Tips Sukses Berbisnis Tanpa Hutang Yang Wajib Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Tips Sukses Berbisnis Tanpa Hutang Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu kendala memulai bisnis adalah ‘keterpaksaan’ berutang agar usaha bisa jalan. Di sini punya kiat bagaimana bisa memulai bisnis tanpa utang. Sehingga membuat anda nyaman dalam menjalani bisnis tanpa harus memiirkan hal lain di luar bisnis setiap bulannya

Apakah bisnis bebas utang itu bisa untuk semua jenis usaha? Atau mungkinkah bebas utang itu benar-benar ada atau cuma gimmick belaka? Tentu saja bisnis bebas hutang bisa di lakukan dan di sini ami punya beberapa tips di antaranya:

Read More

1. Rutin Menabung dan Menyiapkan Dana Darurat

Sebagai seorang pengusaha cerdas, sudah sewajarnya kamu selalu waspada untuk situasi apapun. Apalagi disaat situasi global sedang mengalami krisis kayak sekarang, kamu harus punya backup plan untuk mempertahankan usahamu.

Makanya daripada berhutang, lebih baik kamu mulai menabung dari sejak situasi normal supaya punya cadangan uang yang bisa dipakai sebagai dana darurat nantinya.

2. Membuat Anggaran Bisnis Setiap Bulannya

Dengan adanya sistem budgeting, kamu bisa tahu segala aktivitas keuangan yang kamu lakukan setiap bulan.Mulai dari pemasukkan, pengeluaran, bahkan sampai pembiayaan seperti investasi, tabungan, dan hutang. Dengan begitu, arus kas usaha akan lebih terkontrol dan gak akan sembarangan dibelanjakan.

3. Mencari Partner Bisnis yang Bisa Diandalkan

Meskipun kamu ingin menjalani bisnis bebas hutang, bukan berarti semua urusan harus diurus oleh dirimu sendiri, kok. Untuk mengurangi beban, kamu bisa mencari partner bisnis yang sesuai dengan passion-mu dan punya kinerja yang bagus. Dengan begitu, kalian bisa menjalin kerjasama yang baik dan bisa saling menguntungkan satu sama lain.

4. Selalu Mengevaluasi Progres Keuangan Setiap Harinya

Gak cukup di akhir bulan aja, tapi kamu juga harus rutin memonitor progres keuanganmu setiap hari. Karena setiap detiknya kondisi keuanganmu bisa berubah-ubah tergantung dari pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Makanya, jangan sampai lengah supaya keuanganmu tetap terkontrol dengan baik!

5. Selalu Positive Thinking dan Tetap Optimis

Mungkin dengan modal awal yang sedikit, kamu akan merasa kesulitan saat berusaha mengembangkan bisnismu. Tapi, kalau kamu selalu bekerja keras, semua pengorbananmu pasti akan terbayarkan nanti, kok. Percaya, deh! Stay positive thinking ya!

Hal yang harus diwaspadai dalam memulai bisnis adalah:

  1. Jangan memulai bisnis yang membutuhkan modal besar di awal. Ada 3 jenis bisnis; berbasis komoditas, berbasis tren, dan berbasis kebutuhan spesifik. Yang paling menghabiskan biaya dan membutuhkan tempat untuk sewa adalah berbisnis komoditas. Misalnya Anda ingin berbisnis aplikasi internet, lakukan dengan fokus pada jenis bisnis ketiga. Untuk menjawab kebutuhan spesifik dari masyarakat.
  2. Tidak perlu menyewa tempat usaha di awal. Banyak orang menyertakan biaya sewa ruko/kantor/tempat, dalam porsi biaya yang besar, dalam proposal bisnis mereka. Namun ini sebenarnya bisa dihilangkan sama sekali. Lakukan bisnis yang bisa menggunakan tempat yang ada. Misalnya dengan mengemas suatu kebutuhan spesifik bermutu tinggi, namun dengan modal murah. Misalnya obat jerawat berkualitas tinggi, yang Anda kemas dalam tube-tube kecil yang Anda beli dengan harga murah namun terlihat mahal.
  3. Tidak perlu menghabiskan biaya pemasaran yang mahal. Untuk pemasaran Anda bisa mulai dari kawan-kawan yang dapat memberikan testimoni. Minta mereka membuat foto before dan after. Setelah memiliki sejumlah testimony, Anda bisa mulai menjual produk di sosial media atau di website. Sekali lagi, gunakan cara pemasaran yang tanpa biaya. Pelajari berbagai tips sukses pemasar internet dari sumber di facebook dan youtube, yang memberikan saran-saran gratis, dari para pemasar internet dalam dan luar negeri.
  4. Jangan memberikan janji-janji yang bombastis. Bila anda menggunakan kata-kata yang fenomenal, hal ini bisa menjadi boomerang. Hati-hati dalam melakukan pemasaran. Berikan janji yang masuk akal dan memang benar-benar didapatkan. Misalnya Anda menjual pemutih kulit, jangan kemas dengan tulisan; pemutih. Tapi bisa disebut sebagai krim pencerah wajah atau krim penyegar kulit. Dengan begini, bila ada pengguna yang tidak mendapatkan hasil yang maksimal karena suatu dan lain hal, produk Anda tidak akan melanggar kode etik apapun.
  5. Jangan memulai bisnis dari spekulasi. Hitung semua dari awal. Jangan gunakan perhitungan yang tidak realistis. Hitung hingga ke rupiah terkecil. Dengan cara ini, Anda akan meminimalisir kegagalan keuangan yang mungkin terjadi. Bila pun terjadi kegagalan, Anda bisa memberikan paparan keuangan yang dapat dimengerti oleh orang lain.
  6. Jangan memulai bisnis dari gengsi. Banyak pemilik usaha menggunakan modal bank untuk membeli mobil. Padahal, ini bisa jadi tidak dibutuhkan. Untuk transportasi kini dapat digunakan kurir online, sehingga tidak perlu keluar angka ratusan juta untuk membeli alat transportasi di dalam proposal bisnis Anda.
  7. Berhati-hati soal Angka yang Anda Tulis di Proposal Bisnis. Proposal bisnis yang bombastis biasanya akan mengundang banyak investor, namun pastikan ini tidak menjadi racun yang akan menghancurkan bisnis Anda. Banyak pebisnis pemula yang membesarkan gengsi dengan memamerkan liburan ke luar negeri dan kepemilikan barang mewah seperti rumah, kendaraan, elektronik, gadget dan aksesoris bermerk, untuk menggambarkan kesuksesan palsu. Padahal yang itu sama saja dengan menjerumuskan diri sendiri.

Nah itulah tadi tips bagaimana caranya agar bisnis anda terbebas dari hutang, tentu saja dalam berbisnis sisi keuangan adalah hal paling krusial, apabila manejemen keuangan kacau maka dapat di pastikan bisni atau usaha tersebut juga akan kacau.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments