Tips Mengendalikan Emosi Akibat Beban Pekerjaan

  • Whatsapp
Tips Mengendalikan Emosi Akibat Beban Pekerjaan

Emosi ialah hal yang lumrah terjadi kesemua orang. Baik pada kehidupan persahabatan, keluarga, juga kehidupan bekerja. Tetapi, dalam bekerja, Anda harus bisa dengan pintar atur emosi dan pisahkan di antara kehidupan individu dan kehidupan professional.

Berasa emosi saat jalani dunia tugas pasti sebagai hal yang wajar dirasa oleh semuanya orang. Tetapi, di dunia kerja, ada banyak etika yang perlu jadi perhatian. Karena, Anda tetap harus professional saat menjalankan tugas, karena itu ada cara-cara khususnya dalam mengontrol emosi karena tugas.

1. Ambil Napas

Saat emosi Anda rasanya sudah tidak tertahan, coba ambil napas dalam-dalam, dan embuskan secara perlahan. Kerjakan ini seringkali, sampai Anda berasa semakin tenang. Melegakan napas adalah langkah untuk melepaskan elemen positif yang ada pada diri Anda.

2. Coba Ketahui Sumber Emosi

Bila sudah mengetahui apa pemicunya, Anda bisa siap-siap bila peristiwa sama terulang kembali pada masa datang. Coba ketahui pemicunya, apa itu dari perbincangan orang, atau ketersinggungan pada sikap. Bila Anda telah mengenal jadi lebih gampang menetralkan.

3. Usaha Tenangkan Diri Lalu Bicara

Bila emosi musuh berbicara Anda sedang tinggi, karena itu Anda lebih bagus dengarkan argument-nya terlebih dahulu, saat sebelum menyangkal dengan argumenmu. Katakan argument Anda dalam bahasa yang bagus dan santun. Karena Anda harus tetap junjung profesionalitas tugas.

4. Coba Menjernihkan Pikiranmu

Karena keputusan apa saja yang diambil saat emosi, kemungkinan akan disesalkan kelak. Tenangkan dahulu emosi Anda baru mengambil keputusan.

5. Katakan Maaf Lebih Dahulu

Langkah ini untuk menghindar perselisihan yang berkelanjutan. Dengan ucapkan maaf, perlu dimengerti tidak berarti Anda kalah. Hal ini memiliki arti jika kita berlaku cukup dewasa dan professional dalam hadapi permasalahan.

6. Menceritakan Pada HR

Dibanding Anda merendam emosi sendirian, sebaiknya bercerita apa yang terjadi kepadamu ke team HR. Dengan langkah ini, Anda bisa melepas emosi sekalian menahan permasalahan supaya tidak sampai meluber ke mana saja.

Masih tetap menjaga sikap profesionalitas dalam bekerja, tidak boleh gampang kepancing emosi. Apa lagi cuma karena permasalahan kecil yang sebenarnya gampang dilalaikan.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments