Tips Terhindar Dari Penipuan Investasi Dengan Skema Ponzi Di Dunia Kripto

  • Whatsapp
Tips Terhindar Dari Penipuan Investasi Dengan Skema Ponzi Di Dunia Kripto

Ketua Umum Federasi Pedagang Asset Kripto Indonesia (Aspakrindo) dan COO Tokocrypto, Tegar Kurniawan Harmanda, setuju dengan anjuran Kewenangan Jasa Keuangan supaya warga waspada sangkaan penipuan pola ponzi investasi asset kripto.

“Kami setuju dengan OJK untuk waspada sangkaan penipuan pola ponzi atau money games investasi asset kripto. Dari segi transaksi bisnis sudah ditata sah oleh Bappebti, dimulai dari pembelian asset kripto sampai tipe token/coin yang dibolehkan,” kata pria yang dekat dipanggil Manda dalam info tercatat, Jumat, 28 Januari 2022.Manda meneruskan, selama ini beberapa kasus yang terjadi tidak menurunkan ketertarikan warga untuk melakukan investasi asset kripto.

Read More

Tetapi, faksinya tidak tutup mata dan akan melakukan tindakan sesuai ‘porsi’ untuk menahan hal tersebut terulang lagi.Investasi asset kripto ilegal atau bodong umumnya bekerja dengan beragam modus, diantaranya janjikan penghasilan rutin dan janjikan bonus dari memperoleh anggota baru (pola ponzi).

Ada juga modus seperti bujukan bisa hadiah/airdrop, modus terima pengendalian dana dengan imbal hasil besar dalam sekejap. Selanjutnya, scam fake akun sebagai eksekutif exchange dan mengumpulkan dana.”Aktor manfaatkan ketidaktahuan warga untuk menipu dengan bujukan pemberian imbal hasil yang tinggi sekali dan tidak lumrah, tetapi lebih dulu warga disuruh tempatkan/menyerahkan dananya,” bebernya.

Manda menjelaskan perdagangan atau investasi asset kripto di Indonesia dibolehkan dan dipantau oleh Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan semenjak 2019. Dalam perdagangan asset kripto, Bappebti keluarkan ketentuan Nomor enam tahun 2019 mengenai Implementasi Program Anti Pencucian Uang Dan Penangkalan.

Dalam ketentuan itu ada peraturan AML (Anti Money Laundering) yang mengharuskan pedagang asset kripto lakukan proses KYC (Know your Customer), yang maknanya saat ingin membuat account diwajibkan mengupload KTP sebagai identitas.

Dia menyebutkan usaha mendidik ke warga mengenai kehati-hatian dalam melakukan investasi asset kripto terus dilaksanakan. Selain itu, federasi dan pedagang asset kripto menyongsong baik dialog dengan semua stakeholder berkaitan dan terus berperan untuk membuat pengetahuan yang lebih dalam mengenai faedah industri asset kripto dan ekosistem blockchain yang sehat.

Dasar Terbebas dari Tipu-tipu di Dunia Kripto

Untuk menghindar dari tipu-tipu investasi di dunia kripto dan token atau coin gadungan, Manda menyebutkan beberapa berdasar.

1. Saat sebelum investasi di proyek kripto, Anda harus saksikan kontrak analitisnya, apa ia verified atau tidak. Verified di sini apa kripto itu telah diaudit oleh faksi ke-3

2. Holder Analysis, kita dapat saksikan, misalkan holder-nya itu dari developer saja bahkan 100 %, itu bisa terjadi seperti coin Squid Games.

3. Liquidity Analysis, kalau misalnya liquidity-nya tidak di-lock, kemungkinan liquidity dapat diambil oleh developer atau pemilik hingga token itu menjadi tidak ada harga.

4. Selidik web, kanal sosial media dari developer atau token/coin kripto itu.

5. Check daftar CoinMarketcap, Coingecko, dan gate.io menjadi tanda legalitas project yang pantas. Mereka mempunyai syarat daftar yang lebih ketat. Makin banyak listing-an, makin banyak legalitas yang dipunyai sebuah project.

6. Selidik identitas developer kripto. Dalam cryptocurrency, doxing pengembang kripto ialah hal yang bagus. Ini memiliki arti jika dia menunjukkan identitas asli dan muka mereka, dan menjadi pertanda keyakinan. Tetapi berhati-hati, mereka dapat memakai identitas palsu

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments