebagai ibu rumah tangga harus pintar dalam mencari promo diskon dari berbagai supermarket dan toko online. Salah satu cara untuk berhemat adalah menjadi member di  salah satu toko supaya mendapat potongan harga.

Karena tentunya dengan menjadi member akan membuat Anda bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan penawaran menarik dari toko itu. Beberapa penawaran yang ditawarkan meliputi mendapat diskon untuk pembelian produk tertentu, hadiah pulsa, cashback, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Tentu saja hal seperti ini disukai oleh semua orang, termasuk ibu-ibu.

5. Rekap belanja

Selalu catat belanja Anda, baik itu rencana sebelum berbelanja maupun nota setelah berbelanja. Mencatat rencana belanja akan membantu Anda mengorganisir apa saja yang memang perlu dibeli, dan pastikan Anda memisahkan mana yang memang dibutuhkan dengan mana yang hanya diinginkan. Lalu usahakanlah untuk membeli sesuai dengan apa yang Anda rencakanan dalam catatan sebelumnya, sehingga dapat terhindar dari impulsive buying yang hanya menghabiskan uang Anda.

Sedangkan pencatatan sesudah belanja berguna untuk merekap apa saja yang telah Anda beli, apakah sudah sesuai dengan rencana yang dibuat atau masih ada hal-hal yang dibeli diluar rencana. Rekap catatan pembelian setelah belanja juga dapat membantu Anda mengevaluasi berapa jumlah yang habis di bulan tersebut, apakah lebih sedikit atau justru lebih banyak dari bulan lalu. Anda juga bisa memanfaatkan rekap nota pembelian untuk membandingkan harga di pembelian sekarang dengan yang sebelumnya, apakah lebih murah atau tidak. Atau mengetahui dimana tempat yang memberikan harga yang lebih murah dibanding yang lainnya.

6. Ikut Arisan

Tips menabung lainnya adalah dengan arisan di rumah. Karena dengan mengadakan arisan di rumah itu selain lebih seru dan nyaman, namun juga hemat dari segi pengeluaran biaya konsumsinya. Cara ini efektif membantu para ibu rumah tangga yang ingin menyisihkan uang belanja dari suami untuk ditabung.

Selain itu, dengan tips menabung ini, otomatis Anda dipaksa menyisihkan uang supaya membayar arisan setiap bulannya. Untuk kisaran biaya arisannya beraneka ragam, sebaiknya pilih yang sesuai kemampuan saja dan jangan memaksakan diri. Namun, biasanya semakin besar nominalnya maka yang diterima juga lebih banyak.

7. Strategi 31 amplop

Strategi ini sebenarnya sudah ada sejak lama dari jaman nenek moyang kita dulu, namun kita tahu bahwa the truth never grows old, kan? Caranya pun sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan amplop yang disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga. Jumlahnya tidak harus 31, tergantung dengan bagaimana kondisi rumah tangga Anda saja seperti misalnya SPP anak, biaya listrik, biaya telepon, dan semacamnya. Lalu masukkan uang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, atau uang pas, ke dalam masing-masing amplop tersebut.

Cara ini dapat membantu Anda mengeluarkan uang dengan efisien dan menghindari kemungkinan mengeluarkan uang lebih dari nominal yang dibutuhkan. Jika Anda membayar kebutuhan-kebutuhan tersebut seperti biasa, tidak menutup kemungkinan ada nominal-nominal yang keluar lebih meskipun kecil. Namun jangan salah, hal-hal kecil itu kalau dihitung totalnya akan membuat Anda kaget sendiri dan akhirnya menyesal mengapa harus dikeluarkan.

8.Sisihkan Uang Bulanan sejak Awal Bulan Belanja

Setelah suami memberikan uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan, maka tips menabung yang benar adalah segera sisihkan dana tersebut. Sisihkan sebagian uang bulanan tersebut untuk ditabung, namun ada baiknya bicarakan hal tersebut kepada suami. Sehingga tidak ada yang disembunyikan darinya supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Sebagai ibu rumah tangga atau manajer keuangan keluarga, idealnya tips menabung adalah harus menyisihkan uang bulanan sebesar 30% untuk ditabung. Bila Anda melakukannya dengan konsisten dan rutin, maka itu akan membuat keluarga merasa lebih aman saat membutuhkan dana darurat. Karena Anda sudah mengumpulkannya jauh-jauh hari untuk kepentingan mendadak.

Dengan memahami beberapa tips di atas akan memudahkan Anda mengontrol keuangan rumah tangga. Bagaimanapun juga menjadi ibu rumah tangga itu menuntut Anda untuk bisa apa saja dan harus bijaksana dalam mengelola keuangan. Karena Anda harus bisa mengurus suami dan anak, maka memahami tips menabung itu penting bagi ibu rumah tangga.

9. Merk bukan segalanya

Tidak akan ada orang yang menarik Anda untuk melihat apa merk dibalik bagian belakang baju saat Anda sedang berjalan-jalan. Itu adalah sebuah fakta yang sebenarnya telah diketahui bersama namun kerap dilupakan orang. Karena itu, Anda perlu selalu ingat bahwa tidak penting membeli barang dengan merk tertentu yang membandrol harga selangit kalau ada barang lain dengan fungsi, bahan, dan model yang tidak jauh berbeda.

Lagipula, tidak berarti barang yang mahalnya selangit selalu memiliki kualitas yang lebih baik dibanding barang lain, kan? Justru membeli barang dengan merk terkenal dan harga tinggi biasanya lebih untuk memenuhi gengsi dibanding fungsi. Dan ingatlah bahwa gengsi tidak dapat memberi keluarga Anda jaminan atau tabungan untuk masa depan.

Demikianlah beberapa tips untuk menabung yang bisa diterapkan oleh ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga. Tentu saja hal-hal tersebut membutuhkan usaha yang tidak mudah, namun tidak mudah bukan berarti tidak mungkin, bukan? Selama Anda terus ingat bahwa tabungan sangat penting untuk keluarga tercinta, Anda akan dapat menguatkan diri untuk terus menabung. Selamat mencoba!

 

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments