Tips Sukses Bisnis Fashion Bagi Pemula Yang Wajib Di Ketahui

  • Whatsapp
Tips Sukses Bisnis Fashion Bagi Pemula Yang Wajib Di Ketahui

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai bisnis, baik untuk pemula maupun yang berpengalaman. Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis di bidang makanan maupun fashion.

Jika bisnis makanan sudah banyak dilakukan orang dan memiliki jumlah pesaing yang besar, maka Anda perlu mencoba memulai bisnis pakaian atau fashion.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis tersebut agar berjalan lancar? Simak tips sukses berbisnis fashion di bawah ini.

1. Memulai dari yang kecil

Usaha fashion memiliki peluang besar, sekalipun bagi para pemula. Untuk memulai Anda harus menentukan jenis fashion apa yang akan dijual. Ikuti intuisi dan jual barang yang menurut Anda laku keras.

Anda juga dapat mencari referensi dari internet. Lihat barang apa saja yang laris di pasaran. Cara ini bisa dilakukan melalui sosial media atau google. Buka toko online dan cari barang apa yang paling laris.

Dengan menentukan barang yang sesuai dan paling banyak dicari, maka perputaran modal akan cepat, sehingga walaupun mempunyai modal kecil tapi peluang untuk mendapatkan keuntungan besar akan mudah tercapai.

2. Ikuti Tren

Menjalankan bisnis fashion sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena banyak pelanggan akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat itu. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis fashion Anda perlu memperhatikan tren yang sedang berkembang.

Jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika belum memiliki banyak pelanggan. Ikutilah tren mode yang sedang banyak dicari konsumen dan pergunakan tren sebagai indikator produk yang harus cermati.

3. Mempelajari jenis bahan

Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia fashion pakaian, tentunya Anda perlu mengetahui jenis bahan, agar pembeli mendapatkan informasi yang akurat. Pemula bisa meluangkan waktunya untuk mempelajari jenis bahan dan perbedaannya dari barang yang akan dijual.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk membeli barang melalui online, tentu dituntut selektif dan teliti. Cermati deskripsi produk, agar tidak kecewa dengan hasilnya.

Kesalahan dalam memberikan informasi mengenai bahan akan berdampak pada ketidakpuasan dan kekecewaan konsumen. Hal ini dapat merugikan penjual maupun pembeli.

4. Berikan Diskon

Semua orang pasti menyukai diskon, apalagi wanita dalam mencari kebutuhan fashion. Oleh karena itu, cobalah sesekali memberikan diskon pada pelanggan agar mereka lebih sering membeli produk Anda dan menjadikan mereka lebih loyal.

Berikan diskon di hari-hari tertentu, misalnya saat hari belanja nasional, hari konsumen, potongan harga saat ulang tahun, dan sebagainya.

5. Menentukan supplier yang tepat

Mencari supplier terbilang gampang-gampang susah. Anda dituntut untuk memiliki keuletan, ketekunan dan kehati-hatian. Pilihlah supplier yang mudah dihubungi dan mau menjelaskan secara detail mengenai barang yang akan Anda beli.

Tentukan supplier yang mau diajak kerja sama dan gampang dihubungi. Dengan kerja sama dan komunikasi yang baik, tentu akan mendatangkan keuntungan dan bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Bisnis Fashion di Indonesia Yang Paling Laris

Dalam kesempatan kali ini, terdapat beberapa macam referensi fashion yang dapat sobat ambil dan gunakan untuk membuka usaha sendiri, yaitu:

  1. Bisnis fashion muslim

Segmen yang paling marak di bisnis ini adalah hijab. Wah, peluang ini sangat menjanjikan, terlebih didukung dari maraknya hijab fashion yang semakin menjamur. Jangan takut keluar dari zona nyaman, terus berkarya dengan style yang menawan, maka akan sobat dapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Hijab fashion juga peru didukung dengan berbagai warna, corak, hingga, motif hijab yang trend saat ini. Bukan hal yang mustahil bila ide kreatifmu semakin terdepan serta beragam maka akan semakin cepat usahamu diminati para pecinta hijab fashion.

Perlu pula sobat pikirkan untuk lebih memperlebar peluang dengan menambahkan pernak-pernik maupun aksesoris. Ini nantinya dapat mendukung kesempurnaan hijab fashion yang menakjubkan.

  1. Fashion Sport

Jenis fashion yang paling banyak diminati di bidang ini adalah jersey, jaket, dan pakaian olahraga. Kita akan fokus mengambil contoh baju bola

Peluang usaha fashion yang satu ini luar bisa juga. Sobat dapat terus mengikuti trend yang sedang berkembang saat ini. Seperti menjual baju bola untuk pendukung  tim kesayangan hingga atribut pendukungnya.

Bagi pendukung tim kesayangan yang memiliki loyalitas tinggi, hal ini seakan mutlak untuk dimiliki. Penggemar bola yang memiliki uang umumnya bersedia konsumtif, sobat dapat menjadi pebisnis yang hadir untuk menyuapinya dengan berbagai hal yang berhubungan dengan bola.

  1. Kaos distro

Untuk bisnis fashion satu ini juga tak kalah menggiurkan. Betapa tidak, bisnis kaos distro sepertinya belum pernah terdengar merosot atau meredup citranya, setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Bisnis kaos distro banyak menjamur dimana-mana. Ketika terus mengikuti trend terbaru, maka tak ayal sobat dapat meraup konsumen yang tak pernah habis.

Peminat kaos distro sangat banyak, terutama anak muda. Mereka selalu ingin tampil berbeda dan up to date. Inilah penyebab kenapa bisnis ini selalu hidup

  1. Pakaian bayi dan anak

Mungil, lucu, dan menarik. Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya mengenakan pakaian yang lucu dan menggemaskan? Nah, yang satu ini unik juga, bisnis pakaian anak yang juga tidak ada matinya.

Terlebih dengan memanfaatkan teknologi serta canggihnya era global saat ini. Sobat juga bisa sambil bisnis online. Kelahiran bayi yang ditunggu-tunggu kedua orang tuanya akan memberikan pundi-pundi rupiah pula bagi sobat yang sigap dan cerdas.

Pakaian, bedong, gurita, hingga perlengkapan bayi tidak murah, ‘kecil-kecil cabe rawit’ katanya. Meskipun kecil, harganya pun beragam. Bukan hanya itu, sobat dapat menambah peluang bisnis untuk memberikan pelayanan membungkus kado. Banyak sekali yang ingin menjenguk bayi yang baru lahir sambil membawakan pakaian atau perlengkapan bayi yang aduhai lucu-lucunya.

  1. Casual fashion

Peluang bisnis yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, sobat akan semakin dapat berkarya secara bebas.

Bagaimana apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis fashion sekarang? Selamat berbisnis sobat!

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments